Yunani Kuno/Kalender Yunani

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dari karya-karya Homeros dan Hesiodos, kita tahu bahwa bangsa Yunani kuno mempergunakan kalender bulan. Hesiodos, dalam Erga kaí Hēmerai, menunjukkan bahwa mereka juga menggunakan petunjuk bintang untuk menentukan waktu tanam dan panen.

Sistem bulan maupun matahari digunakan dalam kalender Yunani. Seperti kalender bulan lainnya, perbedaan waktu membuat perhitungan kalender bulan melenceng dari kalender matahari dan musim tiap tahunnya. Maka dari itu, adalah wajar jika ditambahkan satu bulan tambahan pada kalender bulan setiap tahunnya supaya kalender bulan bisa tetap beriringan dengan kalender matahari. Bulan tambahan ini disebut bulan interkalar. Ini menjadikan kalender ini sulit untuk ditentukan setiap tahunnya.

Telah diketahui bahwa setiap bulan dinamai berdasarkan fertival utamanya. Anda bisa membaca lebih jauh tentang festival Yunani di halaman ini. Di bawah ini adalah nama-nama bulan yang dipakai di kota Athena. Bulan pertama pada tiap tahun disebut Hekatombaion, yang bermula pada pertengahan musim panas, sekitar pertengahan Juli.

Nama bulan Padanan dalam kalender Gregorian
Hekatombaion Juli-Agustus
Metageitnion Agustus-September
Boedromion September-Oktober
Pianopsion Oktober-November
Maimakterion November-Desember
Poseideion Desember-Januari
Gamelion Januari-Februari
Anthesterion Februari-Maret
Elafebolion Maret-April
Mounikhion April-Mei
Thargelion Mei-Juni
Skiroforion Juni/Juli

Ada juga kalender lainnya yang digunakan di berbagai daerah di Yunani, misalnya kalender Makedonia. Hesiodos, yang kemungkinan besar adalah orang Boeotia, hanya menyebutkan satu nama bulan dalam Erga kaí Hēmerai, yaitu Lenakon, sekitar Januari-Februari. Sementara bulan ini di Athena disebut Gamelion. Perbedaan ini menunjukkan bahwa kalender Athena tidak diterima secara seragam oleh daerah Yunani lainnya. Namun kalender Athenalah yang dicantumkan di sini karena kalender Athena adalah kalender Yunani yang paling terdokumentasikan dengan baik dibandingkan kalender kota-kota lainnya.