Tips memilih penyedia jasa liburan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet yang begitu pesat saat ini telah membuka peluang yang begitu lebar bagi para produsen baik penyedia maupun penyalur barang/jasa untuk memperluas area pemasaran mereka. Kemudahan yang banyak didapt oleh para pemakai internet (web surfer) telah memposisikan teknologi ini sebagai salah satu cara paling praktis dalam bertransaksi. Hal inilah yang menyulut ide para prodosen khususnya penyedia jasa liburan untuk ikut serta memeriahkan dunia ziber ini dengan membuka celah pemasaran online melalui media yang lebih dikenal dengan sebutan website.

Sekarang ini jumlah halaman website di dunia hampir mencapai angka milyaran (data dari Google). Khusus untuk website dengan kata kunci "liburan", jumlahnya telah mencapai 3 juta-an. Wow, sungguh jumlah yang cukup banyak untuk ukuran 1 kata kunci / produk yang sama. Bisa dibayangkan betapa ketatnya persaingan para produsen penyedia layanan tersebut. Fanomena ini juga menimbulkan kebimbangan bagi para konsumen khususnya calon wisatawan yang membutuhkan layanan jasa liburan. Alhasil, para konsumen akan memberikan penilaian subyektive dalam memilih dan memilah para penyedia jasa tersebut. Umumnya pilihan konsumen / calon wisatawan jatuh pada produsen yang kelihatannya "dapat dipercaya". Sayangnya banyak konsumen / wisatawan merasa kecewa setelah memakai jasa dari produsen tersebut karena mungkin saja semua hal yang terjanjikan dalam toko online mereka tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Bahkan ada beberapa konsumen telah tertipu oleh penyedia jasa nakal yang tak jelas asal usulnya.

Berpijak dari fanomena inilah kata demi kata dalam artikel ini terangkai untuk anda. Walaupun mungkin kurang bermanfaat (karena liburan bukanlah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi), setidaknya dapat digunakan sebagai acuan sebelum memutuskan untuk bertransaksi lewat internet. Berikut beberapa tips tentang memilih penyedia jasa liburan.

Pertama, pilihlah produsen atau penyedia jasa dengan latar belakang usaha yang jelas. Hal ini dapat diukur dengan membaca secara teliti profil dari penyedia jasa bersangkutan (biasanya dapat dicheck dihalaman about us, tentang kami, atau profil usaha). Akan lebih baik jika anda menaruh perhatian lebih kepada penyedia jasa dalam bentuk perusahaan ketimbang pribadi ataupun perseorangan.

Kedua, jangan mudah menaruh hati kepada penyedia jasa yang memikat anda melalui promosi yang menurut penilaian anda hal tersebut dilakukan dengan biaya yang cukup tinggi. Terkadang penyedia jasa nakal juga sering menempuh jalan ini untuk mengelabui opini calon wisatawan akan prestise semu mereka. Namun hal ini bukanlah patokan pasti, karena tidak semua promoter atau pemasang iklan memiliki tabiat serupa. Setidaknya anda lebih berhati-hati dan teliti sebelum membeli.

Ketiga, Pastikan penyedia jasa pilihan anda memiliki info kontak yang jelas. Misalnya : alamatnya lengkap, punya nomor telepon dan juga fax, serta tersedianya nomor imergency / darurat yang dapat dihubungi kapan saja. Hindari penyedia jasa yang hanya mencantumkan no HP (seluler) dan atau alamat email saja, karena kedua jenis kontak tersebut dapat dirubah (diganti) kapan saja bahkan dengan jalan yang cukup mudah.

Keempat, Konsentrasikan pilihan anda kepada penyedia jasa yang memberikan informasi secara detail dalam website mereka. Contoh : jika anda membutuhkan informasi tentang paket liburan, tentu saja website tersebut harus dapat menjelaskan kepada anda tentang hotel yang akan anda tempati, kegiatan wisata / tour yang akan anda ikuti, restaurant yang akan anda singgahi, serta benefit lain yang akan anda dapatkan bila memesan paket tersebut.

Kelima, akan lebih baik bila anda memilih penyedia jasa yang memiliki layanan interaktive / dapat berkomunikasi secara online baik berupa chating, messenger (Yahoo! messenger, live messenger, Google talk, dll), ataupun webcam. Penyedia jasa dengan layanan ini mencerminkan bahwa mereka adalah produsen yang berani dan siap tempur.

Keenam, jangan pernah termakan rayuan penyedia jasa yang berpromosi melalui email yang masuk ke kotak surat anda dengan tanpa anda inginkan. Hal ini lebih populer disebut "spam", kecuali email tersebut datang dari news group yang anda ikuti (yahoo groups, google group, dll), forum diskusi, maupun newsletter yang telah anda daftar sebelumnya.

Terakhir, apabila anda telah menemukan penyedia jasa yang telah lulus 6 persyaratan diatas, hal terakhir yang patut anda lakukan adalah melakukan test pemesanan produk. Lakukan pemesanan melalui email dan tunggu berapa lama respon yang diberikan oleh penyedia jasa tersebut terhadap pemesanan yang anda kirimkan, umumnya semakin cepat, semakin baik. Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui telepon, sembari menguji kesigapan para penyedia jasa dalam menanggapi permintaan anda.

Artikel diatas hanyalah rangkuman secara umum mengenai tips memilih pemyedia jasa liburan. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk anda serta meningkatan kewaspadaan terhadap penyalahgunaan media internet.