Pemrograman C

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.


Daftar Isi[sunting]

Pengenalan Bahasa C[sunting]

  1. Mengapa Belajar Bahasa Pemrograman C
  2. Ciri Khas Bahasa C

Perbedaaan Bahasa C dan Bahasa C++[sunting]

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

Pustaka Dalam Bahasa C[sunting]

Pada pustaka c++ telah dimasukkan pustaka bahasa c yang memiliki definisi sama dengan struktur file header yang sama pula dengan beberapa perbedaan.

Dasar Operasi dalam Bahasa C[sunting]

  1. Operand dan Operator
  2. Operasi Aritmetika
  3. Operasi Input
  4. Operasi Output
  5. Operasi Bitwise
  6. Keadaan Bersyarat
  7. Perulangan
  8. Array
  9. Pointer
  10. Prosedur dan Fungsi

Pengelolaan Memori dalam C[sunting]

  1. Alokasi Memori Statis
  2. Alokasi Memori Otomatis
  3. Alokasi Memori Dinamis

Pendeklarasian Variabel dalam C[sunting]

Deklarasi Variabel dalam bahasa C ada beberapa tipe yakni tipe float atau bilangan desimal, tipe integer atau bilangan bulat,tipe void untuk yang netral dsb