Halaman Utama

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Selamat datang di Wikibuku,
buku bebas yang dapat disunting siapa pun.
WikiBuku adalah salah satu proyek Wikimedia bermula 10 Juli 2003. Sejak itu, sukarelawan telah menulis sekitar 3.466 modul berjumlah puluhan buku.

WikiBuku menerima tulisan orisinil maupun tulisan-tulisan yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya, selama penulisnya bersedia melepas tulisan tersebut dengan lisensi Creative Commons CC-BY-SA dan Ketentuan Penggunaan.

Silakan mencoba di bak pasir, tempat Anda dapat melakukan apa saja dan rasakan bagaimana cara wiki bekerja. Lihat juga milis kami atau rencana halaman untuk memperbincangkan berita-berita terbaru, atau kunjungi warung kopi kami.

Kenapa menyumbang ke buku cetak sumber terbuka?

Teknologi Informasi

Sains

Bahasa

P religion world.svg Agama

Noia 64 apps kworldclock.png Sejarah

Automobile stub.svg Transportasi

Exquisite-backpack.png Wisata

Bread and wine.svg Resep

Seni

Fiksi

Lainnya

Mjollnir.png
Orang Jermanik adalah penganut politeisme. Orang Jermanik percaya bahwa dunia berawal dari kehampaan, dan bahwa satu dewa muncul dari kehampaan itu dan melahirkan dewa-dewa lainnya. Orang Jermanik menyebut dewa pertama ini Twisto atau Ymir. Ymir makan dengan meminum susu seekor sapi, dan sapi ini menjilati bongkahan-bongkahan es asin. Bongkahan-bongkahan itu dijilati hingga membentuk orang dan kemudian menjadi dewa Odin serta saudara-saudaranya. Odin dan saudara-saudaranya lalu membunuh Ymir. Mereka menciptakan dunia dari tubuhnya. Dagingnya menjadi bumi, tulangnya menjadi pegunungan, darahnya menjadi lautan. Odin dan saudara-saudaranya juga membuat sepasang pria dan wanita pertama dari kayu apung. Dewa terkuat Jermanik adalah Odi (atau Wotan), yang juga dewa tertua dan pemimpin para dewa lainnya. Dia juga adalah dewa yang cerdas. Tyr, Freya dan Thor adalah dewa penting lainnya dalam agama Jermanik. Orang Jermanik menyebut bagian dunia yang ditempati oleh orang sebagai Dunia Tengah, dan mereka percaya bahwa tempat ini dikelilingi oleh samudra yang sangat luas. Pada kenyataannya, daerah Jermanik memang dikelilingi oleh Samudra Atlantik di barat, Laut Baltik di utara, dan Laut Tengah di selatan. Di Dunia Tengah, ada suatu tempat bernama Asgard, yang ditempati oleh para dewa. Antara Asgard dan dunia manusia terdapat jembatan pelangi. Dunia kematian, disebut Hel, berada di suatu tempat yang dingin di daerah utara dan kadangkala dikaitkan dengan dunia para raksasa. Buku ini membahas beberapa dewa penting dalam agama Jermanik. (Selengkapnya...)

WikiBuku disediakan gratis oleh sebuah organisasi nirlaba, Yayasan Wikimedia, yang juga menyediakan beberapa proyek multibahasa yang lain.

logo Wikipedia
Wikipedia
Ensiklopedia
logo Wiktionary
Wiktionary
Kamus dan tesaurus
logo Wikiquote
Wikiquote
Koleksi kutipan
logo Wikisource
Wikisource
Naskah sumber
logo Meta-Wiki
Meta-Wiki
Koordinasi proyek
logo Wikinews
Wikinews
Sumber berita
logo Wikimedia Commons
Commons
Gudang media bersama
Wikimedia Foundation
Wikimedia Foundation
Humas