Kurikulum Kepemimpinan/SWOT

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pengertian[sunting]

SWOT singkatan dari strength, weakness, opportunity, dan threat atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman.

  • Kekuatan merupakan hal yang positif yang sifatnya dari dalam/internal
  • Kelemahan merupakan hal yang negatif yang sifatnya dari dalam/internal
  • Kesempatan merupakan hal positif yang sifatnya dari luar/eksternal
  • Ancaman merupakan hal negatif yang sifatnya dari luar/eksternal

Dalam merencanakan sesuatu misal rencana pribadi atau rencana organisasi, sering digunakan analisis SWOT untuk mempertimbangkan segala potensi yang timbul dan melihat segala kemungkinan yang ada. Dengan demikian, perencanaan akan menjadi efektif dan terukur.

Latihan[sunting]

  1. Bersama teman-teman Anda bentuklah suatu kelompok, kemudian bicarakan tentang perencanaan suatu acara, misalnya acara kesenian dalam skala kota. Gunakan analisis SWOT untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta kesempatan dan ancaman dari luar yang ada. Tuliskan analisis SWOT dalam diagram, dan presentasikan di hadapan kelompok lain.
  2. Gunakan analisis SWOT untuk merencanakan hidup Anda dalam 5 - 10 tahun yang akan datang. Apa kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki, dan apa kesempatan dan ancaman terhadap cita-cita Anda tersebut. Tuliskan analisis SWOT Anda dan presentasikan di hadapan kelas.