Mitologi Yunani/Dunia Bawah/Hekate: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Hesiodos berulang kalu menyatakan dalam ''Theogonia''nya bahwa Zeus sangat menghormati Hekate. Hekate dapat melimpahkan kekayaankepada siapa saja yang berdoa dan berkurban padanya. Hekate memiliki bagian kekayaan di Olimpus, di bumi, dan di dunia bawah. Ini karena dia adalah dewi bulan, dewi bumi (kesuburan), dan sekaligus juga dewi dunia bawah.
 
Hekate kadang disamakan dengan dengan Rea, Demeter dan Persefone sebagai dewi bumi dan dewi kesuburan. Selain itu, dia kadang disamakan dengan Persefone sebagai dunia bawah. Hekate adalah dewi malam dan dikenal sebagai dewi tak terlihat, yang ditemani oleh anjing-anjing neraka. Ketika Persefone diculik, Hekate mencoba menghibur Demeter. Hekate memberitahu Demeter bahwa dia mendengar tangisan Persefone namun tidak mengenali penculiknya. Adalah Hekate yang menyarankan supaya Demeter bertanya pada Helios, dewa matahari yang melihat segalanya. Di kemudian hari, ketika Persefone tinggal bersama Hades selama setengah tahun setiap tahun di dunia bawah, Hekate menjadi kawannya sehingga Persefone tidak merasa kesepian.
 
Seperti halnya Artemis dan Selene, Hekate juga adalah dewi bulan, namun dia adalah dewi yang diasosiasikan dengan sisi gelap bulan.
 
Hekate juga dikaitkan dengan Ifigeneia, putri Agamemnon dan Klitaimnestra. Dalam ''Katalog Para Wanita'', Hesiodos menyatakan bahwa ketika orang Yunani mengurbankan Ifigeneia, Artemis mengubahnya menjadi dewi Hekate.
 
[[Kategori:Mitologi Yunani]]
13.686

suntingan

Menu navigasi