Panduan LaTeX/Pengenalan: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
9.352 bita ditambahkan ,  1 tahun yang lalu
Revert to revision 57973 dated 2016-10-04 04:43:11 by Hidayatsrf using popups
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler perubahan_terbaru
(Revert to revision 57973 dated 2016-10-04 04:43:11 by Hidayatsrf using popups)
 
 
Jika distribusi Anda tidak memiliki paket TeX Live, Anda harus melaporkan keinginan di sistem pelacakan bug. Dalam kasus terburuk Anda harus [http://www.tug.org/texlive/acquire.html Download TeX Live] diri sendiri dan menjalankan installer sendiri. Hal ini tidak sulit, tetapi membutuhkan bahwa Anda tahu bagaimana menggunakan konsol dan membuat beberapa pilihan selama instalasi.
 
==== Mac OS ====
 
* Download MacTeX.mpkg.zip pada halaman [http://www.tug.org/mactex/ MacTeX], unzip dan ikuti petunjuk.
 
=== Mendapatkan editor teks ===
 
Anda juga perlu editor teks untuk menulis kode LaTeX. Anda harus menggunakan editor teks (misalnya Notepad), bukan pengolah kata (Word, OpenOffice). Dedicated LaTeX editor lebih berguna daripada editor teks biasa, karena mereka biasanya memiliki autocompletion pengecekan perintah, ejaan dan kesalahan dan macro berguna.
 
==== TeXworks ====
 
[http://www.tug.org/texworks/ TeXworks] adalah editor TeX khusus yang termasuk dalam MikTex dan TeX Live. Ini dikembangkan dengan gagasan bahwa antarmuka yang sederhana adalah lebih baik daripada yang berantakan, dan dengan demikian untuk memudahkan orang dalam hari-hari awal mereka dengan LaTeX untuk mendapatkan apa yang mereka ingin lakukan: menulis dokumen mereka. TeXworks awalnya muncul justru karena seorang profesor matematika ingin murid-muridnya untuk memiliki pengalaman awal yang lebih baik dengan LaTeX.
 
Anda dapat menginstal TeXworks dengan manajer paket dari distribusi Linux anda atau memilih sebagai pilihan install di installer Windows atau Mac.
 
==== LyX ====
 
[http://www.lyx.org/~~V LyX] adalah editor LaTeX populer untuk Windows, Linux dan Mac OS. Ini berisi editor rumus dan tabel dan menunjukkan petunjuk visual dari dokumen akhir pada layar yang memungkinkan pengguna untuk menulis dokumen LaTeX tanpa khawatir tentang sintaks yang sebenarnya.
 
==== Kile ====
 
[http://kile.sourceforge.net/ Kile] adalah editor LaTeX untuk [http://en.wikipedia.org/wiki/KDE_Software_Compilation_4 KDE] (cross platform), memberikan GUI yang kuat untuk mengedit beberapa dokumen dan kompilasi mereka dengan banyak kompiler TeX berbeda. Kile didasarkan pada Kate editor, memiliki toolbar akses cepat untuk simbol, document viewer struktur, konsol dan pilihan membangun disesuaikan. Kile dapat dijalankan di semua sistem operasi yang dapat menjalankan KDE.
 
==== TeXmaker ====
 
[http://www.xm1math.net/texmaker/ TeXmaker] adalah editor lintas platform yang sangat mirip dengan Kile dalam fitur dan user interface. Selain itu ia memiliki penampil PDF nya sendiri.
 
==== TeXstudio ====
 
[http://texstudio.sourceforge.net/ TeXstudio] adalah cross-platform sumber LaTeX editor yang terbuka dengan antarmuka yang mirip dengan Texmaker.
 
==== TeXnicCenter ====
 
[http://www.texniccenter.org/~~V TeXnicCenter] adalah gratis dan terbuka populer sumber LaTeX editor untuk Windows. Ini juga memiliki antarmuka pengguna yang mirip dengan TeXmaker dan Kile.
 
==== WinEdt ====
 
[http://www.winedt.com/ WinEdt] adalah editor teks yang kuat dan serbaguna dengan kecenderungan yang kuat terhadap penciptaan LaTeX / TeX dokumen untuk Windows. Telah dirancang dan dikonfigurasi untuk mengintegrasikan dengan Sistem TeX seperti MiTeX atau TeX Live. Built-in makro Its membantu dalam menyusun sumber LaTeX ke WYSIWYG seperti DVI atau PDF atau PS dan juga dalam mengekspor dokumen ke lain bahasa mark-up sebagai html atau XML.
 
==== BaKoMa TeX ====
 
[http://bakoma-tex.com/menu/about.php BaKoMa TeX] adalah editor untuk Windows dan Mac OS dengan WYSIWYG seperti fitur. Dibutuhkan perawatan kompilasi sumber LaTeX dan memperbarui terus-menerus untuk melihat perubahan pada dokumen hampir secara real time.
 
====TeXShop ====
 
[http://en.wikipedia.org/wiki/TeXShop TeXShop] adalah editor TeXworks seperti untuk Mac OS.
 
==== Gedit-plugin-lateks ====
 
Gedit dengan [http://www.michaels-website.de/gedit-latex-plugin/ gedit-plugin-lateks] juga perlu mencoba untuk pengguna GNOME. Gedit adalah aplikasi cross-platform untuk Windows, Mac, dan Linux
 
==== Gummi ====
 
[http://gummi.midnightcoding.org/~~V Gummi] adalah editor LaTeX untuk Linux, yang mengkompilasi output dari pdflatex secara realtime dan menunjukkan di kanan setengah dari layar.
 
==== Emacs ====
 
[http://www.gnu.org/software/emacs Emacs] adalah teks tujuan sistem pengolahan umumnya. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan AUCTeX dan Reftex (ekstensi yang dapat diinstal ke dalam program Emacs), Emacs menyediakan lingkungan pengeditan LaTeX lengkap lengkap dengan tabel melihat isinya, preview dokumen dan banyak fitur lainnya. Emacs adalah sistem editing yang sangat matang dengan satu set unik perintah keyboard.
 
==== Vim ====
[[W: Vim|Vim]] merupakan editor teks tujuan umum untuk berbagai macam platform termasuk UNIX, Mac OS X dan Windows. Berbagai ekstensi ada termasuk [http://www.vim.org/scripts/script.php?script_id=3109 Kotak LaTeX] dan Vim-LaTeX.
 
==== LaTeXila ====
 
[http://latexila.sourceforge.net/ LaTeXila] adalah editor teks lain untuk Linux (Gnome).
 
=== Pemirsa ===
 
Akhirnya, Anda akan memerlukan penampil untuk output LaTeX file. Biasanya LaTeX menyimpan dokumen akhir sebagai sebuah <tt>dvi.</Tt> (Device format file independen), tetapi Anda akan jarang inginkan. File DVI tidak mengandung font tertanam dan pemirsa dokumen banyak tidak dapat membukanya.
 
Biasanya Anda akan menggunakan compiler LaTeX seperti <tt>pdflatex</tt> untuk menghasilkan file PDF secara langsung, atau alat seperti <tt>dvi2pdf</tt> untuk mengkonversi file DVI ke format PDF. Kemudian Anda dapat melihat hasilnya dengan pilihan Anda penampil PDF (Adobe Reader, Okular, Evince, Sumatera, Foxit).
 
Hampir semua distribusi LaTeX memiliki penampil DVI untuk melihat output default <tt> lateks </tt>, dan juga alat-alat seperti <tt> dvi2pdf </tt> untuk mengkonversi hasilnya secara otomatis ke format PDF dan PS.
 
===Aplikasi dalam distribusi ===
 
Berikut adalah program utama yang Anda harapkan untuk menemukan di setiap distribusi LaTeX:
 
* <tt> Lateks </tt> compiler membaca file LaTeX<tt>.Tex</tt> dan menciptakan sebuah <tt> dvi. </tt>
* <tt> Pdflatex </tt> compiler membaca LaTeX<tt>.tex</tt> file. Menciptakan sebuah <tt>. Pdf </tt>
* <tt> Dvi2ps </tt> mengkonversi file <tt>.dvi</tt> ke <tt>.Ps</tt> (postscript).
* <tt> Dvi2pdf </tt> mengkonversi file <tt>.dvi</tt> ke <tt>.Pdf</tt> (<tt> dvi2pdfm </tt> adalah versi perbaikan).
 
Juga <tt> tex </tt> dan <tt> pdftex </tt> compiler yang disertakan, tetapi Anda harus berhati-hati dengan menggunakan mereka, karena mereka mendukung TeX hanya polos. Perhatikan bahwa karena LaTeX adalah hanya kumpulan macro untuk TeX jika Anda mengkompilasi dokumen TeX polos dengan compiler LaTeX (seperti <tt> pdflatex </tt>) itu akan bekerja sementara yang sebaliknya adalah tidak benar: jika Anda mencoba untuk mengkompilasi sumber LaTeX dengan kompilator TeX Anda akan mendapatkan banyak kesalahan.
 
Ketika LaTeX diciptakan, format hanya bisa menciptakan adalah DVI; dukungan PDF kemudian ditambahkan oleh <tt> pdflatex </tt>. File PDF dapat dibuat dengan baik pdflatex <tt> </tt> dan <tt> dvipdfm </tt>. Output dari <tt> pdflatex </tt> mengambil keuntungan langsung dari fitur modern font PDF seperti hyperlink dan tertanam, yang bukan bagian dari DVI. Melewati DVI memaksakan keterbatasan format yang lebih tua. Di sisi lain, beberapa paket, seperti PSTricks, mengeksploitasi proses konversi ke DVI, dan karenanya tidak akan bekerja dengan pdflatex. Beberapa paket tersebut menanamkan informasi dalam DVI yang tidak muncul ketika DVI dilihat, tetapi ketika mulai berencana DVI dikonversi ke yang lain, format yang lebih baru.
 
Anda akan menulis dokumen Anda sedikit berbeda tergantung pada kompiler yang Anda gunakan (<tt> lateks </tt> atau <tt> pdflatex </tt>). Tapi seperti yang kita akan lihat nanti adalah mungkin untuk menambahkan semacam lapisan abstraksi untuk menyembunyikan rincian yang kompiler yang Anda gunakan, sementara compiler dapat menangani penerjemahan itu sendiri.
 
Diagram berikut memperlihatkan hubungan antara kode sumber LaTeX dan format yang dapat Anda buat:
 
[[Gambar: LaTeX_diagram.svg | 650px|center]]
 
Teks merah berkotak merupakan format file, teks biru pada tanda panah merupakan perintah yang harus digunakan, teks hijau kecil hitam di bawah kotak merupakan format gambar yang didukung. Setiap kali Anda melewati panah Anda kehilangan beberapa informasi, yang dapat menurunkan kualitas dokumen Anda. Oleh karena itu, untuk mencapai kualitas tertinggi dalam output file,
 
Anda harus memilih rute terpendek untuk mencapai format target Anda. Ini mungkin adalah cara yang paling nyaman untuk mendapatkan output dalam format yang Anda inginkan pula. Mulai dari sumber LaTeX, cara terbaik adalah dengan menggunakan hanya'' lateks'' untuk output DVI atau'' pdflatex'' untuk output PDF, mengkonversi ke PostScript hanya jika diperlukan untuk mencetak dokumen.
 
Kebanyakan program harus sudah dalam distribusi LaTeX Anda, yang lain datang dengan [[w: Ghostscript]], yang merupakan perangkat lunak bebas dan multi-platform juga.
 
Bab [[. / Ekspor. Untuk Format Lain /]] membahas lebih lanjut tentang sumber LaTeX mengekspor ke format file lainnya.
 
== Apa selanjutnya? ==
 
Sekarang Anda harus memeriksa bahwa editor Anda dan distribusi LaTeX berfungsi dengan baik dengan mencoba untuk mengkompilasi sumber contoh pertama di awal Bab berikutnya.
 
Sepanjang buku ini, Anda juga harus menggunakan cara lain untuk belajar tentang LaTeX. Sumber yang baik adalah:
 
* <tt> [http://webchat.freenode.net?channels=latex #lateks] </tt> kanal IRC di Freenode,
* [http://tex.stackexchange.com/ Stack TeX Penukaran] Q & A,
* [http://www.tex.ac.uk/cgi-bin/texfaq2html TeX] FAQ,
* Dan komunitas [http://www.texample.net/ TeXample.net].
 
[[Kategori:Komputer]]
7

suntingan

Menu navigasi