Mitologi Yunani/Dunia Bawah/Hekate: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
[[Berkas:Hecate.jpg|200px|thumb|right|Tiga Hekate.Hecate]]
'''Hecate''' merupakan puteri kepada Titan [[Mitologi Yunani/Titan/Perses|Perses]] dengan Titaness Asteria. Ada pendapat yang menyebut bahawa orang tua Hecate adalah Demeter.
Hekate adalah putri Perses atau Persaios dengan Asteria, keduanya merupakan keturunan para Titan. Dia juga disebut sebagai putri Demeter.
 
Hesiodos berulang kalu menyatakan dalamDalam ''Theogonia''nya, bahwaHesiod Zeusberulang kali mengatakan bahawa Hecate sangat menghormatidihormati oleh Zeus, raja para Hekatedewa. HekateHecate dapatakan melimpahkan kekayaankepadakekayaan kepada siapasesiapa sajasahaja yang berdoa dan berkurbanmelakukan padanyakorban kepadanya. HekateDia memiliki bagianbahagian kekayaan di OlimpusOlympus, di bumi, danmalahan di duniaDunia bawahBawah. IniOleh karenakerana diainilah, Hecate adalahmerupakan dewi bulan, dewi bumi (kesuburan), dan sekaligus juga dewi duniaDunia bawahBawah.
 
HekateHecate kadangkadangkala disamakan dengan dengan Rea, DemeterRhea dan PersefoneDemeter sebagai dewi bumi dan dewi kesuburan. Selain itu, dia kadangjuga kekadang disamakan dengan PersefonePersephone sebagai duniadewi Dunia bawahBawah. HekateDia adalahmerupakan dewi malam dan dikenaldikenali sebagai dewi takyang tidak terlihat, yangdan sang dewi ditemani oleh anjing-anjing nerakaNeraka. KetikaSelepas PersefonePersephone diculik, HekateHecate mencobamencuba menghibur Demeter yang sedang berduka. HekateHecate memberitahu Demeter bahwabahawa dia mendengar tangisan PersefonePersephone namun tidak mengenali penculiknya. Adalah Hekate yangDia menyarankan supaya Demeter bertanyabertanyakan padakepada Helios, dewa matahari, yang melihat segalanya di atas muka bumi. Di kemudian hari, ketikaapabila PersefonePersephone tinggal bersama Hades selama setengah tahun setiap tahun di duniaDunia bawahBawah, HekateHecate menjadi kawannyasahabatnya sehingga PersefonePersephone tidak merasa kesepian.
 
SepertiSama halnyaseperti Artemis dan Selene, HekateHecate juga adalahmerupakan dewi bulan, namun dia adalah dewi yang diasosiasikan dengan sisi gelap bulan.
 
HekateHecate juga dikaitkan dengan Ifigeneia, putriputeri Agamemnon dan KlitaimnestraClytaimnestra. Dalam ''Katalog Para Wanita'', HesiodosHesiod menyatakanmenceritakan bahwa ketikasemasa orang Yunani mengurbankanmengorbankan Ifigeneia, Artemis mengubahnya menjadi dewi HekateHecate.
 
Hekate juga adalah dewi ilmu sihir. Penyihir terkenal, Medeia, adalahmerupakan salah satu pendeta di kuil HekateHecate di KolkhisColchis. DalamSemasa perang melawan para Raksasa''Gigantomachy'', HekateHecate membunuh Raksasaraksasa KlitiosClitius dengan obornya.
 
Berdasarkan sejarawan asal Sisilia,Sicilia iaitu DiodorosDiodorus SikolosSiculus, dalam tulisannnyatulisannya mengenai IasonJason dan para Argonaut, HekateHecate bukanlah seorang dewi, melainkannamun dia seorang penyihir di Tauris, dan merupakan cucu Helios. HekateHecate terkenal atas kekejamannya, dia meracunimembunuh ayahnya dengan meracuninya dan menikahi pamannyaayah saudaranya, AietesAeëtes, raja KolkhisColchis. HekateHasil pernikahannya, Hecate menjadi ibu Kirke dan Medeia. Sebagai pendeta tinggi Artemis di Tauris, HekateHecate memiimpinmemimpin pengurbananritual semuapengorbanan orang singasing yang datang ke KolkhisColchis.
{{MY-Minor 2}}
{{Dunia Bawah}}
190

suntingan

Menu navigasi