Panduan LaTeX/Pengenalan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Apa itu TeX?[sunting]

TeX adalah markup tingkat rendah dan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Donald Knuth untuk mengeset dokumen menarik dan konsisten. X, yang mewakili huruf Yunani "chi", diucapkan seperti akhir dari Skotlandia danau atau nama Bach. Namanya berasal dari kata Yunani "τεχνολογία" ( technologìa), yang diterjemahkan sebagai "teknologi" dalam bahasa Indonesia; suku kata pertama adalah "τεχ", mirip dengan TeX dalam abjad Latin. Menurut pendekatan yang berbeda nama berasal dari kata Yunani "τέχνη" ( teknis), yang diterjemahkan sebagai seni dalam bahasa Indonesia. Dalam kasus kedua suku kata pertama adalah "τεχ" lagi.

Knuth mulai menulis mesin typesetting TeX pada tahun 1977 untuk menggali potensi dari peralatan digital printing yang mulai menyusup industri penerbitan pada waktu itu, terutama dengan harapan bahwa ia bisa mengubah kecenderungan kualitas ketik memburuk bahwa ia melihat mempengaruhi sendiri buku dan artikel.

TeX adalah bahasa pemrograman, dalam arti bahwa ia mendukung jika-lain membangun, Anda dapat membuat perhitungan dengan itu (yang dilakukan saat kompilasi dokumen), dll, tetapi Anda akan merasa sangat sulit untuk melakukan hal lain tetapi typesetting dengan itu. Kontrol halus TeX menawarkan membuatnya sangat kuat, tetapi juga sulit dan memakan waktu untuk digunakan. TeX terkenal untuk menjadi sangat stabil, untuk berjalan pada berbagai jenis komputer, dan karena hampir bebas bug.

Sekuat TeX mungkin, penggunaan yang efektif memerlukan tingkat cukup tinggi pembelajaran, dan investasi waktu untuk membangun macro kustom untuk pemformatan teks. Bagi mereka mencari solusi yang lebih mudah, sistem persiapan dokumen berdasarkan TeX, yang terdiri dari koleksi pre-built macro, ada. LaTeX adalah salah satu yang lebih populer ini. Hal ini dihargai karena menghemat waktu, mengotomatisasi tugas-tugas tertentu dan mengurangi kesalahan pengguna diperkenalkan. Inilah yang membuatnya begitu populer. Namun, ini datang pada biaya pengorbanan fleksibilitas. TeX tetap menjadi bahasa pilihan bagi mereka yang ingin bahasa format yang berdedikasi dan fungsi hampir tak terbatas.

Apa itu LaTeX?[sunting]

LaTeX (diucapkan baik "Lah-tech" atau "Lay-tech") adalah paket makro berdasarkan TeX diciptakan oleh Leslie Lamport. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan typesetting TeX, terutama untuk dokumen yang berisi rumus-rumus matematika.

Kemudian penulis yang telah berkontribusi ekstensi, disebut paket atau gaya, untuk LaTeX. Beberapa yang digabungkan dengan sebagian TeX / LaTeX distribusi perangkat lunak; lebih lanjut dapat ditemukan di Arsip TeX Komprehensif Jaringan (CTAN).

Sejak LaTeX terdiri dari sekelompok TeX perintah, pengolahan dokumen LaTeX pada dasarnya pemrograman. Anda membuat file teks dalam LaTeX markup, yang berbunyi LaTeX untuk menghasilkan dokumen final.

Pendekatan ini memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan WYSIWYG (Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan) program seperti Openoffice.org Penulis atau Microsoft Word.

Dalam LaTeX:

  • Anda tidak (biasanya) melihat versi terakhir dari dokumen ketika menyuntingnya.
  • Biasanya Anda perlu tahu perintah yang diperlukan untuk LaTeX markup.
  • Kadang-kadang bisa sulit untuk mendapatkan tampilan tertentu untuk dokumen.

Di sisi lain, ada keuntungan tertentu untuk pendekatan LaTeX:

  • Dokumen sumber dapat dibaca dengan editor teks apapun dan dipahami, tidak seperti biner kompleks dan XML format yang digunakan dengan program WYSIWYG.
  • Anda dapat berkonsentrasi murni pada struktur dan isi dokumen, tidak terjebak dengan masalah tata letak dangkal.
  • Anda tidak perlu secara manual menyesuaikan font, ukuran teks, ketinggian garis, atau aliran teks untuk dibaca, seperti LaTeX mengurus secara otomatis.
  • Dalam struktur dokumen LaTeX dapat dilihat oleh pengguna, dan dapat dengan mudah disalin ke dokumen lain. Dalam aplikasi WYSIWYG seringkali tidak jelas bagaimana format tertentu diproduksi, dan mungkin akan mustahil untuk menyalin secara langsung untuk digunakan dalam dokumen lain.
  • Tata letak, font, tabel dan sebagainya konsisten di seluruh dokumen.
  • Rumus matematika dapat dengan mudah mengeset.
  • Indeks, catatan kaki, kutipan dan referensi yang dihasilkan dengan mudah.
  • Karena sumber dokumen teks biasa, tabel, gambar, persamaan, dll dapat dihasilkan pemrograman dengan bahasa apapun.
  • Anda dipaksa untuk struktur dokumen Anda dengan benar.

Pendekatan LaTeX-seperti bisa disebut WYSIWYM, yaitu Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda maksud: Anda tidak dapat melihat apa versi final akan terlihat seperti saat mengetik. Sebaliknya Anda melihat struktur logis dari dokumen. LaTeX menangani format untuk Anda.

Dokumen LaTeX adalah file teks biasa yang berisi isi dari dokumen, dengan markup tambahan. Ketika file sumber diproses oleh paket makro, dapat menghasilkan dokumen dalam beberapa format. LaTeX mendukung secara native DVI dan PDF, tetapi dengan menggunakan perangkat lunak lain Anda dapat dengan mudah membuat PostScript, PNG, JPEG, dll

Filsafat penggunaan[sunting]

Fleksibilitas dan modularitas[sunting]

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi pemula dan bahkan pengguna tingkat lanjut mungkin menemukan menggunakan LaTeX adalah kurangnya fleksibilitas mengenai dokumen desain dan tata letak. Jika Anda ingin merancang dokumen Anda dengan cara yang sangat spesifik, Anda mungkin mengalami kesulitan mencapai hal ini. Perlu diketahui bahwa LaTeX tidak format untuk Anda, dan kebanyakan cara yang benar. Jika tidak apa yang Anda diinginkan, maka cara LaTeX adalah setidaknya tidak lebih buruk, jika tidak lebih baik. Salah satu cara untuk melihatnya adalah bahwa LaTeX adalah bundel dari macro untuk TeX yang bertujuan untuk melaksanakan segala sesuatu tentang format dokumen, sehingga penulis hanya perlu peduli tentang konten. Jika Anda benar-benar menginginkan fleksibilitas, menggunakan TeX biasa sebagai gantinya.

Salah satu solusi untuk dilema ini adalah untuk memanfaatkan kemungkinan modular LaTeX. Anda dapat membangun macro Anda sendiri, atau menggunakan macro dikembangkan oleh orang lain. Anda mungkin bukan orang pertama yang menghadapi beberapa masalah format tertentu, dan seseorang yang mengalami masalah serupa sebelumnya mungkin telah diterbitkan solusi mereka sebagai sebuah paket.

CTAN adalah tempat yang baik untuk menemukan banyak sumber daya tentang TeX dan paket derivatif. Ini adalah tempat pertama di mana Anda harus mulai mencari.

Pertanyaan dan dokumentasi[sunting]

Selain sumber daya internet yang berlimpah, sumber dokumentasi terbaik tetap manual resmi untuk setiap paket tertentu, dan dokumentasi referensi, yaitu TeXbook oleh D. Knuth dan LaTeX: A document preparation system oleh L. Lamport.

Lain hal tentang TeX[sunting]

Saat mencari informasi tentang LaTeX, Anda mungkin juga tersandung pada XeTeX, ConTeXt, LuaTeX atau nama lainnya dengan akhiran-TeX. XeTeX adalah mesin TeX yang menggunakan Unicode dan mendukung font populer .Ttf dan .Otf . LuaTeX adalah mesin dengan mesin scripting Lua tertanam bertujuan membuat TeX internal lebih fleksibel.

ConTeXt adalah TeX berbasis dokumen persiapan sistem (seperti LaTeX adalah) dengan sintaks yang sangat konsisten dan mudah dan dukungan untuk mesin pdftex, XeTeX dan LuaTeX. Namun ia tidak memiliki tujuan yang sama seperti LaTeX.

Oleh karena itu kode yang ditulis untuk TeX, LaTeX atau ConTeXt adalah (kebanyakan) tidak kompatibel. Sementara itu, kode khusus (seperti font untuk XeTeX) tidak dapat dikompilasi oleh setiap mesin.

Persyaratan[sunting]

Minimal, Anda akan memerlukan distribusi TeX, editor teks yang baik dan penampil DVI atau PDF. Tapi, jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba LaTeX, Anda bahkan tidak perlu menginstal apapun. Cukup membuat account pengguna di:

dan lanjutkan tutorial ini dalam bab berikutnya. ScribTeX adalah editor online berbasis web untuk dokumen LaTeX dengan kemampuan kolaborasi yang memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan sintaks LaTeX tanpa harus repot-repot dengan menginstal dan mengkonfigurasi distribusi dan editor. Bila Anda kemudian merasa bahwa Anda akan mendapat manfaat dari memiliki instalasi LaTeX mandiri, Anda dapat kembali ke bab ini dan ikuti petunjuk di bawah ini.

Instalasi distribusi[sunting]

Jika Anda ingin menggunakan LaTeX secara lokal pada komputer Anda, biasanya Anda perlu menginstal distribusi TeX. Distribusi TeX dikemas dalam koleksi paket dan program yang memungkinkan Anda untuk mengeset tanpa harus secara manual mendownload file dan mengkonfigurasi hal. Distribusi direkomendasikan untuk setiap sistem operasi utama adalah:

  • TeX Live adalah distribusi TeX utama untuk Unix / Linux, Mac OS dan Windows.
  • MikTex adalah distribusi Windows-spesifik.
  • MacTeX adalah Mac OS-spesifik distribusi berdasarkan TeX Live.

Windows[sunting]

TeX Live dan MikTeX memiliki installer yang mudah yang mengurus pengaturan lingkungan dan men-download paket.

  • TeX Live dapat didownload sini.
  • MikTex dapat didownload sini.

Linux[sunting]

  • Ubuntu memiliki versi 2009 dari TeX Live di repositori, jadi anda dapat menggunakan: sudo apt-get install TeXLive . Berikut adalah script untuk mengotomatisasi instalasi TeX Live 2010 pada Ubuntu .
  • Fedora hanya memiliki 2007 versi TeX Live, tapi untungnya ada repositori di sini yang dapat Anda gunakan untuk langsung menginstal versi terbaru: yum install TeXLive (ditambah yum install TeXLive-lateks dan salah satu TeXLive-skema- paket).
  • Gentoo menyediakan sebuah ebuild untuk menginstal TeXLive menggunakan perintah emerge TeXLive . [1] Ini adalah meta-ebuild yang menarik dalam paket lainnya tergantung pada flag USE-nya.

Jika distribusi Anda tidak memiliki paket TeX Live, Anda harus melaporkan keinginan di sistem pelacakan bug. Dalam kasus terburuk Anda harus Download TeX Live diri sendiri dan menjalankan installer sendiri. Hal ini tidak sulit, tetapi membutuhkan bahwa Anda tahu bagaimana menggunakan konsol dan membuat beberapa pilihan selama instalasi.

Mac OS[sunting]

  • Download MacTeX.mpkg.zip pada halaman MacTeX, unzip dan ikuti petunjuk.

Mendapatkan editor teks[sunting]

Anda juga perlu editor teks untuk menulis kode LaTeX. Anda harus menggunakan editor teks (misalnya Notepad), bukan pengolah kata (Word, OpenOffice). Dedicated LaTeX editor lebih berguna daripada editor teks biasa, karena mereka biasanya memiliki autocompletion pengecekan perintah, ejaan dan kesalahan dan macro berguna.

TeXworks[sunting]

TeXworks adalah editor TeX khusus yang termasuk dalam MikTex dan TeX Live. Ini dikembangkan dengan gagasan bahwa antarmuka yang sederhana adalah lebih baik daripada yang berantakan, dan dengan demikian untuk memudahkan orang dalam hari-hari awal mereka dengan LaTeX untuk mendapatkan apa yang mereka ingin lakukan: menulis dokumen mereka. TeXworks awalnya muncul justru karena seorang profesor matematika ingin murid-muridnya untuk memiliki pengalaman awal yang lebih baik dengan LaTeX.

Anda dapat menginstal TeXworks dengan manajer paket dari distribusi Linux anda atau memilih sebagai pilihan install di installer Windows atau Mac.

LyX[sunting]

LyX adalah editor LaTeX populer untuk Windows, Linux dan Mac OS. Ini berisi editor rumus dan tabel dan menunjukkan petunjuk visual dari dokumen akhir pada layar yang memungkinkan pengguna untuk menulis dokumen LaTeX tanpa khawatir tentang sintaks yang sebenarnya.

Kile[sunting]

Kile adalah editor LaTeX untuk KDE (cross platform), memberikan GUI yang kuat untuk mengedit beberapa dokumen dan kompilasi mereka dengan banyak kompiler TeX berbeda. Kile didasarkan pada Kate editor, memiliki toolbar akses cepat untuk simbol, document viewer struktur, konsol dan pilihan membangun disesuaikan. Kile dapat dijalankan di semua sistem operasi yang dapat menjalankan KDE.

TeXmaker[sunting]

TeXmaker adalah editor lintas platform yang sangat mirip dengan Kile dalam fitur dan user interface. Selain itu ia memiliki penampil PDF nya sendiri.

TeXstudio[sunting]

TeXstudio adalah cross-platform sumber LaTeX editor yang terbuka dengan antarmuka yang mirip dengan Texmaker.

TeXnicCenter[sunting]

TeXnicCenter adalah gratis dan terbuka populer sumber LaTeX editor untuk Windows. Ini juga memiliki antarmuka pengguna yang mirip dengan TeXmaker dan Kile.

WinEdt[sunting]

WinEdt adalah editor teks yang kuat dan serbaguna dengan kecenderungan yang kuat terhadap penciptaan LaTeX / TeX dokumen untuk Windows. Telah dirancang dan dikonfigurasi untuk mengintegrasikan dengan Sistem TeX seperti MiTeX atau TeX Live. Built-in makro Its membantu dalam menyusun sumber LaTeX ke WYSIWYG seperti DVI atau PDF atau PS dan juga dalam mengekspor dokumen ke lain bahasa mark-up sebagai html atau XML.

BaKoMa TeX[sunting]

BaKoMa TeX adalah editor untuk Windows dan Mac OS dengan WYSIWYG seperti fitur. Dibutuhkan perawatan kompilasi sumber LaTeX dan memperbarui terus-menerus untuk melihat perubahan pada dokumen hampir secara real time.

TeXShop[sunting]

TeXShop adalah editor TeXworks seperti untuk Mac OS.

Gedit-plugin-lateks[sunting]

Gedit dengan gedit-plugin-lateks juga perlu mencoba untuk pengguna GNOME. Gedit adalah aplikasi cross-platform untuk Windows, Mac, dan Linux

Gummi[sunting]

Gummi adalah editor LaTeX untuk Linux, yang mengkompilasi output dari pdflatex secara realtime dan menunjukkan di kanan setengah dari layar.

Emacs[sunting]

Emacs adalah teks tujuan sistem pengolahan umumnya. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan AUCTeX dan Reftex (ekstensi yang dapat diinstal ke dalam program Emacs), Emacs menyediakan lingkungan pengeditan LaTeX lengkap lengkap dengan tabel melihat isinya, preview dokumen dan banyak fitur lainnya. Emacs adalah sistem editing yang sangat matang dengan satu set unik perintah keyboard.

Vim[sunting]

Vim merupakan editor teks tujuan umum untuk berbagai macam platform termasuk UNIX, Mac OS X dan Windows. Berbagai ekstensi ada termasuk Kotak LaTeX dan Vim-LaTeX.

LaTeXila[sunting]

LaTeXila adalah editor teks lain untuk Linux (Gnome).

Pemirsa[sunting]

Akhirnya, Anda akan memerlukan penampil untuk output LaTeX file. Biasanya LaTeX menyimpan dokumen akhir sebagai sebuah dvi. (Device format file independen), tetapi Anda akan jarang inginkan. File DVI tidak mengandung font tertanam dan pemirsa dokumen banyak tidak dapat membukanya.

Biasanya Anda akan menggunakan compiler LaTeX seperti pdflatex untuk menghasilkan file PDF secara langsung, atau alat seperti dvi2pdf untuk mengkonversi file DVI ke format PDF. Kemudian Anda dapat melihat hasilnya dengan pilihan Anda penampil PDF (Adobe Reader, Okular, Evince, Sumatera, Foxit).

Hampir semua distribusi LaTeX memiliki penampil DVI untuk melihat output default lateks , dan juga alat-alat seperti dvi2pdf untuk mengkonversi hasilnya secara otomatis ke format PDF dan PS.

Aplikasi dalam distribusi[sunting]

Berikut adalah program utama yang Anda harapkan untuk menemukan di setiap distribusi LaTeX:

  • Lateks compiler membaca file LaTeX.Tex dan menciptakan sebuah dvi.
  • Pdflatex compiler membaca LaTeX.tex file. Menciptakan sebuah . Pdf
  • Dvi2ps mengkonversi file .dvi ke .Ps (postscript).
  • Dvi2pdf mengkonversi file .dvi ke .Pdf ( dvi2pdfm adalah versi perbaikan).

Juga tex dan pdftex compiler yang disertakan, tetapi Anda harus berhati-hati dengan menggunakan mereka, karena mereka mendukung TeX hanya polos. Perhatikan bahwa karena LaTeX adalah hanya kumpulan macro untuk TeX jika Anda mengkompilasi dokumen TeX polos dengan compiler LaTeX (seperti pdflatex ) itu akan bekerja sementara yang sebaliknya adalah tidak benar: jika Anda mencoba untuk mengkompilasi sumber LaTeX dengan kompilator TeX Anda akan mendapatkan banyak kesalahan.

Ketika LaTeX diciptakan, format hanya bisa menciptakan adalah DVI; dukungan PDF kemudian ditambahkan oleh pdflatex . File PDF dapat dibuat dengan baik pdflatex dan dvipdfm . Output dari pdflatex mengambil keuntungan langsung dari fitur modern font PDF seperti hyperlink dan tertanam, yang bukan bagian dari DVI. Melewati DVI memaksakan keterbatasan format yang lebih tua. Di sisi lain, beberapa paket, seperti PSTricks, mengeksploitasi proses konversi ke DVI, dan karenanya tidak akan bekerja dengan pdflatex. Beberapa paket tersebut menanamkan informasi dalam DVI yang tidak muncul ketika DVI dilihat, tetapi ketika mulai berencana DVI dikonversi ke yang lain, format yang lebih baru.

Anda akan menulis dokumen Anda sedikit berbeda tergantung pada kompiler yang Anda gunakan ( lateks atau pdflatex ). Tapi seperti yang kita akan lihat nanti adalah mungkin untuk menambahkan semacam lapisan abstraksi untuk menyembunyikan rincian yang kompiler yang Anda gunakan, sementara compiler dapat menangani penerjemahan itu sendiri.

Diagram berikut memperlihatkan hubungan antara kode sumber LaTeX dan format yang dapat Anda buat:

LaTeX diagram.svg

Teks merah berkotak merupakan format file, teks biru pada tanda panah merupakan perintah yang harus digunakan, teks hijau kecil hitam di bawah kotak merupakan format gambar yang didukung. Setiap kali Anda melewati panah Anda kehilangan beberapa informasi, yang dapat menurunkan kualitas dokumen Anda. Oleh karena itu, untuk mencapai kualitas tertinggi dalam output file,

Anda harus memilih rute terpendek untuk mencapai format target Anda. Ini mungkin adalah cara yang paling nyaman untuk mendapatkan output dalam format yang Anda inginkan pula. Mulai dari sumber LaTeX, cara terbaik adalah dengan menggunakan hanya lateks untuk output DVI atau pdflatex untuk output PDF, mengkonversi ke PostScript hanya jika diperlukan untuk mencetak dokumen.

Kebanyakan program harus sudah dalam distribusi LaTeX Anda, yang lain datang dengan w: Ghostscript, yang merupakan perangkat lunak bebas dan multi-platform juga.

Bab . / Ekspor. Untuk Format Lain / membahas lebih lanjut tentang sumber LaTeX mengekspor ke format file lainnya.

Apa selanjutnya?[sunting]

Sekarang Anda harus memeriksa bahwa editor Anda dan distribusi LaTeX berfungsi dengan baik dengan mencoba untuk mengkompilasi sumber contoh pertama di awal Bab berikutnya.

Sepanjang buku ini, Anda juga harus menggunakan cara lain untuk belajar tentang LaTeX. Sumber yang baik adalah: