Panduan LaTeX/Pengenalan: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
4 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
Sementara itu, kode khusus (seperti font untuk XeTeX) tidak dapat dikompilasi oleh setiap mesin.
 
== PersyaratannPersyaratan ==
 
Minimal, Anda akan memerlukan distribusi TeX, editor teks yang baik dan penampil DVI atau PDF. Tapi, jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba LaTeX, Anda bahkan tidak perlu menginstal apapun. Cukup membuat account pengguna di:
 
* [ScribTeX.com http://scribtex.com/ ScribTeX.com]
 
dan teruslanjutkan tutorial ini dalam bab berikutnya. ScribTeX adalah editor online berbasis web untuk dokumen LaTeX dengan kemampuan kolaborasi yang memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan sintaks LaTeX tanpa harus repot-repot dengan menginstal dan mengkonfigurasi distribusi dan editor. Bila Anda kemudian merasa bahwa Anda akan mendapat manfaat dari memiliki instalasi LaTeX mandiri, Anda dapat kembali ke bab ini dan ikuti petunjuk di bawah ini.
 
=== Instalasi distribusi ===
 
Jika Anda ingin menggunakan LaTeX secara lokal pada komputer Anda, biasanya Anda perlu menginstal distribusi TeX. Distribusi TeX dikemas dalam koleksi paket dan program yang memungkinkan Anda untuk mengeset tanpa harus secara manual mendownload file dan mengkonfigurasi hal. Distribusi direkomendasikan untuk setiap sistem operasi utama adalah:
 
* [Http://www.tug.org/texlive/ TeX Live] adalah distribusi TeX utama untuk Unix / Linux, Mac OS dan Windows.
 
* Ubuntu memiliki versi 2009 dari TeX Live di repositori, jadi anda dapat menggunakan: <tt> sudo apt-get install TeXLive </ tt>. [Http://alexkrispin.wordpress.com/2010/10/12/a-script-to-automate-the-installation-of-texlive-2010/ Berikut] adalah script untuk mengotomatisasi instalasi TeX Live 2010 pada Ubuntu .
* Fedora hanya memiliki 2007 versi TeX Live, tapi untungnya ada repositori baik [http://fedoraproject.org/wiki/Features/TeXLive sini] yang dapat Anda gunakan untuk langsung menginstal versi terbaru: <tt> yum install TeXLive </ tt> (ditambah <tt> yum install TeXLive-lateks </ tt> dan salah satu <tt> TeXLive-skema-</ tt> paket).
* Gentoo menyediakan sebuah ebuild untuk menginstal TeXLive menggunakan <tt> perintah emerge TeXLive </ tt>. [Http://www.gentoo.org/proj/en/tex/texlive-migration-guide.xml # doc_chap2] Ini adalah meta-ebuild yang menarik dalam paket lainnya tergantung pada flag USE-nya.
 
50

suntingan

Menu navigasi