Panduan LaTeX/Pengenalan: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
12 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
(←Membuat halaman berisi ' == Apa itu TeX? == '' 'TeX''' adalah markup tingkat rendah dan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Donald Knuth untuk mengeset dokumen ...')
 
== Apa itu TeX? ==
 
'' '[[w:TeX|TeX]]''' adalah markup tingkat rendah dan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh [[w: Donald Knuth | Donald Knuth]] untuk mengeset dokumen menarik dan konsisten. X, yang mewakili huruf Yunani "chi", diucapkan seperti akhir dari Skotlandia'' danau'' atau'' nama'' Bach. Namanya berasal dari kata Yunani "τεχνολογία" ('' technologìa''), yang diterjemahkan sebagai "teknologi" dalam bahasa InggrisIndonesia; suku kata pertama adalah "τεχ", mirip dengan ''TeX'' TeX dalam abjad Latin. Menurut pendekatan yang berbeda nama berasal dari kata Yunani "τέχνη" ('' teknis''), yang diterjemahkan sebagai seni''seni'' dalam bahasa InggrisIndonesia. Dalam kasus kedua suku kata pertama adalah "τεχ" lagi.
 
Knuth mulai menulis mesin typesetting TeX pada tahun 1977 untuk menggali potensi dari peralatan digital printing yang mulai menyusup industri penerbitan pada waktu itu, terutama dengan harapan bahwa ia bisa mengubah kecenderungan kualitas ketik memburuk bahwa ia melihat mempengaruhi sendiri buku dan artikel.
TeX adalah bahasa pemrograman, dalam arti bahwa ia mendukung jika-lain membangun, Anda dapat membuat perhitungan dengan itu (yang dilakukan saat kompilasi dokumen), dll, tetapi Anda akan merasa sangat sulit untuk melakukan hal lain tetapi typesetting dengan itu. Kontrol halus TeX menawarkan membuatnya sangat kuat, tetapi juga sulit dan memakan waktu untuk digunakan. TeX terkenal untuk menjadi sangat stabil, untuk berjalan pada berbagai jenis komputer, dan karena hampir bebas bug.
 
Sekuat TeX mungkin, penggunaan yang efektif memerlukan tingkat cukup tinggi pembelajaran, dan investasi waktu untuk membangun macro kustom untuk pemformatan teks. Bagi mereka mencari solusi yang lebih mudah, sistem persiapan dokumen berdasarkan TeX, yang terdiri dari koleksi pre-built macro, ada. '' 'LaTeX''' adalah salah satu yang lebih populer ini. Hal ini dihargai karena hematmenghemat waktu, mengotomatisasi tugas-tugas tertentu dan mengurangi kesalahan pengguna diperkenalkan. Inilah yang membuatnya begitu populer. Namun, ini datang pada biaya pengorbanan fleksibilitas. TeX tetap menjadi bahasa pilihan bagi mereka yang ingin bahasa format yang berdedikasi dan fungsi hampir tak terbatas.
 
== Apa itu LaTeX? ==
50

suntingan

Menu navigasi