Wisata:Probolinggo

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Probolinggo adalah nama kota dan kabupaten di pesisir utara Jawa Timur, berbatasan dengan Pasuruan di sebelah barat dan Situbondo di sebalah Timur. Probolinggo, baik kota dan kabupaten, menyimpan begitu banyak potensi wisata yang dapat diteroka oleh para pelancong. Wisata alam yang paling terkenal adalah Gunung Bromo, yang juga merupakan bagian dari pariwisata Malang dan Pasuruan. Sementara wisata buatan yang paling terkenal bisa dibilang adalah Bee Jay Bakau Resort di Kota Probolinggo, sebuah sanggraloka tepi pantai yang menyatu dengan daerah hutan bakau.

Objek Wisata[sunting]

Gunung Bromo[sunting]

Gunung Bromo adalah wisata alam yang namanya telah bergaung di kancah antarnegara. Gunung Bromo, selain bisa diakses dari jalur Malang dan Pasuruan, juga dapat diakses melalui Kota Probolinggo. Transportasi umum yang bisa dipakai adalah travel atau minibus umum. Travel dapat dengan mudah dipesan di beberapa agen di sepanjang Jl. Raya Bromo, Kota Probolinggo. Selain itu, angkutan umum berupa mobil Bison dapat ditemui di area luar Terminal Bayuangga yang juga berada di Jl. Raya Bromo, Kota Probolinggo. Jika Anda tidak menyukai angkutan umum, Anda juga dapat menyewa mobil Jeep atau sepeda motor di sekitaran Kota Probolinggo.

Air Terjun Madakaripura[sunting]

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun paling tinggi di pulau Jawa. Pesona air terjun ini begitu memukau, dengan tebing-tebing yang tinggi berlumur lumut dan berkas cahaya yang membelah di antaranya, Anda pasti akan dibuat takjub. Akses ke air terjun ini tidak begitu mudah. Anda harus berjalan kaki sekian ratus meter dari pintu masuk sebelum dapat menyaksikan keindahannya.

Pulau Gili Ketapang[sunting]

Pulau Gili Ketapang adalah pulau kecil yang merupakan bagian dari Kabupaten Probolinggo. Cara menuju ke sana adalah dengan menaiki kapal dari dermaga Kota Probolinggo. Sesampainya di Gili Ketapang, Anda dapat menikmati pemandangan indah berupa pasir putih dan laut biru yang terbentang luas. Selain itu, Anda juga dapat melakukan snorkling di Gili Ketapang dan melihat biota laut yang masih terjaga kelestariannya.