Wisata:Kuliner Bogor/Soto Bogor Pak Salam

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Soto di Bogor

Soto Bogor Pak Salam adalah salah satu warung makan di Bogor yang menyediakan jenis makanan soto daging dan jeroan sapi dengan kuah santan kuning. Sebagaimana umumnya di Bogor, kuning pada kuah soto ini didapat dari kunyit.

Pengunjung dapat memilih beberapa potong daging atau jeroan sesuai seleranya, entah yang gorengan ataupun rebusan. Gorengan terdiri dari lidah, paru, empal, otak, usus. Untuk rebusan dapat memilih babat, kikil, urat.

Makanan sampingan soto juga tersedia, seperti sate kentang manis, sate jengkol manis, emping jengkol, emping tangkil, dan perkedel.

Lokasi dan waktu[sunting]

Peta lokasi Soto Bogor Pak Salam

Warung Soto Bogor Pak Salam terletak di sisi kiri Jalan Siliwangi. Sebagai patokan, warung ini berada tepat setelah Dunkin' Donuts dan berada di seberang Bank Mandiri.

Warung soto ini buka mulai sekitar pukul 16.30 dan biasanya sudah habis pada sekitar pukul 19.00. Pada hari-hari Sabtu, Minggu, dan libur, kebanyakan pengunjungnya adalah dari luar kota, terutama Jakarta, dan seringkali kita harus antri selama 30-45 menit hingga dilayani. Pemandangan ibu-ibu yang heboh berdesakan untuk memilih-milih daging dan jeroan adalah pemandangan yang jamak ditemui.

Khas[sunting]

Iwan Setiawan adalah pemilik warung soto generasi kedua yang mewarisi dari ayahnya, Pak Salam, pendiri warung soto ini yang telah meninggal pada tahun 2001.

Dari bibirnya, sering muncul istilah-istilah yang mungkin membuat bingung pengunjung yang belum terbiasa. Istilah-istilah ini merupakan istilah khas warung Soto Bogor Pak Salam yang diwarisi juga dari pendirinya:

  • "Masih indah-indah" artinya masih banyak pilihan daging dan jeroan tersedia.
  • "Indah cuacanya hari ini" akan muncul ketika pengunjung melontarkan kekecewaan karena pilihan daging dan jeroan yang hampir atau sudah habis.
  • "Kurang bagus cuacanya hari ini" akan terlontar ketika pengunjung menyatakan keheranannya bila masih banyak pilihan daging dan jeroan di malam hari, juga biasanya muncul kalau hari hujan.
  • Istilah "disetel" mempersilakan pengunjung untuk memilih potongan daging dan jeroan yang disukainya.
  • "Sudah masuk monitor" kerap terdengar ketika kita hendak membayar dan menanyakan apakah suatu item sudah termasuk dalam tagihan.
  • "Di-calling aja" kalau kita memerlukan tambahan nasi atau bumbu.
  • "Semangat" akan menyertai ketika kita meminta tambahan nasi, atau setelah membayar.
  • "Kurang semangat" akan terlontar ketika kita menolak ketika ditawari untuk menambah nasi.
  • "Out/Tidak Terbit" akan terlontar ketika pengunjung menanyakan sesuatu yang memang sudah tidak ada atau memang tidak dibuat pada saat itu.