Mitologi Yunani/Dewa Awal/Niks: Perbedaan antara revisi

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: perubahan_terbaru Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:William-Adolphe Bouguereau (1825-1905) - La Nuit (1883).jpg|200px|right|thumb|Niks.]]
[[Berkas:William-Adolphe Bouguereau (1825-1905) - La Nuit (1883).jpg|200px|right|thumb|Nyx]]
'''Niks''' adalah dewi malam. Niks dikenal oleh orang Romawi sebagai Nox, dan kadang hanya sebagai malam. Niks lahir bersama dengan [[Erebos]], [[Gaia]], [[Tartaros]], dan [[Eros]] (cinta), dari [[Mitologi Yunani/Khaos|Khaos]]. Niks bercinta dengan saudaranya Erebos dan melahirkan [[Aither]] (atmosfer) dan Hemera (siang).
'''Nyx''' adalah dewi malam. Dia dikenali oleh orang Romawi sebagai Nox, dan kadangkala hanya sebagai malam. Nyx dilahirkan bersama-sama [[Erebos|Erebus]], [[Gaia]], [[Tartaros|Tartarus]], dan [[Eros]] (cinta) oleh [[Mitologi Yunani/Khaos|Chaos]]. Nyx berhubungan seksual dengan saudaranya Erebus dan kemudiannya melahirkan [[Aither|Aether]] (atmosfera) dan Hemera (siang).


Niks juga merupakan ibu Moros (malapetaka), Thanatos (maut), Hipnos (tidur), Kharon, Nemesis (pembalasan), dan Moirai (takdir). Niks kemungkinan merupakan ibu Eris (pertikaian) dan Hesperides. Anak-anaknya yang lain kebanyakan adalah personifikasi abstrak: Apate (penipuan), Geras (masa tua), Keres (kehancuran), Momos (kesalahan), Oizos (misteri), dan Filotes (kelembutan). Sebagian besar anak-anaknya tinggal di [[Mitologi Yunani/Dunia Bawah|Dunia Bawah]].
Nyx juga merupakan ibu Moros (malapetaka), Thanatos (kematian), Hypnos (tidur), Charon, Nemesis (pembalasan), dan Moirai (takdir). Nyx kemungkinan adalah ibu kepada Eris (pertikaian) dan Hesperides. Anak-anaknya yang lain kebanyakan adalah personifikasi abstrak antaranya Apate (penipuan), Geras (masa tua), Keres (kehancuran), Momus (kesalahan), Oizys (misteri), dan Philotes (kelembutan). Sebahagian besar anak-anaknya tinggal di [[Mitologi Yunani/Dunia Bawah|Dunia Bawah]].


Niks kadang digambarkan sebagai seorang dewi bersayap. Sayapnya hitam atau suram, dan dia disebut "malam yang cepat". Dia dikatakan tinggal di Dunia Bawah pada siang hari, dan hanya datang ke bumi mulai dari senja hari sampai pagi hari.
Nyx kekadang digambarkan sebagai seorang dewi yang bersayap. Sayapnya hitam atau suram, dan dia disebut "malam yang cepat". Dia dikatakan tinggal di Dunia Bawah pada siang hari, dan hanya datang ke bumi mulai dari senja sehingga pagi.


Dalam Iliad, Homeros menyebutkan bahwa satu-satunya dewi yang ditakuti oleh Zeus adalah Niks.
Menurut Iliad, Homer menyebutkan bahwa satu-satunya dewi yang sangat ditakuti oleh Zeus adalah Nyx


Dalam mitos Orfik, Niks adalah putri Protogonos atau Fanes, dewa pertama, yang melahirkannya tanpa pasangan. Protogonos memiliki alat kelamin jantan dan betina sekaligus, sehingga dia dapat melahirkan Niks tanpa pasangan. Niks lalu bercinta dengan Fanes dan mealhirkan [[Uranus]] (langit) dan Gaia (bumi).
Dalam mitos Orphic, Nyx adalah puteri kepada Protogonos, dewa pertama, yang melahirkannya tanpa pasangan. Protogonos memiliki alat kelamin jantan dan betina sekaligus, sehingga dia dapat melahirkan Nyx tanpa pasangan. Nyx lalu bercinta dengan Phanes dan kemudiannya melahirkan [[Uranus|Ouranos]] (langit) dan Gaia (bumi).


Begitu lahir, Niks berkuasa bersama ayah sekaligus suaminya, sampai Fanes memberikan kuasa penuh atas bumi dan langit kepada Niks. Lalu, Niks menyerahkan kekuasaan kepada putranya, Uranus. Meskipun menyerahkan kekuasaannya, Niks memberikan nasehat kepada Uranus mengenai pergantian kekuasaan yang akan terjadi, yaitu Uranus, [[Kronos]], dan [[Zeus]]. Nampaknya mitos Orfik menjadikan Niks sebagai pengganti peran Gaia dari mitos versi Hesiod, karena dalam mitos Orfik, yang memiliki kemampuan meramal adalah Niks, bukan Gaia.
Begitu lahir, Nyx berkuasa bersama ayah yang juga suaminya sehingga Phanes memberi kekuasa yang penuh ke atas alam semesta kepada Nyx. Selepas itu, Nyx menyerahkan kekuasaannya kepada putranya, Ouranos. Meskipun dia menyerahkan kekuasaannya, Nyx memberikan nasehat kepada Ouranos mengenai penggantian kuasa yang akan terjadi iaitu Ouranos, [[Kronos|Cronus]], dan [[Zeus]]. Nampaknya mitos Orphic menjadikan Nyx sebagai pengganti peranan Gaia dalam mitos versi Hesiod, karena menurut mitos Orphic, yang Nyxlah yang memiliki kemampuan meramal bukannya Gaia.
{{Protogenoi}}
{{Protogenoi}}



Revisi per 1 September 2016 11.40

Nyx

Nyx adalah dewi malam. Dia dikenali oleh orang Romawi sebagai Nox, dan kadangkala hanya sebagai malam. Nyx dilahirkan bersama-sama Erebus, Gaia, Tartarus, dan Eros (cinta) oleh Chaos. Nyx berhubungan seksual dengan saudaranya Erebus dan kemudiannya melahirkan Aether (atmosfera) dan Hemera (siang).

Nyx juga merupakan ibu Moros (malapetaka), Thanatos (kematian), Hypnos (tidur), Charon, Nemesis (pembalasan), dan Moirai (takdir). Nyx kemungkinan adalah ibu kepada Eris (pertikaian) dan Hesperides. Anak-anaknya yang lain kebanyakan adalah personifikasi abstrak antaranya Apate (penipuan), Geras (masa tua), Keres (kehancuran), Momus (kesalahan), Oizys (misteri), dan Philotes (kelembutan). Sebahagian besar anak-anaknya tinggal di Dunia Bawah.

Nyx kekadang digambarkan sebagai seorang dewi yang bersayap. Sayapnya hitam atau suram, dan dia disebut "malam yang cepat". Dia dikatakan tinggal di Dunia Bawah pada siang hari, dan hanya datang ke bumi mulai dari senja sehingga pagi.

Menurut Iliad, Homer menyebutkan bahwa satu-satunya dewi yang sangat ditakuti oleh Zeus adalah Nyx

Dalam mitos Orphic, Nyx adalah puteri kepada Protogonos, dewa pertama, yang melahirkannya tanpa pasangan. Protogonos memiliki alat kelamin jantan dan betina sekaligus, sehingga dia dapat melahirkan Nyx tanpa pasangan. Nyx lalu bercinta dengan Phanes dan kemudiannya melahirkan Ouranos (langit) dan Gaia (bumi).

Begitu lahir, Nyx berkuasa bersama ayah yang juga suaminya sehingga Phanes memberi kekuasa yang penuh ke atas alam semesta kepada Nyx. Selepas itu, Nyx menyerahkan kekuasaannya kepada putranya, Ouranos. Meskipun dia menyerahkan kekuasaannya, Nyx memberikan nasehat kepada Ouranos mengenai penggantian kuasa yang akan terjadi iaitu Ouranos, Cronus, dan Zeus. Nampaknya mitos Orphic menjadikan Nyx sebagai pengganti peranan Gaia dalam mitos versi Hesiod, karena menurut mitos Orphic, yang Nyxlah yang memiliki kemampuan meramal bukannya Gaia.