Bahasa Indonesia/Kalimat Berita: Perbedaan antara revisi

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: perubahan_terbaru
Baris 1: Baris 1:
'''Kalimat berita''' merupakan kalimat yag memberikan atau memaparkan sebuah kejadian/ peristiwa. Arti Kalimat berita adalah kalimat yang isinya mengungkapkan peristiwa atau kejadian. Anda dapat menggunakan intonasi untuk membedakan kalimat berita dengan kalimat lain. Intonasi kalimat berita bersifat netral. Isinya berupa pemberitahuan. Bentuk kalimat berita dimulai dengan huruf besar, dan diakhiri dengan tanda titik.
'''Kalimat berita''' merupakan kalimat yang memberikan atau memaparkan sebuah kejadian/ peristiwa. Arti Kalimat berita adalah kalimat yang isinya mengungkapkan peristiwa atau kejadian. Anda dapat menggunakan intonasi untuk membedakan kalimat berita dengan kalimat lain. Intonasi kalimat berita bersifat netral. Isinya berupa pemberitahuan. Bentuk kalimat berita dimulai dengan huruf besar, dan diakhiri dengan tanda titik.


Contoh:
Contoh:

Revisi per 22 Oktober 2018 01.13

Kalimat berita merupakan kalimat yang memberikan atau memaparkan sebuah kejadian/ peristiwa. Arti Kalimat berita adalah kalimat yang isinya mengungkapkan peristiwa atau kejadian. Anda dapat menggunakan intonasi untuk membedakan kalimat berita dengan kalimat lain. Intonasi kalimat berita bersifat netral. Isinya berupa pemberitahuan. Bentuk kalimat berita dimulai dengan huruf besar, dan diakhiri dengan tanda titik.

Contoh:

  1. Hampir saja dia tadi terjatuh.
  2. Presiden SBY siap melakukan pertemua dengan Megawati.
  3. Jusuf Kala bertemu dengan Megawati.
  4. Tumpahan minyak menimbulkan pencemaran lingkungan.
  5. Andi gemar olahraga sepeda gunung.
  6. Sita murid terpandai di kelasnya.
  7. Di tingkat nasional maupun internasional, Indonesia diminta untuk mengambil langkah-langkah penanganan keselamatan jalan secara komprehensif.
  8. Budaya sains perlu ditumbuhkan.
  9. Andini belajar setiap hari.
  10. Pesawat terbang presiden dirancang secara khusus.