Mitologi Yunani/Dewa Minor/Eileithyia: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
tidak ada ringkasan suntingan
kTidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
[[Berkas:Amphora birth Athena Louvre F32.jpg|250px|jmpl|ka|Eileithyia (kanan) pada lukisan guci]]
'''Eileithyia''' adalahmerupakan dewi kelahiran. Dia adalah putriputeri Zeus dan Hera. Dia merupakandan saudari kepada Ares, Enyo dan Hebe, dan kemungkinan Eris. Eileithyia juga adalah pelindung para bidan.
 
Eileithyia melakukan tugasnya di bawah perintah ibunya, Hera. KetikaSemasa Leto sedang mengandunghamil anak Zeus, Apollo dan Artemis, Hera menyiksamenyeksa TitanTitaness itu. KarenHera merupakanmelarang anakEileithyia perempuanuntuk Heramembantu Leto dan kerana itu, Eileithyiasang tidakTitaness diperbolehkanmengalami membantukesakitan Letoyang melahirkanteramat. Walau bagaimanapun, Artemis berhasil terlahirdilahirlan lebihdahulu dulu.dan Tidaktidak sampai sehari kemudian, Artemis membantu ibunya melahirkan Apollo.
 
Eileithyia juga menghambarmelambatkan proses kelahiran HeraklesHeracles, supaya sepupu Herakles,Heracles yaituiaitu Eristheus,Euristheus yang menjadi raja dan bukan HeraklesHeracles. AlkmeneAlcmene dan HerakelsHeracels bisa sajaakan mati kalau sajasekiranya bidan AlkmeneAlcmene tidak memperdayai Eileithyia.
 
Menurut seorang penyair bernama Olen, Eileithyia adalahmerupakan ibu kepada Eros, dewa dan personifikasi cinta.
 
Eileithyia adlahadalah dewadewi pra-Hellen yang terkenal, di Kretapulau Crete selamasemasa periode Minos dan Mykenai,Mykenae. tempatDi sana, banyak ditemukannyaditemukan tempat suakapemujaan Eileithyiauntuknya. PemujaannyaPemujaan adaEileithya telah wujud sejak periode Minos Pertengahan (2000-1700 SM). Namanya ditemukan dalam lembaran Linear B Zaman PerungguGangsa, yangdi mana dianamanya disebut Eleuthia (E-RE-U-TI-JA). Di Yunanitanah daratanbesar Yunani, dia paling banyak disembah di Lakonia.
 
Setelah invasi Doria, Eileithyia tidak banyak berperanberperanan dalam mitologi, dan sebagiansebahagian besar perannyaperanannya diambil alih oleh Artemis.
 
{{MY-Minor}}
190

suntingan

Menu navigasi