Mitologi Yunani/Titan: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
77 bita ditambahkan ,  6 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
'''Titan''' adalah parasekelompok penguasadewa duniayang berkuasa di alam semesta sebelum para dewa OlimpusOlympians. Mereka adalah keturunan [[Mitologi Yunani/Dewa Awal/Uranus|Uranus]] dan [[Mitologi Yunani/Dewa Awal/Gaia|Gaia]]. Mereka tinggal di Gunung Othrys. Jumlah para Titan beragam tergantungbergantung pada versinya, dan pemimpin mereka adalah adalah Titan KronosCronos. Pada masa kekuasaan Titan, manusia mulai diciptakan.
 
SuatuPada ketikasuatu hari, tercetus perang yang di sebut Titanomachy di mana para Titan [[Mitologi Yunani/Dewa Olimpus vs Titan|berperang]] dengan para dewa OlimpusOlympians yang dipimpin oleh Zeus. Para Titan kalah dan akibatnya mereka dihukum, dengan sebagiansebahagian besar dari mereka dikurung di [[Mitologi Yunani/Dunia Bawah|TartarosTartarus]]. Semua Titan perempuan, dan beberapa Titan pria, bebas dari hukuman karena memihak para dewa OlimpusOlympians dalam peperangan tersebut.
 
Menurut mitos OrfikOrphic, Zeus memusnahkan para Titan dengan petirnya, karena mereka membunuh dan memakan putranya Zagreus (DionisosDionysus). Dari abu mereka, manusia diciptakan.
 
Secara umumumumnya, para Titan dapat dibagidibahagi menjadi dua generasi. Titan Generasi pertama adalah anak-anak Uranus dan Gaia, sedangkan Titan generasi kedua merupakan anak-anak dari Titan generasi pertama.
 
== Generasi pertama ==
190

suntingan

Menu navigasi