Jangan Ngutip Dari Wikipedia

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
JANGAN NGUTIP DARI WIKIPEDIA!
Panduan buat kamu yang ingin tahu tentang ensiklopedi terbesar di dunia maya

(2020) 
oleh Wikimedia Indonesia

Kata Pengantar[sunting]

Sejak didirikan oleh Jimmy Wales pada tahun 2001, Wikipedia mengalami perkembangan yang signifikan. Munculnya Wikipedia bahasa Inggris di tahun 2001, kemudian diikuti dengan dirilisnya Wikipedia dalam bahasa-bahasa lain di dunia, termasuk salah satunya adalah Wikipedia bahasa Indonesia di tahun 2003. Didirikannya Wikimedia Foundation di tahun 2003, juga semakin mendukung perkembangan Wikipedia serta proyek-proyek saudarinya. Di Indonesia, Wikimedia Indonesia telah mengerjakan proyek-proyek yang ditujukan untuk mendukung perkembangan serta peningkatan mutu Wikipedia, baik dalam segi konten maupun jumlah sukarelawan yang berkontribusi di dalamnya.

Salah satu program yang dijalankan oleh Wikimedia Indonesia adalah program WikiLatih yang sudah ada sejak tahun 2016. Program WikiLatih merupakan pelatihan penulisan dan penyuntingan Wikipedia. Ternyata, setelah mengamati pelaksanaan program WikiLatih yang telah dilaksanakan di berbagai daerah, dengan kolaborasi bersama berbagai instansi, organisasi, maupun komunitas, masih banyak pertanyaan-pertanyaan umum seputar Wikipedia yang kerap kali ditanyakan, baik oleh peserta pelatihan, maupun mitra yang berkolaborasi dengan Wikimedia Indonesia. Selain itu, media sosial Wikimedia Indonesia baik Facebook, Instagram, maupun Twitter juga sering kebanjiran pertanyaan-pertanyaan yang mirip.

Pertanyaan seperti apa perbedaan Wikimedia dengan Wikipedia, boleh tidaknya mengutip dari Wikipedia, cara mengutip informasi yang tepat dari Wikipedia, apa saja yang boleh ditulis di Wikipedia, dan bagaimana cara mengembangkan Wikipedia dalam bahasa daerah tertentu merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering kami dapatkan.

JANGAN NGUTIP DARI WIKIPEDIA!: Panduan buat kamu yang ingin tahu tentang ensiklopedi terbesar di dunia maya merupakan sebuah usaha dari Tim Program Pendidikan Wikimedia Indonesia untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tim Program Pendidikan berharap bahwa buku panduan singkat ini dapat secara praktis memberikan pengetahuan dasar mengenai Wikipedia kepada kawan-kawan di luar sana yang tertarik untuk mulai berkontribusi di Wikipedia.

Jakarta, 16 Maret 2020

Tim Program Pendidikan Wikimedia Indonesia

Daftar Isi[sunting]

  • Apa sih Wikipedia itu?
  • Terus bedanya Wikipedia sama Wikimedia apa?
  • Gimana Wikipedia bisa ada?
  • Tujuan Wikipedia itu apa ya?
  • Kalau Wikipedia itu terbuka, berarti isinya bisa diganti seenaknya dong?
  • Apa aja sih, yang ada di Wikipedia?
  • Kenapa Wikipedia gak ada iklan?
  • Wikipedia dapat uang darimana?
  • Bener gak sih kalau Wikipedia itu gak boleh dijadikan referensi?
  • Seberapa bermanfaat sih Wikipedia?
  • Artikel di Wikipedia informasinya bener gak sih?
  • Kalau gitu, rujukan yang dipakai di artikel Wikipedia juga harus kredibel, dong?
  • Mengapa kadang-kadang saya menemukan informasi yang ngaco di Wikipedia?
  • Katanya Wikipedia bisa diedit siapa aja, emang gimana cara nyuntingnya?
  • Apa aja tulisan yang enggak boleh ditulis/enggak diterima di Wikipedia?
  • Apakah saya bisa mengklaim tulisan di Wikipedia itu milik saya?
  • Kenapa konten di Wikipedia bahasa Inggris dan Indonesia isinya beda?
  • Kenapa ada orang yang mau nyunting di Wikipedia padahal gak dibayar?
  • Kalau di Indonesia, bahasa yang punya Wikipedianya sendiri bahasa apa aja nih?
  • Nah, kenapa bisa ada Wikipedia bahasa daerah? Dulu awalnya bagaimana? Dan tujuannya apa, sih?
  • Saya jadi tertarik untuk merintis Wikipedia di bahasa daerah saya. Caranya gimana ya?
  • Saya baru mau mulai menyunting di Wikipedia, tetapi kesulitan mencari ide topik untuk ditulis. Gimana ya, solusinya?
  • Ada enggak sih tutorial cara menulis di Wikipedia?
  • Kalau pelatihan menyunting di Wikipedia buat pemula ada enggak?
  • Kalau saya mau tanya-tanya lebih jauh tentang Wikipedia, saya bisa hubungi siapa nih?

Apa sih Wikipedia itu?[sunting]

"Gampangnya Wikipedia itu ensiklopedia online terbuka multibahasa"

CEEMeeting2016 Armenia Globe 25.jpg

Kita sih yakin, kalo kamu pasti pernah buka Wikipedia. Entah lagi iseng buka, buat ngerjain tugas sekolah, lagi mau cari tau tentang sesuatu, atau berbagai alesan lainnya. Tapi, kamu tau nggak sih, sebenarnya Wikipedia apaan?

Gampangnya, Wikipedia itu ensiklopedia online terbuka multibahasa. Ada 4 istilah di sini: ensiklopedia, online, terbuka, dan multibahasa. Yuk, bedah satu per satu.

Pertama, ensiklopedia. Apaan tuh ensiklopedia? Apa bedanya ensiklopedia sama jenis bacaan lain yang biasanya kita baca (koran, majalah, opini)?

Menurut definisinya, ensiklopedia itu karya referensi yang memuat ringkasan ilmu pengetahuan dari berbagai macam bidang ilmu. Entrinya ensiklopedia jauh lebih panjang daripada kamus dan isinya informasi faktual mengenai subjek yang lagi dibahas.

Perhatikan, disini ada kata faktual (fakta), yang berarti sesuai kenyataan dan membutuhkan bukti. Untuk mendapatkan sebuah fakta, ensiklopedia biasanya ditulis oleh seorang yang ahli di bidangnya. Nah, di Wikipedia, “keahlian” ini diambil dan dinyatakan dari sumber-sumber sekunder, seperti penerbit dan penulis yang dianggap telah handal.

Sekarang, apa bedanya Wikipedia sama ensiklopedia biasa? Ciri pembedanya ada pada kata ‘online, terbuka, multibahasa’. Wikipedia adalah ensiklopedia yang tersedia secara online. Sebelum ada Wikipedia tahun 2001, memang sudah ada ensiklopedia online namun baru berupa uji coba dan enggak semasif Wikipedia. Wikipedia menjadi besar saat ini karena cirinya yang ketiga, yaitu terbuka. Terbuka, dalam artian siapapun bisa menambah dan mengubah isinya (tentunya yang punya sambungan internet). Mulai dari lulusan SMP sampai profesor, semuanya bisa berkontribusi menambah konten Wikipedia, makanya enggak heran kalau Wikipedia begitu besar.

Ciri terakhir, multibahasa. Kalau ensiklopedia lainnya biasanya tuh hanya tersedia dalam bahasa Inggris atau Indonesia, di Wikipedia, kamu bisa menemukan ensiklopedia dalam bahasa lain kaya Perancis, Jerman, Italia, bahkan bahasa daerah kayak Jawa, Sunda, Minangkabau, dll.

Secara umum, Wikipedia memiliki 5 prinsip utama (kita menyebutnya sebagai pancapilar) yang mesti diikuti oleh semua versi Wikipedia hingga hari ini, yaitu

  • Merupakan sebuah ensiklopedia (ini jelas),
  • Bisa disunting oleh siapa saja,
  • Bersifat netral,
  • Hanya memuat konten yang berlisensi terbuka, dan
  • Memiliki aturan dan kebijakan yang disepakati bersama.

Untuk versi lengkapnya, bisa kamu baca di pranala bit.ly/pancapilarwiki.

Terus bedanya Wikipedia sama Wikipedia apa?[sunting]

"Wikimedia itu organisasi yang bergerak di belakang Wikipedia"

Wikimania 2016 - group photo 02.jpg

Meskipun sama-sama punya awalan “Wiki”, namun Wikipedia dan Wikimedia beda sama sekali. Kalau Wikipedia adalah ensiklopedianya, Wikimedia itu organisasi yang bergerak di belakang Wikipedia.

Wikimedia yang kalian perlu tahu ada 2 macam, yaitu Wikimedia Foundation dan Wikimedia Indonesia. Wikimedia Foundation (WMF) itu yayasan nirlaba di Amerika Serikat yang mendukung dan menjalankan situs Wikipedia. Meski begitu, WMF enggak membuat maupun menjaga konten artikelnya. Selain Wikipedia, WMF juga merawat 11 situs lain “saudara” Wikipedia seperti Wiktionary (kamus), Wikidata (basis data), Wikimedia Commons (berkas), Wikivoyage (panduan wisata) dan beberapa situs lainnya. Daftar lengkap situsnya bisa kamu lihat di halaman depan situs meta.wikimedia.org

Kalau Wikimedia Indonesia (WMID) sendiri merupakan mitra lokal WMF di Indonesia. WMID didirikan oleh para Wikipediawan asal Indonesia di tahun 2008 dan bersifat independen (enggak bergantung pengelolaannya dari WMF).

Gimana Wikipedia bisa ada?[sunting]

Nupedia logo.jpg Kalau kita menilik sejarah Wikipedia, awalnya proyek ini bermula pada sebuah proyek ensiklopedia yang namanya Nupedia pada tahun 2000. Nupedia didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger yang waktu itu bekerja di perusahaan internet yang namanya Bomis. Nupedia sendiri pada waktu itu cuma ditulis oleh yang ahli saja. Wales dan Sanger lalu menciptakan lagi sebuah situs bernama Wikipedia pada tahun 2001. Si Wikipedia awalnya cuma sebagai tambahan untuk Nupedia. Namun, seiring waktu, tenyata malah Wikipedia yang semakin tenar. Nupedia sendiri malah akhirnya ditutup pada tahun 2003 karena perkembangannya yang lambat banget.

Di Indonesia, Wikipedia diawali dengan rilisnya Wikipedia bahasa Indonesia pada tahun 2003 dengan artikel pertamanya “Elektron”. Sehabis bahasa Indonesia, setahun kemudian bahasa Jawa dan Sunda muncul, terus hingga terakhir Wikipedia bahasa Bali menetas pada tahun 2019.

Tujuan Wikipedia itu apa?[sunting]

Jimmy Wales 610.jpg “Imagine a world in which every single person on the planet is given free access to the sum of all human knowledge. That’s what we’re doing.”
Jimmy Wales

Bayangkan suatu dunia tempat setiap manusia bisa berbagi semua pengetahuan secara bebas.

Ya, itulah tujuan Wikipedia. Untuk menyediakan beragam ilmu pengetahuan melalui sebuah ensiklopedia online yang bebas dan terbuka dan bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Kalau Wikipedia itu terbuka, berarti isinya bisa diganti seenaknya dong?[sunting]

WikiNusantara 2019, Yogyakarta, 27 April 2019 (070).jpg

“Wikipedia bahasa Indonesia memiliki komunitas 'penjaga' yang selalu 'berpatroli' mengembalikan suntingan-suntingan vandal atau ngawur.”

Secara teknis, ya itu betul. Namun jangan lupa, Wikipedia juga memiliki komunitas “penjaga” yang juga kuat. Penjaga ini selalu “berpatroli” melihat halaman “perubahan terbaru”. Mereka akan dengan segera mengembalikan suntingan-suntingan yang kelihatan vandal atau ngawur. Beberapa pengguna diberikan akses peralatan dan hak khusus — seperti blokir dan mengunci artikel — supaya konten Wikipedia tetap terjaga kualitasnya.

Apa aja sih, yang ada di Wikipedia?[sunting]

“Wikipedia memuat berbagai macam ilmu pengetahuan manusia”

Wikipedia-book.jpg

Wikipedia memuat berbagai macam ilmu pengetahuan manusia, mulai dari topiktopik serius macam hukum, ekonomi, filsafat, teknologi, sains, geografi, astronomi hingga topik-topik populer macam komik, manga, film, musik hingga JKT48 pun ada di Wikipedia.

Mau tau apa contoh-contoh artikel yang sudah bagus di Wikipedia bahasa Indonesia?

Statue of Averroes in Córdoba, Spain.jpg
Ibnu Rusyd,
filsuf terkenal dari Andalusia.
Supplicating Pilgrim at Masjid Al Haram. Mecca, Saudi Arabia.jpg
Kiblat,
arah yang dituju umat Islam dalam melaksanakan ibadah.
Lead electrolytic and 1cm3 cube.jpg
Timbal,
salah satu unsur kimia berupa logam berat.
(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan kotak pencarian yang ada di pojok kanan atas halaman Wikipedia.)
Kamu cukup ketikkan judul artikel berikut ke kotak pencarian yang ada di pojok kanan atas halaman Wikipedia
MuseumBallaLompoa.JPG
Sejarah awal Gowa dan Tallo, sejarah mengenai Kerajaan Gowa dan Tallo di Sulawesi Selatan.
COLLECTIE TROPENMUSEUM Vrouwen en kinderen uit een Kerintisch dorp West-Sumatra TMnr 10002859.jpg
Serayo, sistem gotong royong pada masyarakat suku Kerinci.
Tampak depan Rumah si Pitung Marunda.jpg
Rumah panggung Betawi, salah satu jenis rumah tradisional suku Betawi.

Kenapa Wikipedia gak ada iklan?[sunting]

Jimmy Wales, si pencetus Wikipedia, bilang kalau adanya iklan itu akan menimbulkan bias. Mengapa, karena si pengiklan pasti mau kalau artikelnya di Wikipedia ditulis yang positifnya saja, sedangkan Wikipedia sangat menjunjung tinggi netralitas, jadi artikel yang ada enggak boleh berat sebelah.

Money in hands.jpg

Wikipedia dapat uang dari mana?[sunting]

Setiap tahunnya, Wikimedia Foundation membuka penggalangan dana di laman proyeknya termasuk Wikipedia. Penggalangan dana ini biasanya setahun sekali. Uang yang didapat dari penggalangan dana inilah yang digunakan oleh Wikimedia Foundation untuk mendukung komunitas Wikipedia di seluruh dunia, merawat peladen Wikipedia, serta operasional kantornya.

Bener gak sih kalau Wikipedia itu gak boleh dijadikan referensi?[sunting]

Wikipedia by Giulia Forsythe.jpg

Betul! Artikel di Wikipedia jangan kamu jadikan referensi. Ketika kamu cari informasi di Wikipedia, pakailah referensi-referensi yang digunakan di artikel Wikipedia sebagai rujukan, bukan artikel Wikipedianya, ya! Jadi, anggap saja Wikipedia sebagai “pintu masuk” untuk mendapat referensi yang baik.

Seberapa bermanfaat sih Wikipedia?[sunting]

Taukah kamu kalau Wikipedia bahasa Indonesia dapat 2 milyar kunjungan setahun terakhir? Itu berarti, dalam sebulan ada ratusan juta kali kunjungan, dan itu jadi tanda kalau situs ini dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat mereka mencari informasi. Perhatikan juga, mesin pencari Google juga hampir selalu menempatkan hasil pencarian teratasnya dengan Wikipedia (baik yang Indonesia maupun Inggris).

Misalnya, coba kamu ketik “Hindia Belanda” di Google, maka akan keluar hasilnya seperti ini:
(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan hasil pencarian Hindia Belanda di Google.)

Dengan dukungan seperti ini, berarti potensi Wikipedia sebagai sumber informasi akan makin besar. Selain itu, kamu juga membantu jutaan orang di luar sana mendapatkan kualitas informasi yang informatif, komprehensif, serta berimbang.

Artikel di Wikipedia informasinya bener gak sih?[sunting]

Sama ketika kamu membuka situs apapun di dunia maya, kamu juga harus kritis ketika baca artikel Wikipedia. Jangan langsung telan mentah-mentah informasi yang ada.

Pertama, perhatikan di artikelnya ada rujukannya atau enggak. Rujukan di tiap artikel Wikipedia itu ditandai dengan angka-angka [1], [2], [3] seperti ini:

(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan artikel Soekarno pada Wikipedia bahasa Indonesia.)

Nah, kalau ada angka seperti itu, diklik saja, nanti kamu akan diarahkan ke rujukan aslinya yang jadi sumber untuk artikel itu. Kamu dapat membaca sumber aslinya untuk lebih mengetahui informasi lebih detailnya.

Kedua, setelah tau sumber aslinya, sekarang dilihat, apakah sumber aslinya kredibel atau enggak. Perhatikan, seberapa baik “tingkat” referensi itu. Sumber dari medsos, blogspot pribadi, buku terbitan sendiri, tentulah bukan contoh rujukan yang kredibel.

Kalau gitu, rujukan yang dipakai di artikel Wikipedia juga harus kredibel, dong?[sunting]

Citation-needed.svg

Tentu! Komunitas Wikipedia udah punya standar acuan umum referensi macam apa yang dapat digunakan di Wikipedia. Standar ini udah disepakati bersama oleh komunitas dan ada beberapa tingkat kepercayaannya:

  1. Dapat dipercaya. Jurnal ilmiah, buku terbitan penerbit tepercaya, majalah/tabloid ilmu pengetahuan, media massa nasional, dan tugas akhir yang sudah diuji ahli termasuk dalam kategori ini.
  2. Enggak disarankan. Buku terbitan sendiri, sampul kaset, artikel sembarang dari situs populer ada baiknya enggak digunakan sebagai rujukan.
  3. Sebisa mungkin dihindari. Blog, koran kriminalitas, tabloid gosip sebisa mungkin dihindari.
  4. Sama sekali enggak bisa. Semua versi Wikipedia bahasa lain maupun situs lain yang sistemnya mirip Wikipedia, jangan digunakan sebagai rujukan. Hal ini juga berlaku buat medsos dan layanan pesan singkat macam Facebook, Twitter, Instagram, Line dan Whatsapp. Jadi, jangan gunakan pesan dari Whatsapp / Line kamu sebagai rujukan, ya!

Mengapa kadang saya menemukan informasi yang ngaco di Wikipedia?[sunting]

Ini adalah contoh tangkapan layar yang pernah dikirimkan salah seorang pengguna Wikipedia dari Google Search mengenai salah satu kelompok musik dari Norwegia bernama Mayhem (yang kontennya diambil dari Wikipedia bahasa Indonesia.)

(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan hasil pencarian Mayhem di Google.)

Nah, hal semacam ini di Wikipedia dinamakan vandalisme, yang merupakan tindakan menyunting artikel namun tujuannya merusak. Para ‘penjaga’ Wikipedia selalu berusaha menjaga artikel-artikel yang ada dari aksi vandal semacam ini.

Kalau kamu menemukan artikel yang terkena vandal semacam ini, kamu bisa laporkan saja ke halaman ‘Warung Kopi’ yang ada dengan klik ‘Warung Kopi’ di kolom sisi kiri Wikipedia.

(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan kolom sisi kiri Wikipedia.)

2.189.248.480
Jumlah kunjungan ke Wikipedia bahasa Indonesia
setahun terakhir (Mei 2019—April 2020)
(naik 60% dari periode sebelumnya)

234.869.988
Jumlah kunjungan
bulan April 2020

Dari stats.wikimedia.org/v2

Katanya Wikipedia bisa diedit siapa aja, emang gimana caranya?[sunting]

Ketika kamu lagi baca Wikipedia, pernah perhatikan tulisan “sunting” di bagian kanan atas halaman?

(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan tulisan sunting di bagian kanan atas halaman Wikipedia.)

Ketika kamu klik “sunting”, maka tampilannya akan berubah ke mode “sunting”, tandanya ada menu-menu di bagian atas halaman kayak begini:

(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan tampilan antar-muka penyuntingan artikel Perjanjian Quebec.)

Nah, pada mode “sunting” ini, kamu bisa menambah konten yang kurang, memperbaiki yang salah, atau menghapus yang ngawur. Jangan lupa berikan rujukan. Setelahnya, tinggal klik lagi “terbitkan perubahan” di kanan atas.

(Tangkapan layar tidak tersedia. Berisikan tombol terbitkan perubahan.)

Suntinganmu akan langsung disimpan dan tampil!

70%
pengakses berasal dari
Indonesia
diikuti Amerika Serikat,
Irlandia, Malaysia,
dan Singapura

76%
pengakses menggunakan
browser ponsel
23,5%
dari desktop, dan
sisanya aplikasi ponsel

Apa aja yang enggak boleh ditulis / enggak diterima di Wikipedia?[sunting]

Wikipedia punya halaman khusus namanya “Wikipedia:Bukanlah…”. Di halaman ini, kamu dapat melihat apa-apa saja yang bukan ciri-ciri sebuah ensiklopedia. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Kamus, karena Wikipedia punya proyek saudari yang bernama Wiktionary.
  2. Tempat beriklan, karena memang bukan tempatnya. Sesuatu haruslah terkenal sebelum masuk Wikipedia, bukan terkenal gara-gara Wikipedia.
  3. Koran/berita aktual, karena Wikipedia juga punya proyek saudari yang bernama Wikinews.
  4. Buku resep, petunjuk arah, petunjuk wisata, buku pelajaran, kumpulan jurnal, tutorial, dsb yang enggak mencirikan tulisan ensiklopedia.

Tinggal masukin “Wikipedia:Bukanlah” di kotak pencarian untuk mengakses halaman itu.

Apakah saya bisa mengklaim tulisan di Wikipedia itu milik saya?[sunting]

Pertama-tama kamu mesti sadari lagi bahwa sifat dasar Wikipedia itu dapat disunting oleh siapa saja. Sepanjang apapun artikel yang mulai kamu rintis, akan ada orang lain yang berkemungkinan untuk ngembangin artikelmu. Jadi, sejatinya setiap artikel Wikipedia itu punya bersama dan enggak bisa dimiliki atau diklaim siapapun juga. Alasan lainnya, agar artikel di Wikipedia enggak hanya berisi satu sudut pandang saja dan kenetralan artikel di Wikipedia bisa terjaga.

Selain itu, kamu perlu tau kalau Wikipedia itu menggunakan lisensi terbuka di setiap kontennya. Lisensi terbuka itu lisensi yang mempermudah pengguna dan pemilik konten untuk membagikan dan menggunakan karyanya. Lisensi terbuka yang digunakan di Wikipedia adalah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0. Untuk lebih lanjut mengenai lisensi ini, kamu bisa kunjungi situs mereka di creativecommons.or.id

Kontributor tertinggi
Maret 2020

Medelam
(6.573 suntingan)

Gurniadi
(3.218 suntingan)

Gervant of Shiganshina
(2.137 suntingan)

Araaa28
(1.724 suntingan)

Kenapa konten di Wikipedia bahasa Inggris dan Indonesia isinya beda?[sunting]

Tentu beda, karena setiap artikel di Wikipedia dirintis oleh komunitas yang berbeda-beda. Memang, artikel Wikipedia dapat dibuat oleh bot (robot), namun biasanya untuk hal-hal bertopik repetitif seperti pembagian wilayah, taksonomi biologi, atau penamaan objek luar angkasa. Nah, untuk topik artikel selain itu, tetap dibuat oleh manusia dan dikembangkan oleh manusia.

Mengapa artikel di bahasa Inggris lebih banyak daripada di bahasa Indonesia, ya karena kontributor Wikipedia bahasa Inggris jauh lebih banyak daripada Wikipedia bahasa Indonesia. Saat ini, di Wikipedia bahasa Inggris ada sekitar 66.000 pengguna aktif setiap bulannya (aktif di sini didefinisikan menyunting lebih dari 5 kali perbulan), sedangkan di bahasa Indonesia angka itu hanya 1000. Jomplang banget, kan? Dari sini sudah menunjukkan perbedaan signifikan mengenai kontributor — yang imbasnya ke jumlah dan kualitas konten antara kedua versi Wikipedia.

250

Kenapa ada orang yang mau nyunting di Wikipedia padahal ga dibayar?[sunting]

Menyunting di Wikipedia bagi para kontributornya diibaratkan hobi. Hobi berkontribusi dalam bidangbidang yang mereka suka. Beberapa Wikipediawan juga senang berbagi informasi terbaru, semisal saat ada kejadian/peristiwa besar yang berdampak luas, semisal pandemi COVID-19 pasti ada Wikipediawan yang segera membuat artikelnya. Beberapa pengguna juga menyukai topik yang sangat spesifik, seperti perkeretaapian. Para railfans (penggemar kereta api) dikenal sangat gercep jika ada jadwal kereta api yang berubah, ada info terbaru mengenai stasiun, dsb.

Beberapa Wikipediawan lain di bahasa daerah, tertarik menyunting karena mereka peduli dengan pelestarian bahasa daerah mereka. Enggak heran saat ini Wikipedia telah memiliki 11 bahasa daerah dan ratusan bahasa daerah lainnya yang masih dalam incubator (salah satu proyek Wiki yang digunakan untuk mengembangkan proyek-proyek Wiki yang belum dapat berdiri sendiri).

Artikel terpopuler Maret 2020

  1. Coronaviruses 004 lores.jpg Koronavirus
  2. Rotavirus Reconstruction.jpg Virus
  3. Indonesia declaration of independence 17 August 1945.jpg Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kalau di Indonesia, bahasa yang punya Wikipedianya sendiri bahasa apa aja, nih?[sunting]

Di Indonesia, bahasa yang pertama kali muncul Wikipedianya adalah bahasa Melayu pada tahun 2002, diikuti bahasa Indonesia pada tahun 2003. Setelah itu, beberapa bahasa daerah bermunculan di Wikipedia.

Perhatikan bahwa alamat situs Wikipedia hanya dibedakan berdasarkan kode bahasanya saja, diikuti “.wikipedia.org”. Apa disini ada yang tahu alamat situs Wikipedia bahasa Melayu? Cari jawabannya, ya!

Bahasa Alamat Situs Tahun dirilis
Jawa jv.wikipedia.org 2004
Sunda su.wikipedia.org 2004
Bugis bug.wikipedia.org 2005
Banyumasan map-bms.wikipedia.org 2006
Tetun tet.wikipedia.org 2006
Aceh ace.wikipedia.org 2009
Banjar bjn.wikipedia.org 2010
Minangkabau min.wikipedia.org 2013
Gorontalo gor.wikipedia.org 2018
Bali ban.wikipedia.org 2019

Nah, kenapa bisa ada Wikipedia bahasa daerah? Dulu awalnya bagaimana? Dan tujuannya apa, sih?[sunting]

Wikipedia bahasa daerah di Indonesia itu gampangnya Wikipedia selain bahasa Indonesia. Wikipedia bahasa daerah pertama yang muncul adalah Wikipedia bahasa Jawa yang mulai dirintis tahun 2004 oleh Revo Arka Giri Soekatno. Revo juga yang merintis Wikipedia bahasa Indonesia pada tahun 2003. Revo beranggapan kalau pengetahuan seharusnya enggak hanya ada dalam bahasa Indonesia saja, tetapi juga harus tersedia dalam bahasa-bahasa daerah lain yang diucapkan di Indonesia, karena pengetahuan adalah hak setiap orang. Rilisnya Wikipedia bahasa Jawa lalu diikuti dengan dirintisnya Wikipedia dalam bahasa-bahasa daerah lain, seperti bahasa Sunda, bahasa Bugis, dan yang terakhir keluar dari Incubator pada tahun 2019 adalah Wikipedia bahasa Bali.

Selain itu, orang-orang yang berkontribusi di Wikipedia bahasa daerah juga merasa jika menulis di Wikipedia bahasa daerah mereka merupakan salah satu cara mereka menjaga bahasa daerah agar tetap lestari.

Dari stats.wikimedia.org/v2
1.200 rata-rata jumlah editor dengan 5 suntingan atau lebih (Okt 2019-Mar 2020) 1.100.000 jumlah suntingan di Wikipedia bahasa Indonesia, Mei-Oktober 2019 98.017 jumlah halaman yang disunting, Maret 2020

Saya jadi tertarik untuk merintis Wikipedia di bahasa daerah saya. Caranya gimana, ya?[sunting]

Kami punya satu situs proyek yang dikhususkan menangani hal ini, namanya Wikimedia Incubator. Sesuai namanya, situs ini menampung proyek-proyek yang istilahnya “belum layak” untuk berdiri sendiri. Di sini, proyek-proyek akan dimatangkan sampai kemudian layak untuk dirilis dengan domainnya sendiri. Kamu bisa mengakses situs ini di incubator.wikimedia.org.

Namun, kamu harus tahu bahwa salah satu syarat agar bahasa daerahmu bisa dibuatkan situs Wikipedianya adalah adanya kode ISO 639. Salah satu cara untuk mengecek apakah bahasa daerahmu punya kode ISO 639 atau enggak adalah melalui situs ethnologue.com. Masukkan nama bahasanya dan lihat hasilnya.

Kalau kamu ingin merintis Wikipedia di bahasa daerahmu tetapi kamu bingung untuk memulainya, kamu bisa menghubungi temanteman dari Wikimedia Indonesia yang kontaknya bisa kamu temukan di bagian terakhir dari buku ini. Teman-teman dari Wikimedia Indonesia nanti akan membantu kamu untuk mengajukan permintaan agar dibuatkan Wikipedia dalam bahasa daerahmu.

WikiNusantara 2019, Yogyakarta, 27 April 2019 (053).jpg

Saya baru mau mulai menyunting di Wikipedia, tetapi kesulitan mencari ide topik untuk ditulis. Gimana ya, solusinya?[sunting]

Kamu bisa menulis artikel dengan topik-topik yang kamu sukai, kok. Tapi artikel yang kamu tulis harus artikel yang belum ada di Wikipedia, ya! Selain itu kamu harus ingat kalau menulis artikel di Wikipedia itu harus netral, jadi ketika menulis artikel di Wikipedia, jangan hanya ditulis yang baik-baiknya saja. Kita wajib menulis apa adanya, sesuai dengan yang ada di sumber rujukan tepercaya yang kita punya.

Ada enggak sih tutorial cara menulis di Wikipedia?[sunting]

Nyunting Wikipedia gampang kok! Kamu bisa belajar menyunting Wikipedia secara otodidak dengan mengikuti petunjuk yang ada di pranala bit.ly/WPTUTOR. Wikimedia Indonesia juga telah memiliki modul pelatihan secara lengkap, lho! Modul ini bisa kamu akses gratis di pranala bit.ly/modulmanual.

Selain itu, kalau kamu lebih suka mengikuti tutorial atau panduan dalam bentuk video, kamu bisa tonton video yang telah dibuat oleh Wikimedia Indonesia yang bisa kamu akses di pranala bit.ly/TutorialWikiID.

Kalau pelatihan menyunting di Wikipedia buat pemula ada enggak?[sunting]

WikiPelatih PGRI Sulsel-7.jpg

“Setiap bulannya, Wikimedia Indonesia mengadakan berbagai pelatihan Wikipedia dalam berbagai bahasa di berbagai kota”

Setiap bulannya, Wikimedia Indonesia mengadakan berbagai pelatihan Wikipedia dalam berbagai bahasa di berbagai kota. Ikuti terus media sosial Wikimedia Indonesia untuk mengikuti acaranya!

Atau, jika semisal kamu mau berinisiatif mengadakan pelatihan sendiri di kota, komunitas, atau instansimu, ajukan dengan menghubungi kami via surel di wikilatih@wikimedia.or.id

Kalau saya mau bertanya tentang Wikipedia, saya bisa hubungi siapa nih?[sunting]

Wikimedia Indonesia saat ini sudah punya kontak Wikipediawan di berbagai kota di Indonesia yang dapat dimintai bantuan. Kamu dapat menghubungi yang lokasinya paling dekat denganmu saat ini. Ini kontak mereka:

Nama Domisili Surel Berkontribusi di
Staf Wikimedia Indonesia
Raymond Sutanto Jakarta raymond.sutanto@wikimedia.or.id id.wikipedia, id.wikisource, wikidata, commons
Nur Rahmi Nailah Yogyakarta rahmi.nailah@wikimedia.or.id jv.wikipedia, commons
Cahyo Ramadhani Yogyakarta cahyo.ramadhani@wikimedia.or.id jv.wikipedia, incubator, commons
Rachmat Wahidi Banda Aceh rachmat.wahidi@wikimedia.or.id id.wikipedia, ace.wikipedia, wikidata, commons, id.wikisource
Komunitas Wikimedia Indonesia
Jakarta jakarta@wikimedia.or.id
Padang padang@wikimedia.or.id
Bandung bandung@wikimedia.or.id
Yogyakarta yogyakarta@wikimedia.or.id
Denpasar denpasar@wikimedia.or.id