Romawi Kuno/Arsitektur: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
29 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
== Tiang Trajanus ==
== Pasar Trajanus ==
Setelah dibuatnya Forum Julius Caesar dan Forum Augustus, para kaisar parapada masa selanjutnya juga membuat perluasan dari Forum Romawi, untuk memberi lebih banya ruang untuk bisnis. Kaisar Trajanus membangun forum baru sekitar tahun 100 M.
 
Dalam forum, ada dua perpustakaan (satu untuk buku-buku Yunani dan satu untuk buku-buku Latin). Di antara dua perpustakaan itu, berdiri Tiang Trajanus. Di bagian belakang forum, dibangun pula banyak toko yang menghadap bukit. Apollodoros, arstitek Romawi, membuat suatu inovasi dalam kompleks pertokoan ini. Dia membangun suatu mallmal (pusat perbelanjaan) yang megah.
 
Apollodoros membangun mallmal Trajanus dari bata dan beton, seperti istana Domitianus yang dibangun beberapa tahun sebelumnya. Batu bata itu ditutupi dengan marmer dan plesteran. BeebrapaBeberapa toko berada di luar, mengahdapmenghadap jalan yang telah dilapisi batu hampar basalbasalm, seperti trotoar zaman sekarang. Sementara beberapa toko lainnya ada di dalam bangunan mallmal, yang terdiri dari dua lantai dengan ruangan yang sangat luas.
 
== Pantheon Hadrianus ==
13.507

suntingan

Menu navigasi