Mitologi Nordik/Raksasa

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jotunheim, tempat tinggal raksasa es.

Raksasa adalah ras makhluk hidup yang berukuran besar dan perkasa dalam mitologi Nordik. Raksasa biasanya bermusuhan dengan para dewa, terutama dengan para dewa Aesir.

Ras raksasa disebut Jotun atau Iotun. Ada beberapa jenis raksasa. Raksasa yang paling umum adalah raksasa es. Mereka tinggal di Jotunheim, salah satu dari sembilan dunia. Ibukota Jotunheim adalah Utgard, yang merupakan citadel raksasa es sekaligus kediaman Utgard-Loki atau Utgardaloki. Sebutan lain untuk dunia para raksasa adalah Negeri Raksasa.

Negeri Raksasa atau Jotunheim merupakan tempat yang luas. Letaknya di sebelah timur Midgard, dipisahkan sungai dan hutan yang dsiebut Jarnvid ("Hutan Besi"). Jarnvid dihuni oleh troll wanita, yang disebut Jarnvidjur. Mereka melahirkan raksasa dengan bentuk serigala.

Selain Utgard, ada banyak tempat lainnya di Jotunheim. Raksasa Hrungnit tinggal di perbatasan Negeri Raksasa yang disebut Griotunagardar. Raksasa Thiassi tinggal di gunung yang disebut Thrymheim, bersamap putrinya Skadi.

Jenis raksasa lainnya adalah raksasa api, yang tinggal di Muspelheim. Raksasa api bernama Surt menjadi penguasa di sana.

Beberapa raksasa wanita menjadi dewi karena mereka menjalin cinta dengan para dewa, misalnya raksasa Jord, Grid, Gerd dan Rind. Mereka menjadi dewi Aesir atau dewi tersendiri.

Banyak dewa Aesir merupakan keturunan raksasa, di antaranya adalah Odin, Thor, Tyr dan Heimdall. Barangkali dewa/raksasa yang paling penting adalah Loki. Kedua orang tua Loki adalah raksasa, namun dia sendiri dianggap sebagai dewa. Loki menjadi pemimpin para raksasa es dalam Ragnarok.

Raksasa kadangkala disebut juga sebagai troll.