Shahih Bukhary

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Mengenal Kitab Shahih Bukhary[sunting]

Kitab Shahih Bukhary adalah satu dari dua kitab hadits yang diakui oleh kalangan ahli hadits dan kaum muslimin secara umum sebagai seshahih-shahih kitab setelah Al-Qur'an.

Kitab Shahih Bukhary memiliki judul asli Al Jami’ Ash Shahih Al Musnad min Haditsi Rasulillah shallallahu ‘alaihi wassalam wa Sunanihi wa Ayyamihi.. Jauh lebih sedikit daripada jumlah-jumlah hadits yang dibawakan oleh kitab-kitab hadits lainnya.

Kitab Shahih Bukhary disusun oleh Imam Al-Bukhary.

Kategorisasi Isi Kitab[sunting]

Nomor Hadits[sunting]

Pada awalnya, Imam Bukhary hanya menuliskan kumpulan hadits tanpa memberi nomor. Kemudian para ulama mulai mencari cara untuk memudahkan mengindeks hadits-hadits tersebut. Caranya dengan memberinya nomor urut. Dalam penomoran pun banyak terjadi perbedaan di kalangan ulama. Proses penomoran hadits ini disebut tarqim. Tarqim Shahih Bukhary yang lazim digunakan adalah penomoran oleh Fuad Abdul Baqi. Penomoran lainnya adalah metode penomoran al-Alamiyah.

Kitab dan Bab[sunting]

Imam Bukhary memberi nama kitab dan bab dalam kitabnya. Kitab mengumpulkan bab-bab dan hadits-hadits dalam satu kategorisasi yang luas dan biasa digunakan dalam satu topik fiqh tertentu. Misalnya: Kitab Awal Turunnya Wahyu (Kitab Badal Wahyi), Kitab Jual Beli (Kitabul Buyu'), Kitabun Nikah (Kitab Pernikahan).

Sedangkan bab mengumpulkan hadits-hadits dalam suatu masalah di dalam kategorisasi fiqh. Misalnya dalam Kitabul Ilmi (Kitab ttg Ilmu) ada judul-judul bab seperti: Bab Keutamaan Ilmu, Bab Siapa yang Mengeraskan Suaranya dalam Ilmu, dll. Terkadang Imam Al-Bukhary tidak (atau belum) memberi judul bab. Beliau hanya mengumpulkan hadits-hadits yang membahas satu masalah ke dalam satu bab tanpa judul. Misalnya pada Kitab Awal Turunnya Wahyu, ada 4 bab tanpa judul yang dimuat oleh Imam Al-Bukhary.

Kategorisasi saat ini[sunting]

Shahih Bukhary disusun dengan kategorisasi:

  • Juz
    • Kitab
      • Bab
        • Hadits bernomor

Cetakan yang digunakan[sunting]

Cetakan yang digunakan pada wikibook Shahih Bukhary adalah versi Sahab Books ditambah dengan cross-check dengan Shahih Bukhary cetakan Maktabah Darul Fikr, Beirut, Libanon. Shahih Bukhary versi Sahab Books dapat diunduh dari pranala ini. Sumber lain yang dapat digunakan adalah Shahih Bukhary jilid 1 dan jilid 2 dari situs Syaikh Utsaimin.

Proyek Penulisan Shahih Bukhary di Wikibuku[sunting]

Proyek penulisan ini diprakarsai oleh komunitas id-kutub. Penulisan diserahkan kepada tim pengarah, serta kontributor. Tim pengarah bertugas menyusun daftar isi kitab dan mengawasi penulisan hadits. Kontributor dapat segera mengerjakan masing-masing hadits. Terjemahan yang digunakan adalah terjemahan sendiri, karena itu diperlukan ahli bahasa Arab dan hadits yang dapat memeriksa hasil terjemahan.

Daftar Isi[sunting]

Pranala luar[sunting]

Wikipedia-logo-id.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai: