Yunani Kuno/Huruf Yunani

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Orang Yunani tidak menciptakan alfabet, meskipun kata "alfabet" sendiri diambil dari dua huruf pertama pada aksara Yunani - "alpha" dan "beta".

Alfabet kemungkinan diciptakan antara abad ke-17 dan ke-15 SM, oleh bangsa Fenisia. Secara lingustik, bahasa Fenisia termasuk dalam bahasa Semit, yang digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Fenika (Lebanon modern). Pendapat ini bertentangan dengan usulan bahwa bahasa Yunani berkerabat dengan bahasa India-Eropa.

Yang diciptakan oleh orang Yunani adalah kumpulan karakter huruf khas mereka, selain itu orang Yunani juga menambahkan huruf vokal pada alfabet, yang sebelumnya hanya berisi konsonan. Seperti kita ketahui, bahasa Fenisia dan bahasa Semit tak memiliki huruf vokal. Alfabet Yunani diciptakan antara abad ke-8 dan 7 SM, setelah invasi bangsa Doria, dan kedatangan bangsa Hellen (contohnya orang-orang Yunani, seperti misalnya bangsa Doria, Aiolia, dan Ionia).

Menurut sejarawan abad pertama SM, Diodorus Sikolos, adalah Kadmos yang memperkenalkan alfabet Fenisia pada orang Yunani, dan kemudian menciptakan versi Yunani dari situ. Ini berarti bahwa Alfabet Yunani buatan Kadmos jauh lebih tua dari usia yang sebenarnya. Karena jika Kadmos memang benar-beanr nyata dan pernah hidup, maka dia hidup pada Zaman Perunggu, sekitar setidaknya enam generasi sebelum perang Argos-Thebes.

Alfabet Yunani banyak mempengaruhi berbagai sistem penulisan lainnya di Eropa. Alfabet Latin atau Romawi secara langsung mengadaptasi alfabet Yunani, selain juga mengambil beberapa unsur dari alfabet Etruria, namun alfabet Etruria juga sebenarnya ikut dipengaruhi oleh alfabet Yunani.

Ada suatu masa di Republik Romawi ketika bahasa Yunani digunakan oleh orang-orang elit dan cendekaiwan Romawi melebihi bahasa mereka sendiri, bahasa Latin. Alfabet Latin pada gilirannya berhasil tersebar luas dan bahkan lebih berpengaruh daripada alfabet Yunani. Beberapa bahasa yang dipengaruhi alfabet Latin adalah bahasa Jerman dan bahasa Inggris.

Meskipun alfabet Yunani relatif tak berubah sejak pertama kali diciptakan, namun selama berabad-abad bahasa Yunani sendiri telah mengalami banyak perubahan secara regional dan rasial sehingga tercipta berbagai dialek Yunani yang berbeda-beda.

Alfabet Huruf besar Huruf kecil Transliterasi
Alpha Α α a
Beta Β β b
Gamma Γ γ g
Delta Δ δ d
Epsilon Ε ε e
Zeta Ζ ζ z
Eta Η η h
Theta Θ θ th
Theta (simbol) - ϑ -
Iota I ι i
Kapa K κ k
Lambda Λ λ l
Mu M μ m
Nu N ν n
Xi Ξ ξ x
Omikron O ο o
Pi Π π p
Rho P ρ r
Sigma Σ σ s
Sigma (di akhir) - ς -
Tau T τ t
Upsilon Y υ u, i
Upsilon (simbol) - ϒ -
Phi Φ φ ph
Chi X χ kh, ch
Psi Ψ ψ ps
Omega Ω ω w