Mitologi Yunani/Dewa Minor/Eris: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
[[Berkas:Eris Antikensammlung Berlin F1775.jpg|250px|jmpl|ka|Eris]]
'''Eris''' adalahmerupakan dewi pertikaian dan perbalahan. Dia adalah putriputeri Zeus dan Hera, atauakan mungkintetapi putriada Niks.yang Diamenyebut Eris adalah puteri Nyx namun dia sering disebutdikatakan sebagai saudari Ares, dewa perang. Dalam mitologi Romawi, dia dikenaldikenali sebagai Discordia.
 
Eris adalahmenjadi ibu Atekepada (dawaAtë, pertentangandewa dan kebodohan)personafikasi darikehancuran hubungannyadan dengankebodahan Zeus.dan ErisHorkos, jugadewa adalahdan ibupersonafikasi Horkos ("sumpah, palsu").hasil Dalamdaripada ''Theogonia'',hubungannya diceritakandengan bahwaZeus. Menurut Hesiod, Eris melahirkan beberapa anak yang melambangkan sifat dan personafikasi yang buruk, misalnyaiaitu Pertempuran,''Dysnomia'' Perselisihan,(pelanggaran Kelaparanhukum), Perkelahian''Lethe'' (Kelalaian), Kekacauan''Ponos'' (kesusahan), Kebohongan''Limos'' (kelaparan), Pembantaian''Algea'' (kesakitan), Pembunuhan''Hyminai'' (pertarungan), Keributan''Makhai'' (pertempuran), Kehancuran''Androktasia'' (pembantaian), Kesedihan''Phonoi'' (pembunuhan), ''Neikea'' (perselisihan), ''Psedologoi'' (pembohongan) dan Kesusahan''Amphilogia'' (perbalahan).
 
Eris lebih dikenaldikenali sebagai personifikasi sajasahaja. Walaupun begitu, meskipun dia pernah juga muncul dalam suatu cerita, yaitu sebagai pemicupenyebab terjadinyatercetusnya Perang TroyaTrojan.
 
Karena dikhawatirkan bahwa Eris akantidak mengganggudiundang ke acaramajlis pernikahan Peleus dan Thetis, kerana dikhuatiri dia punakan tidakmenganggu diundangketenteraman dan akan menyebabkan pergaduhan. Oleh kerana itu, Eris berasa kecewa dan marah dan sebagai balasannya, dia melempar sebuahsebiji apelepal emas ke tengah-tengah para tamu. ApelEpal itu bertuliskan "Untuk Yang Tercantik." TigaMaka orangdatanglah tiga dewi yang jelita mengklaim sebagai pemiliki apelepal itu,. merekaKetiga-tiga dewi itu adalah Hera, Athena, dan AfroditAphrodite. Mereka pun berdebat mengenai siapa yang lebih berhak memperoleh apelepal itu.
 
Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Zeus memerintahkan mereka mendatangimenemui seorang pangeran TroyaTrojan bernaamiaitu Paris dan memintanya untuk memutuskanmenentukan pemilik epal emas tersebut. Paris dengan bodohnya menghadiahkan apelepal itu untukkepada AfroditAphrodite, yang sebelumnya sang dewi telah berjanji akan memberinya perempuanwanita yang tercantik tercantik di dunia, iaitu Helene, ratu Sparta.
 
Peristiwa ini dikenaldikenali sebagai Keputusan parisParis. Akibat dari peristiwa iniinilah, berujungtercetusnya padaperang peperanganyang antaramengakibat Yunaniramai danpahlawan Troya,terkorban yakni perang Trojan dan padadiakhiri akhirnyadengan membuatkejatuhan Gtroyakota hancurTroy.
 
{{MY-Minor}}
190

suntingan

Menu navigasi