Halaman Utama

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Selamat datang di Wikibuku,
buku bebas yang dapat disunting siapa pun.
WikiBuku adalah salah satu proyek Wikimedia bermula 10 Juli 2003. Sejak itu, sukarelawan telah menulis sekitar 3.466 modul berjumlah puluhan buku.

WikiBuku menerima tulisan orisinil maupun tulisan-tulisan yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya, selama penulisnya bersedia melepas tulisan tersebut dengan lisensi Creative Commons CC-BY-SA dan Ketentuan Penggunaan.

Silakan mencoba di bak pasir, tempat Anda dapat melakukan apa saja dan rasakan bagaimana cara wiki bekerja. Lihat juga milis kami atau rencana halaman untuk memperbincangkan berita-berita terbaru, atau kunjungi warung kopi kami.

Kenapa menyumbang ke buku cetak sumber terbuka?

Teknologi Informasi

Sains

Bahasa

P religion world.svg Agama

Noia 64 apps kworldclock.png Sejarah

Automobile stub.svg Transportasi

Exquisite-backpack.png Wisata

Bread and wine.svg Resep

Seni

Fiksi

Lainnya

Parthenon from south.jpg
Bangunan tertua yang dibangun di Yunani, tepatnya pada Zaman Batu Baru, adalah rumah atau gubuk kecil, dan dinding kayu di sekelilingnya untuk perlindungan. Kemudian, dibangun rumah yang lebih besar, dan dinding batu di sekeliling desa. Pada Zaman Perunggu Awal, di tengah-tengah suatu desa dibangun satu rumah yang paling besar, dan dinding batunya juga lebih besar. Pada Zaman Perunggu Akhir, ada istana dan makam batu besar, selain juga jalan berubin, jembatan, bendungan, dan lebih banyak dinding batu. Pada Zaman Kegelapan Yunani, istana, jalan dan jembatan dihancurkan. Pada periode Arkaik, bangunan jenis baru pun mulai dibuat, di antaranya kuil para dewa. Selain itu, jalan, jembatan, dan dinding batu juga dibangun lagi. Pada periode Klasik, dibangun lebih banyak lagi kuil, dengan ukuran yang lebih besar dan rancangan yang baru. Mereka juga membangun tempat umum, misalnya gimnasium dan stoa, dimana orang-orang dapat berkumpul dan berdiskusi. Pada periode Hllenistik, orang Yunani lebih banyak membangun teater. Selain itu, perencanaan kota juga menjadi lebih matang. Melalui penaklukan Aleksander Agung, arsitektur menjadi cara yang penting untuk menyebarkan kebudayaan Yunani dan menunjukkan kekuasaan Yunani di daerah taklukan. (Selengkapnya...)

WikiBuku disediakan gratis oleh sebuah organisasi nirlaba, Yayasan Wikimedia, yang juga menyediakan beberapa proyek multibahasa yang lain.

logo Wikipedia
Wikipedia
Ensiklopedia
logo Wiktionary
Wiktionary
Kamus dan tesaurus
logo Wikiquote
Wikiquote
Koleksi kutipan
logo Wikisource
Wikisource
Naskah sumber
logo Meta-Wiki
Meta-Wiki
Koordinasi proyek
logo Wikinews
Wikinews
Sumber berita
logo Wikimedia Commons
Commons
Gudang media bersama
Wikimedia Foundation
Wikimedia Foundation
Humas