Mitologi Perbandingan/Kuda Putih

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pegasus, kuda putih bersayap dalam mitologi Yunani

Kuda putih (yang lebih jarang dibandingkan kuda dengan warna lain) memiliki signifikansi khusus dalam mitologi, agama, dan kebudayaan di seluruh penjuru dunia. Kuda putih sering dikaitkan dengan kereta perang matahari, pahlawan prajurit, kesuburan, juru selamat kiamat, serta beberapa interpretasi lainnya. Baik kuda yang memang berwarna putih maupun kuda abu-abu yang lebih umum, dengan rambut berwarna putih, dianggap sebagai "kuda putih" oleh beragam tradisi agama dan kebudayaan.


Sleipnir, kuda putih berkaki delapan dalam mitologi Nordik

Sejak dulu, kuda putih telah dimitoskan memiliki sifat-sifat luar biasa, lebih dari dunia normal dengan memiliki sayap atau tanduk. Sebagai bagian dari dimensi legendanya, kuda putih dalam mitos ada yang digambarkan dengan jumlah kepala atau kaki lebih banyak daripada kuda normal, terkadang disebutkan dalam kelompok atau hanya sendirian. Ada pula kuda putih yang dapat memberikan pertanda mengenai masa depan.

Kalki, awatara kesepuluh dewa Wishnu, menunggangi kuda putih

Sebagai simbol yang langka dan mulia, kuda putih biasanya membawa peran seremonial tokoh pahlawan atau dewa dalam kemeenangan atas kekuatan jahat.

Dalam beberapa tradisi lainnya, kuda putih ditunggangi oleh juru selamat dunia pada hari kiamat, atau dikaitkan dengan matahari atau kereta perang matahari, atau terlahir dengan cara yang menakjubkan.

Kuda putih dalam eskatologi Kristen

Di bawah ini adalah beberapa mitologi, agama, dan kebudayaan yang memiliki kisah mengenai kuda putih: