Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Keenam

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Herakles membunyikan loncengnya untuk menakut-nakuti kawanan Burung Stimfalia, sambil dia memanah mereka, sementara dewi Athena berdiri di belakangnya.

Pada tugas keenam, Herakles diharuskan mengalahkan Burung-Burung Stimfalia yang mengganggu daerah pedesaan di sekitar danau Stymphalia, di Arkadia timur laut. Burung-burung itu sangat banyak sampai-sampai Herakles kewalahan menghadapinya. Herakles kemudian sadar bahwa dia tidak punya cukup panah dan lembing untuk membunuh semua burungnya.

Tiba-tiba dewi Athena muncul untuk menolong Herakles. Athena memberinya lonceng perunggu dan memberitahunya bahwa lonceng itu dapat membuat Burung-Burung Stimfalia ketakutan. Herakles lalu membunyikan loncen itu sehingga burung-burung itu ketakut dan terbang pergi. Herakles memanah banyak dari mereka dan sisanya terbang menjauh.

Burung-burung itu kemungkinan adalah burung yang sama yang menempati pulau tandus keramat miliki dewa Ares. Para Argonaut juga kemungkinan diserang oleh burung-burung yang sama. Ketika Oileus terluka oleh salah satu bulunya. Mereka kemudian ingat bahwa Herakles pernah mengalahkan kawanan burung itu. Mereka pun membuat bunyi yang nyaring dan burung-burung itu terbang menjauh.