Kubah masjid: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
22 bita ditambahkan ,  2 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: perubahan_terbaru
Kubah merupakan salah satu ciri khas bangunan masjid. Meskipun tidak ada keharusan menggunakan kubah untuk bangunan masjid, namun seakan sudah menjadi satu kelaziman di kalangan umum bahwa membangun masjid harus dilengkapi dengan kubah. Di sisi lain, orang yang berada dalam perjalanan dan hendak ke masjid, biasanya menggunakan kubah sebagai acuan pencarian. Bangunan masjid berkubah memberikan dan memancarkan kesan megah dan indah. Selain itu kubah juga berfungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar dan reflektor cahanya untuk menerangi bagian dalam masjid.
 
[https://pesankubahmasjidwiraarsitek.idnet/produsen-kubah-masjid/ Kubah panel] adalah salah satu kubah alternatif yang saat ini lagi trend, disamping karena bentuk kotak atau belah ketupat yang menyusun bangunan kubahnya, kubah panel memiliki paduan motif warna yang sangat atraktif yang menambah nilai estetik dari kubah itu sendiri.
 
Ada dua macam bahan dasar yang biasanya digunakan untuk pembuatan [https://pesankubahmasjidwiraarsitek.idnet/karyaharga-kamikubah-masjid/ kubah masjid Panel] yaitu plat Zincalume atau juga disebut galvalum dan plat baja low carbon yang dilapisi dengan enamel yang kemudian orang sering menyebutnya sebagai [https://pesankubahmasjidwiraarsitek.idnet/kontraktor-kubah-masjid-enamel/ Kubah Enamel]. Zincalume/Galvalume merupakan logam campuran antara seng dan alumunium yang ringan dan tahan karat. Sedangkan enamel adalah bahan yang terbuat dari paduan kaca (Silica) yang dileburkan (to smelt) diatas lempengan besi-baja bermutu tinggi pada sebuah oven dengan temperatur tinggi, kemudian mengurai hingga menyatu dan menjadi keras. Kelebihan Kubah dengan lapisan enamel adalah ketajaman dan kecerahan warna yang tahan lama bahkan sampai 20 tahun.
 
Kelebihan - kelebihan kubah panel dibandingkan kubah lain adalah
Pengguna anonim

Menu navigasi