Mitologi Yunani/Dunia Bawah/Hekate: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
k
←Suntingan Koresy Mueller (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh Alagos
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k (←Suntingan Koresy Mueller (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh Alagos)
[[Berkas:Hecate.jpg|200px|thumb|right|Tiga HecateHekate.]]
Hekate adalah putri Perses atau Persaios dengan Asteria, keduanya merupakan keturunan para Titan. Dia juga disebut sebagai putri Demeter.
'''Hecate''' merupakan puteri kepada Titan [[Mitologi Yunani/Titan/Perses|Perses]] dengan Titaness Asteria. Ada pendapat yang menyebut bahawa orang tua Hecate adalah Demeter.
 
Dalam ''Theogony'', HesiodHesiodos berulang kalikalu mengatakanmenyatakan bahawadalam Hecate''Theogonia''nya sangat dihormati olehbahwa Zeus, rajasangat paramenghormati dewaHekate. HecateHekate akandapat melimpahkan kekayaan kepadakekayaankepada sesiapasiapa sahajasaja yang berdoa dan melakukanberkurban korban kepadanyapadanya. DiaHekate memiliki bahagianbagian kekayaan di OlympusOlimpus, di bumi, malahandan di Duniadunia Bawahbawah. OlehIni keranakarena inilah, Hecatedia merupakanadalah dewi bulan, dewi bumi (kesuburan), dan sekaligus juga dewi Duniadunia Bawahbawah.
 
HecateHekate kadangkalakadang disamakan dengan dengan RheaRea, Demeter dan DemeterPersefone sebagai dewi bumi dan dewi kesuburan. Selain itu, dia juga kekadangkadang disamakan dengan PersephonePersefone sebagai dewi Duniadunia Bawahbawah. DiaHekate merupakanadalah dewi malam dan dikenalidikenal sebagai dewi yang tidaktak terlihat, dan sang dewiyang ditemani oleh anjing-anjing Nerakaneraka. SelepasKetika PersephonePersefone diculik, HecateHekate mencubamencoba menghibur Demeter yang sedang berduka. HecateHekate memberitahu Demeter bahawabahwa dia mendengar tangisan PersephonePersefone namun tidak mengenali penculiknya. DiaAdalah Hekate yang menyarankan supaya Demeter bertanyakanbertanya kepadapada Helios, dewa matahari, yang melihat segalanya di atas muka bumi. Di kemudian hari, apabilaketika PersephonePersefone tinggal bersama Hades selama setengah tahun setiap tahun di Duniadunia Bawahbawah, HecateHekate menjadi sahabatnyakawannya sehingga PersephonePersefone tidak merasa kesepian.
 
SamaSeperti sepertihalnya Artemis dan Selene, HecateHekate juga merupakanadalah dewi bulan, namun dia adalah dewi yang diasosiasikan dengan sisi gelap bulan.
 
HecateHekate juga dikaitkan dengan Ifigeneia, puteriputri Agamemnon dan ClytaimnestraKlitaimnestra. Dalam ''Katalog Para Wanita'', HesiodHesiodos menceritakanmenyatakan semasabahwa ketika orang Yunani mengorbankanmengurbankan Ifigeneia, Artemis mengubahnya menjadi dewi HecateHekate.
 
HecateHekate juga adalah dewi ilmu sihir. Penyihir terkenal, Medeia, merupakanadalah salah satu pendeta di kuil HecateHekate di ColchisKolkhis. SemasaDalam perang melawan para ''Gigantomachy''Raksasa, HecateHekate membunuh raksasaRaksasa ClitiusKlitios dengan obornya.
 
Berdasarkan sejarawan asal Sicilia iaituSisilia, DiodorusDiodoros SiculusSikolos, dalam tulisannyatulisannnya mengenai JasonIason dan para Argonaut, HecateHekate bukanlah seorang dewi, namun diamelainkan seorang penyihir di Tauris, dan merupakan cucu Helios. HecateHekate terkenal atas kekejamannya, dia membunuhmeracuni ayahnya dengan meracuninya dan menikahi ayah saudaranyapamannya, Aeëtes,Aietes raja ColchisKolkhis. Hasil pernikahannya, HecateHekate menjadi ibu Kirke dan Medeia. Sebagai pendeta tinggi Artemis di Tauris, Hecate memimpin ritualHekate pengorbananmemiimpin manusiapengurbanan iaitusemua orang asingsing yang datang ke ColchisKolkhis.
{{MY-Minor 2}}
{{Dunia Bawah}}
13.687

suntingan

Menu navigasi