Soal-Soal Fisika/Gerak

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gerak lurus beraturan (GLB)

s = v \times t

Catatan: 1 m/s = 3,6 km/jam

  1. Ronny berlari selama 56 menit. Jika kelajuan lari Ronny adalah 18 km/jam, berapakah jarak yang ditempuh Ronny selama berlari? 16800 meter
  2. John mengendarai mobil dari Jakarta-Bandung berjarak 180 km. Jika waktu tempuhnya adalah 2 jam, berapakah kelajuan mobil John berdasarkan satuan SI? (dalam satuan m/s). 25m/s
  3. Sebuah motor berjalan dengan kelajuan 30 m/s. Jika motor itu menempuh jarak 5 km, berapakah waktu tempuh motor tersebut? 166,6 s
  4. Howard berjalan kaki dalam waktu 15 menit. Jika jarak yang ditempuhnya adalah 5 km, berapakah kelajuan Howard? 5,5m/s
  5. Budi menaiki truk kontainer di jalanan sepi tanpa kendaraan dengan kelajuan 50 m/s. Jika waktu tempuhnya adalah 8,5 sekon, berapakah jarak tempuhnya? 425m
  6. Dalam lomba lari, Robert berlari dalam waktu 5 menit. Jika jarak yang ditempuhnya adalah 1 km, berapakah kelajuan lari Robert? 3,33m/s
  7. diketahui sebuah benda bergerak dengan persamaan s=3tˆ3-tˆ2+2t-1. jika t = 2sekon, tentukanlah kecepatan dan percepatannya!
  8. Grace mengendarai sepeda dengan kelajuan 64 m/s. Jika waktu tempuh sepeda motor tersebut adalah 5 menit, berapakah jarak tempuh sepeda motor tersebut? 4200m
  9. Edward Houston mengendarai kapal selama 2 hari 31 menit 24 detik dari Madrid ke Paris. Jika jarak yang ditempuh kapal tersebut adalah 400 km, berapakah kelajuan kapal tersebut?2,28m/s
  10. Seekor macan tutul berlari dengan kelajuan 25 m/s. Jika jarak yang ditempuh macan tersebut adalah 25 km, berapakah waktu tempuh kepada macan tersebut? 1000s
  11. Morley mengendarai mobil sampai jarak 60 km. Jika waktu tempuh mobil tersebut adalah 20 menit, berapakah kecepatan mobil tersebut? (dalam satuan km/jam) 10km/jam
  12. Arin berjalan kaki sepanjang 306 meter dalam waktu 1 menit. Berapakah kelajuan berjalan kaki Arin? 5m/s
  13. Mandala berjalan kaki dari rumah ke mal sepanjang 15 kilometer dalam waku 30 menit. Berapakah kelajuan dalam satuan m/s? 8,333m/s
  14. Sebuah kereta api berjalan dari Tanjung Priok — Manggarai dengan kelajuan 20 m/s. Jika jarak sesungguhnya adalah 35 km, berapakah waktu tempuh kereta api tersebut? 1750 s
  15. Susi berjalan sejauh 62,5 km. Jika waktu tempuh Susi adalah 2,5 jam, berapakah kelajuan berjalan Susi? 0,6944 m/s

Kelajuan rata-rata

Kecepatan rata-rata = \frac {s_1 \times v_1 + s_2 \times v_2 + ... + s_n \times v_n} {t_1 + t_2 + .. + t_n}

  1. Peter mengendarai sebuah mobil. Pada 1 jam pertama, Peter mengendarai mobil dengan kelajuan 30 km/jam. Pada \frac{1}{2} jam kedua, Peter mengendarai mobil dengan kelajuan 50 km/jam. Dan pada \frac{3}{4} jam ketiga, Peter mengendarai mobil dengan kelajuan 20 km/jam. Berapakah kecepatan rata-rata mobil tersebut?
  2. Katie berlari pada minggu pagi. Selama 5 menit pertama Katie berlari dengan jarak 8 km, pada 8 menit kedua berlari dengan jarak 6 km dan pada 7 menit ketiga berlari dengan jarak 16 km. Berapakah kecepatan rata-rata berlari tersebut?
  3. McLaren mengendarai sepeda. Pada 25 detik pertama McLaren mengendarai dengan kelajuan 5 m/s, pada 20 detik kedua mengendarai dengan kelajuan 10 m/s dan pada 15 detik ketiga mengendarai dengan kecepatan 15 m/s. Berapakah kecepatan rata-rata sepeda tersebut?

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Percepatan

a = \frac {v_t - v_0} {\Delta t}

v_t = v_0 + a \times t

{v_t}^2 = {v_0}^2 + 2 \times a \times s

  1. Lawson mengendarai sebuah mobil dengan kecepatan 15 m/s selama waktu 10 detik. Jika kecepatan akhirnya adalah 35 m/s, tentukan percepatan mobil tersebut?
  2. Sarah mengendarai sepeda dengan kecepatan 30 m/s selama 5 detik. Jika kecepatan akhirnya adalah 10 m/s, tentukan perlambatan sepeda tersebut?
  3. Sebuah kendaraan meningkatkan kelajuannya dari 20 m/s menjadi 45 m/s. Jika percepatan kendaraan tersebut adalah 5 m/s2, berapakah waktu tempuh tersebut?
  4. Sebuah mobil mengurangi kelajuannya menjadi 25 m/s selama 1 menit. Jika perlambatan mobil tersebut 2 m/s2, berapakah kelajuan mobil mula-mula?
  5. Sebuah mobil dijalankan dengan kelajuan 7,5 m/s selama 5 detik. Jika kelajuan akhirnya adalah 22,5 m/s, tentukan percepatan dan jarak tempuhnya!
  6. Sebuah kendaraan yang bergerak dengan kelajuan 25 m/s direm sehingga memperoleh perlambatan tetap 2 m/s2. Berapakah kelajuannya setelah kendaraan menempuh jarak 150 m?
  7. Sebuah mobil dikendarai dengan kecepatan 10 m/s. Setelah 10 detik, kelajuannya menjadi 30 m/s. Tentukan percepatan mobil tersebut beserta jarak tempuhnya!
  8. Sebuah mobil mula-mula berhenti, kemudian mobil bergerak dengan kecepatan 20 m/s pada detik ke-5. Dengan percepatan 5 m/s2, mobil tetap melaju selama 1 menit.
  9. Sebuah mobil yang berhenti dijalankan dengan percepatan tetap sehingga memperoleh kecepatan 18 m/s dalam waktu 2 sekon. Berapakah percepatan mobil itu?
  10. Tentukan nilai \!v_{t} dari \!v_{t^2} dari soal nomor 5 jika jarak tempuhnya sudah diketahui!

GLBB Campuran

  • Sebuah benda bermassa 2 kg mula-mula diam pada bidang datar licin. Gaya 9 N arah mendatar bekerja pada benda sehingga kecepatannya berubah menjadi 4 m/s. Berapakah daya yang dihasilkan benda
  • mobil melaju dengan kecepatan 70 km/jam dan percepatan 35km/jam² dengan jarak tempuh 3437 meter, berapaka waktu yang akan ditempuh mobil tersebut ?

Gerak vertikal ke atas

t_{titik tertinggi} = \frac {v_0}{g}, t_{kembali ke awal} = \frac {2 v_0}{g}

h_{maks}= \frac {{v_0}^2} {2g}

  1. Sebuah benda dilemparkan ke atas dengan kecepatan 30 m/s. Hitunglah waktu dan ketinggian bola tersebut ketika mencapai titik tertinggi, jika percepatan gravitasi benda = 9,8 m/s2.
  2. (No.1) Berapa lama waktu yang dibutuhkan benda untuk sampai kembali ke tanah?
  3. Sebuah benda dilempar tegak lurus ke atas dengan kecepatan 16 m/s. Abaikan gesekan udara dan anggap g= 10m/s².
    • Berapakah ketinggian maksimum yang dicapai benda, dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ketinggian tersebut?
    • Sekarang kita melempar benda kedua 2 detik setelah benda pertama dilempar. Berapakah ketinggian benda pertama saat benda kedua dilempar?
    • Berapa kecepatan awal benda kedua harus dilempar agar bertumbukan dengan benda pertama pada ketinggian 9 meter diatas permukaan tanah?

Hukum Newton

  1. Sebuah balok kayu dengan massa 2 kilogram bergerak pada bidang miring (α=30°). Kecepatan awal balok adalah 8 m/s, dan balok berhenti ketika mencapai titik P. Koefisien gesek antara balok dan bidang adalah 0,25 (anggap koefisien gesek statis dan kinetis sama). Asumsikan g= 10m/s².
  • Buatlah sketsa gambarnya beserta diagram vektor yang bekerja pada balok tersebut, berilah nama masing-masing.
  • Berapakah waktu yang dibutuhkan balok untuk mencapai titik P?
  • Berapakah jarak yang ditempuh balok dari awal bergerak sampai titik P?
  • Ketika balok mencapai titik P, apakah balok akan meluncur kembali ke bawah(berikan alasanmu)? Jika memang meluncur kembali, berapakah waktu yang dibutuhkan balok untuk kembali ke awal titik geraknya?

Sumber