Wikibuku:Bak pasir: Perbedaan antara revisi

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Rahmat Alie (bicara | kontrib)
Tag: Dikembalikan
Rahmat Alie (bicara | kontrib)
Tag: Dikembalikan
Baris 43: Baris 43:
Untuk mengunduh dokumen dari Google Docs caranya sangat mudah, buka dokumen yang akan diunduh ke komputer > pilih menu '''File''' > pilih '''Download''' pada menu drop-down yang muncul. Selanjutnya pilih format teks yang diinginkan.
Untuk mengunduh dokumen dari Google Docs caranya sangat mudah, buka dokumen yang akan diunduh ke komputer > pilih menu '''File''' > pilih '''Download''' pada menu drop-down yang muncul. Selanjutnya pilih format teks yang diinginkan.


--[[Pengguna:Rahmat Alie|Rahmat Alie]] ([[Pembicaraan Pengguna:Rahmat Alie|bicara]]) 5 November 2020 14.51 (UTC)Rahmat Alie [https://www.angops.com/2020/11/cara-menggunakan-google-docs.html Cara Menggunakan Google Docs, Tutorial Basik plus Tips.]
5 November 2020 14.51 (UTC)Rahmat Alie [https://www.angops.com/2020/11/cara-menggunakan-google-docs.html Cara Menggunakan Google Docs, Tutorial Basik plus Tips.]

Revisi per 7 November 2020 10.51

Google Docs

Google Docs adalah alat pengolah kata milik Google yang bisa menjadi alternatif utama untuk Microsoft Word. Hampir semua fitur yang ada dipengolah teks tradisional dimiliki juga oleh Google Docs, membuat dokumen baru, mengeditnya, dan bahkan membagikan dokumen ke banyak orang yang diinginkan.

Awal dikenalkan ke publik pada 9 Maret 2006 setelah Writley di akuisisi oleh Google, selanjutnya Google Docs menjadi aplikasi pengolah kata gratis dan bisa digunakan oleh banyak orang. Dengan berbagai fitur canggih Google Docs saat ini dapat menjadi saingan utama Microsoft Word, pengguna juga tidak perlu mengistal program ke dekstop karena Google Docs berbasis web. Dapat diakses menggunakan komputer manapun dengan catatan terkoneksi internet, sehingga lebih mudah dan simpel.

Google Docs juga menawarkan penyimpanan berbasis cloud yang terhubung dengan akun Google Drive, setiap dokumen akan langsung tersimpan secara otomatis setelah beberapa detik selesai dikerjakan. Pengguna tidak perlu kawatir kehilangan data atau tulisan yang baru ditambahkan ke dokumen mereka.

Fitur Google Docs

  1. Pemformatan teks.
  2. Mendukung pengeditan dokumen, bahkan dari Ms. Word.
  3. Kemampuan untuk menyisipkan gambar dan media lain ke dokumen.
  4. Dapat diedit secara kolaboratif dengan pengguna lain yang diijinkan.
  5. Mendukung penggunaan berbagai macam templat.
  6. Penyimpanan berbasis awan.

Format Teks yang didukung Google Docs

Google Docs sebagai alat pengolah teks mendukung banyak format yang dapat dibuat dan diedit didalamnya;

  • .doc
  • .docx
  • .docm
  • .dot
  • .dotx
  • .dotm
  • .html
  • .txt
  • .rtf
  • .odt

Cara Menggunakan Google Docs

Pengguna yang sebelumnya telah terbiasa dengan pengolah kata tradisional Ms Word akan sangat mudah menyesuaikan diri saat menggunakan Google Docs. Itu karena tampilan dan semua fitur Google Docs sangat mirip dengan Ms Word, namun untuk pengguna yang tidak memiliki pengalaman dengan pengolah teks lain juga tidak terlalu kesulitan untuk memulai Google Docs. Antar muka yang sederhana dibuat agar Google Docs mudah digunakan oleh siapapun, ikon untuk setiap fitur juga dapat membantu pengguna untuk mengerjakan dokumen dengan lebih mudah.

Membuat Dokumen Baru di Google Docs

Untuk membuat dokumen baru di Google Doc, pengguna harus login dengan akun Google atau Gmail. Kunjungi laman Google Docs di https://docs.google.com/document/u/0/. Klik ikon kertas dengan lambang Plus (+) warna-warni untuk membuat dokumen baru.

Mengunduh Dokumen dari Google Docs

Untuk mengunduh dokumen dari Google Docs caranya sangat mudah, buka dokumen yang akan diunduh ke komputer > pilih menu File > pilih Download pada menu drop-down yang muncul. Selanjutnya pilih format teks yang diinginkan.

5 November 2020 14.51 (UTC)Rahmat Alie Cara Menggunakan Google Docs, Tutorial Basik plus Tips.