Pembicaraan:Halaman Utama

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari

[sunting]

Kapan ada logo versi id? Tolong diganti Wikibooks jadi WikiBuku. Ezagren พูดคุย 07:01, 19 Agustus 2010 (UTC)

Saya setuju dengan Ezagren. Alagos 10:29, 19 Agustus 2010 (UTC)
Sudah dibuatkan Raymond:
Wikibooks-logo-id.svg
. Tinggal menunggu bugzilla:34043. Bennylin (Bicara)
Done. [1]. Bennylin (Bicara) 6 Februari 2012 18.23 (UTC)
Perasaan saya saja atau memang tulisan "WIKIBUKU" jika dibandingkan dengan tulisan "WIKIPEDIA", tulisan "WIKIBUKU" berada lebih di kanan? ·· Kenrick 11 Februari 2012 15.24 (UTC)
Kelihatannya memang tidak rata kiri-kanan ya, haha... Tapi sumpah, waktu saya buat logonya, sudah saya atur agar serata mungkin... Tidak tahu kenapa bisa jadi seperti itu. RaymondSutanto 12 Februari 2012 12.09 (UTC)

Inkonsistensi nama[sunting]

Halaman utama menggunakan beragam variasi nama dari "wikibooks", ada yang menggunakan wikibuku (logo), wikibooks (bagian "pengantar", "bahasa lainnya", "proyek lainnya"), bukuwiki (bagian "buku yang tersedia", "apakah BukuWiki Itu?"). Apakah tidak sepatutnya namanya diseragamkan? Alagos (bicara) 19 April 2012 09.58 (UTC)

Saya sebenarnya juga mau penyeragaman nama, seperti pada bahasa Melayu yang sudah sepenuhnya pakai nama Wikibuku (tapi kalau pakai wiki buku, yang lain juga mesti diganti juga misalnya wiktionary jadi wiki kamus, dsb). Masalahnya, hal ini juga belum pernah didiskusikan bersama. Anda lebih setuju yang mana? Wikibuku, Buku Wiki, atau Wikibooks? RaymondSutanto (bicara) 20 April 2012 04.17 (UTC)
Sebenarnya yang saya pertanyakan hanya penamaan di halaman utama saja, kalau dalam skala yang lebih luas mungkin dapat dimasukkan penamaan ruang nama "wikibooks". Sementara untuk proyek-proyek lainnya sebaiknya didiskusikan di proyek masing-masing. Saya pribadi lebih suka wikibuku karena terasa lebih familier. Alagos (bicara) 20 April 2012 04.27 (UTC)
Boleh saja pakai wikibuku. Tapi mesti undang yang lain dulu, minta pendapat juga. Kalau kompak pakai wikibuku, nanti tinggal diganti. RaymondSutanto (bicara) 20 April 2012 04.41 (UTC)
Setuju. Sesuai logo. Bennylin (Bicara) 20 April 2012 16.46 (UTC)
Setuju juga dengan "Wikibuku". Artinya kita harus mengajukan perubahan ruang nama proyek ({{ns:project}}) dari "Wikibooks" menjadi "Wikibuku". ··Kenrick 22 April 2012 09.41 (UTC)
Sudah diganti semua oleh Kenrick. RaymondSutanto (bicara) 22 April 2012 09.56 (UTC)
Permintaan telah dikirim ke Bugzilla (bugzilla:36156) ·· Kenrick 22 April 2012 09.55 (UTC)
Bug-nya tidak eksis? RaymondSutanto (bicara) 22 April 2012 09.58 (UTC)
ups... Sudah diperbaiki (bugzilla:36156) ·· Kenrick 22 April 2012 11.34 (UTC)

Isi[sunting]

Isi Halaman Utama semakin lama semakin banyak. Saatnya memikirkan bagaimana konsep halaman utama yang baik. Saran saya adalah:

  • Mengintegrasikan "buku yang tersedia" dengan "rak buku" sehingga hanya ada 1 bagian yang berisi daftar buku
Adalah setuju. Alagos (bicara) 22 Januari 2013 04.06 (UTC)
  • Bagian "buku bagus" lebarnya menjadi 1 halaman
Alasannya? Dan saya punya usulan mohon ukuran gambarnya lebih ditertibkan. Dengan pengaturan yang ada sekarang, gambar vertikal nampak menjadi sangat besar. Alagos (bicara) 22 Januari 2013 04.06 (UTC)
  • Bagian "buku yang tersedia" dihapus
  • Bagian "rak buku" lebarnya menjadi 1 halaman
  • bagian "rak buku" berada di bawah "buku bagus"
  • Bagian "Apakah Wikibuku Itu?" tetap di atas
  • Bagian "Wikibuku dalam bahasa lainnya" dan "Proyek lainnya" berada di bawah dengan lebar 1 halaman.

Salam. ·· Kenrick 21 Januari 2013 14.14 (UTC)

Masalah sekarang adalah apakah bagian-bagian yang harus ada di dlaam rak buku? Sebaiknya, rak buku tidak berisi buku yang belum ada. Salam. ·· Kenrick 21 Januari 2013 14.16 (UTC)

Adalah setuju bahwa bagian pranala merah dihapus saja, selain itu subjudul yang tidak memiliki isi juga harus ditertibkan. Untuk isi rak buku, bagian yang jelas harus dimasukkan adalah "Sejarah" dan "Mitologi." Alagos (bicara) 22 Januari 2013 04.06 (UTC)
Kenrick, menurut saya belum perlu mendesain halaman utama yang baru. Kalau anda perhatikan baik-baik, banyak "judul buku" yang ada di halaman utama merupakan sub-judul dari buku lainnya. Misalnya pada bagian "Yunani Kuno", itu semua sub-judulnya sebenarnya tidak perlu ditulis. Namun, saya juga mengerti karena kebanyakan buku disini ditulis oleh Bung Alagos dan judul buku yang ada disini pun sebenarnya masih "belum banyak".
Namun, ke depannya, saya setuju dengan pengintegrasian "buku yang tersedia" dengan "rak buku". Mungkin kalau perlu nanti dikelompokkan per tema. Namun, tunggu sampai jumlahnya memadai. Salam, RaymondSutanto (bicara) 21 Januari 2013 17.32 (UTC)
Waduh, saya tak menyangka, ternyata tulisan saya dianggap tidak layak, padahal saya sudah bersusah payah menulis di sini. Kalau begitu lebih baik saya menulis di tempat lain saja, di tempat di mana tulisan saya dapat lebih diapresiasi. Salam. :) Alagos (bicara) 21 Januari 2013 18.05 (UTC)
Waduh, saya sama sekali tak bermaksud kalau tulisan anda tidak layak Bung Alagos. Maksud saya adalah, karena anda (hampir) merupakan penyunting tunggal di Wikibuku Indonesia, maka jumlah buku yang ditulis masih tidak banyak. Oleh karena itu, saya masih menerima jika sub-sub buku anda, anda tulis juga di halaman utama. Sebagai contoh: Yunani Kuno, Mesir Kuno, Romawi Kuno dan Mitologi Yunani merupakan judul buku 'kan (bukan judul tema seperti "Mitologi", "Transportasi", "Fiksi", dll)? Nah, jika nantinya buku-buku disini bertambah banyak, maka sub-sub judul keempat buku diatas akan dihapus, keempat buku tersebut dijadikan satu dengan tema "Sejarah Kuno" atau semacamnya. Salam, RaymondSutanto (bicara) 21 Januari 2013 18.45 (UTC)
Ya, saya mengerti. Anda menyatakan bahwa tulisan saya tidak layak berada di halaman utama dan seharusnya dihapusi. Kalau begitu hapusi saja, hapusi saja semuanya, lalu ganti oleh semua tulisan Anda, atau sekalian saja Anda juga mau hapusi semua tulisan saya di sini? Di wikibuku ini saya telah dikecewakan oleh banyak pihak, oleh Wikimedia, oleh wikibooks bahasa lain, tapi baru kali ini dikecewakan oleh pengurus wikibuku sendiri. Salam. :) Alagos (bicara) 22 Januari 2013 04.06 (UTC)
Aduh, saya pusing dan bingung, nggak tau mau ngomong apalagi. Anda terlalu negative thinking terhadap usulan dan pendapat saya diatas. Yang pasti, sebagai pengurus, saya akan berusaha memfasilitasi dan mewadahi tulisan semua kontributor Wikibuku bahasa Indonesia tanpa kecuali, tanpa meng-anakemas-kan pengguna siapapun. Saya sangat menghargai hasil tulisan anda, sumbangan anda pada Wikibuku sangat besar. Tapi, mohon dipahami bahwa Wikibuku ini milik semua pengguna, bukan milik anda seorang.
Saya mohon tulisan saya ini dipahami terlebih dahulu sebelum berpikiran negatif lagi pada maksud saya. Salam, RaymondSutanto (bicara) 22 Januari 2013 12.04 (UTC)
Tentu saja saya telah memahami maksud tulisan Anda, dan semakin saya pahami justru saya semakin kecewa. Kalau begitu, saya ucapkan selamat berjuang kepada Anda dan pengguna-pengguna lain yang masih tersisa di sini untuk mengembangkan wikibuku, sementara saya akan mencari tempat menulis lain yang dapat lebih mengapresiasi tulisan saya. Mengenai tulisan-tulisan saya di halaman utama, Anda mau hapusi sendiri ataukah saya yang harus hapusi? Salam :) Alagos (bicara) 22 Januari 2013 14.37 (UTC)
Saya kok mencurigai Bung Alagos ini berupaya menjebak Pak Pengurus RaymondSutanto dalam kondisi serba salah ya... SpartacksCompatriot (bicara) 26 Januari 2013 13.56 (UTC)
Sebaiknya kita kembali ke topik semula: apakah nama-nama yang tepat untuk rak buku yang baru? Mengenai Alagos, mohon tidak terlalu berpikiran negatif terhadap pendapat Raymond. Salam. ·· Kenrick 22 Januari 2013 14.31 (UTC)
Seperti yang telah saya sampaikan di atas, bagian "Sejarah" dan "Mitologi" sudah jelas harus dimasukkan dalam rak buku yang baru. Alagos (bicara) 22 Januari 2013 14.37 (UTC)


Pendataan[sunting]

Isikan di bawah ini nama bagian rak buku yang terintegrasi dengan "Buku yang telah tersedia". ·· Kenrick 6 Februari 2013 14.08 (UTC)

  • Pelajaran/ Ilmu
  • Fiksi
  • Komputer
    • Perangkat lunak
  • Politik
  • Seni
  • Wisata
  • Bahasa
  • Agama
  • Sejarah
    • Mitologi
    • Mitologi Yunani
    • Yunani Kuno
    • Romawi Kuno
    • Mesir Kuno
  • Resep
Secara umum saya setuju dengan pembagian ini, tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanggapi.
  1. Sejarah dan Mitologi seharusnya dipisah
  2. Untuk buku-buku transportasi dimasukkan ke bagian apa?
  3. Apakah tidak ada bagian "Buku lainnya"?
  4. Bagian "Fiksi" harusnya diturunkan ke bawah, dan bagian "Sejarah" serta "Mitologi" harus dinaikkan lebih ke atas.
Alagos (bicara) 8 Februari 2013 11.51 (UTC)

Wisata[sunting]

Saya usul semua artikel Wisata dipindahkan ke Wikivoyage Indonesia di Incubator. Bennylin (Bicara) 16 Februari 2013 06.55 (UTC)

Bukankah hal seperti ini seharusnya dibicarakan di Warung kopi? Alagos (bicara) 16 Februari 2013 07.29 (UTC)
Melihat kondisinya, halaman ini jauh lebih ramai (dan lebih dipromosikan di tempat-tempat seperti FB, dll.) daripada Warung kopi. Bennylin (Bicara) 17 Februari 2013 05.19 (UTC)
Diskusi mengenai tagline di Warung Kopi ditanggapi oleh semua (empat) pengguna aktif Wikibuku, jadi seharusnya tidak ada masalah meskipun diskusi ini dilakukan di sana. Alagos (bicara) 18 Februari 2013 14.25 (UTC)