Abad Pertengahan/Sejarah/Awal/Slav: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
k
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
kTidak ada ringkasan suntingan
Sekitar 100 atau 200 M, bangsa Slav melintasi Pegunungan Karpathia menuju tempat yang kini menjadi Slowakia dan Romania. Dari sana, mereka terkadang melakukan penyerbuan ke Yunani Romawi. Dengan runtuhnya Romawi dan adanya tekanan dari bangsa Avar dan Hun, bangsa Slav menyeberangi sungai Danube pada 500-an M, dan kemudian banyak dari mereka yang bermukim di Yunani dan Balkan (Serbia, Bosnia, dan Albania modern). Di wilayah ini mereka memerangi Romawi.
 
Pada akhir 700-an dan awal 800-an, bangsa Slav menghalau serbuan Carlemagne, yang kekaisarannya berbatasan dengan bagian barat wilayah Slav. Charlemagne menawan banyak orang Slav dan membawa mereka ke Prancis sebagagisebagai budak sehingga kata budak dalam bahasa Prancis adalah ''esclave''. Bangsa Slav juga berhasil menangkap sejumlah orang Prancis dalam peperangan tersebut, yang mereka jadikan budak juga. Bangsa Slav menyebut budak mereka ''rob'', yang merupakan akar kata untuk "robot."
 
Sebagian besar orang Slav terus tinggal di Eropa Timur, di mana mereka secara berangsur-angsur terbagi menjadi tiga kelompok utama dengan bahasa yang berbeda-beda, yaitu bangsa Slav Polandia di utara, Slav Balkan di selatan, dan Slav Rusia dari Timur. Sebagian besar orang Slav Balkan pada akhirnya dikuasai oleh Kekaisaran Romawi, sementara bangsa Slav Polandia dan Slav Rusia berhasil mendirikan kekaisaran mereka sendiri. Semua kelompok Slav ini memeluk Kristen sebelum 1300 M.
13.532

suntingan

Menu navigasi