Mitologi Yunani/Titan: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tidak ada perubahan ukuran ,  5 tahun yang lalu
k
→‎Generasi kedua: clean up using AWB
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k (→‎Generasi kedua: clean up using AWB)
== Generasi kedua ==
[[Berkas:Titanen Atlas, Nordisk familjebok.png|200px|thumb|right|Atlas, yang merupakan salah satu Titan generasi kedua yang paling terkenal, digambarkan sedang memikul bola langit]]
Titan generasi kedua adalah para Titan muda yang merupakan anak-anak kepada para Titan generasi pertama. Sungguhpun begitu, tidak ada pengkelompokan yang pasti untuk Titan generasi kedua. Ini disebabkan kebanyakan dewa merupakan yang merupakan keturunan para Titan generasi pertama namun tidak dianggap sebagai Titan. Zeus dan kelima saudaranya merupakan anak-anak Titan Cronos dan Rhea, namun mereka dipanggil para Olympians dan tidak disebut sebagai Titan generasi kedua. Titan Oceanus yang memiliki ramai anak iaitu tiga ribu dewa sungai dan tiga ribu nimfa Oceanid, dan kesemuanya tidak disebut sebagai Titan, dengan kemungkinan pengecualian bagi Oceanid Styx dan Metis, mereka berdua dianggap sebagai Oceanid sekaligus sebagai Titan.
 
Terdepat beberapa versi yang menyebut bahwa Helios dan saudari-saudarinya merupakan Titan, dan ada pula yang mengatakan sebaliknya. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa Hecate, putri Titan Perses dan Asteria, adalah Titaness. Jikalau begitu, berarti Hecate merupakan Titan generasi ketiga. Daftar di bawah ini menunjukkan para dewa yang menurut sebagian besar pendapat merupakan Titan generasi kedua.
</div>
{{Mitologi Yunani}}
 
[[kategoriKategori:Mitologi Yunani]]
1.195

suntingan

Menu navigasi