Moda Transportasi/Moda Transportasi Kereta Api: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lokomotif ini menggunakan tenaga mesin diesel untuk memompa oli dan selanjutnya disalurkan ke perangkat hidrolik untuk menggerakkan roda. Lokomotif ini tidak sepopuler lokomotif diesel elektrik karena perawatan dan kemungkinan terjadi problem besar.
====Lokomotif listrik====
Lokomotif ini nomor dua paling populer setelah lokomotif diesel elektrik. Prinsip kerjanya hampir sama dengan lokomotif diesel elektrik, tapi tidak menghasilkan listrik sendiri. Listriknya diperoleh dari kabel transmisi di atas jalur kereta api ataupun mengambil catu listrik yang ditempatkan pada rel ketiga (third rail). Jangkauan lokomotif ini terbatas hanya pada jalur yang tersedia jaringan transmisi listrik penyuplai tenaga.
 
Keunggulan dari penggunaan lokomotif listrik adalah tingkat polusi yang sangat kecil dimana lokomotif itu digunakan dan dilain pihak menghasilkan unjuk kerja yang lebih baik, biaya perawatan yang rendah dan biaya penggunaan listrik yang lebih rendah. Polusi yang terjadi dengan pengoperasian lokomotif listrik hanya terjadi ditempat dimana listrik tersebut diproduksi.
 
====Lokomotif turbin gas====
[[File:Union Pacific 18.jpg|thumb|UP 18, yang ditampilkan di Illinois Railway Museum.]]
Pengguna anonim

Menu navigasi