Doa Bercermin Untuk Wanita dan Laki-laki Lengkap

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
(Dialihkan dari Wikibuku:Bak pasir)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Doa bercermin baik untuk wanita maupun laki-laki sangat penting untuk dipelajari. Setiap hari kita melakukannnya. Baik itu di rumah atau dimana saja. Setiap manusia berkeinginan tampil dengan baik. Dalam hal wajah, rambut, pakaian, dan lainnya. Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang baik. Wajah misalnya. Seorang wanita selalu merawat wajahnya supaya tetap cantik. Tidak terlalu masalah jika memang harus mengeluarkan uang dalam rangka membeli perlengkapan dan bahan kosmetik guna mempercantik diri. Tidak sedikit pula waktu yang dihabiskan untuk berhias di depan cermin. Bahkan di kala bepergian pun tetap membawa cermin kecil yang disimpan di dalam tasnya.
Apalagi bila seorang istri bersama suaminya di rumah. Ia memang harus tampil sebaik-baiknya. Wajah harus tampil cantik. Pakaian mesti juga rapi. Rambut pun dibuat atau ditata supaya enak dipandang oleh sang suami. Seorang suami pun juga hendaknya berpenampilan rapi di hadapan istrinya. Rambutnya disisir dan pakaian pun dipilih yang rapi. Dengan begitu, tercapailah kebahagiaan di dalam rumah tangganya.
Tidak hanya di rumah. Kita bisa saksikan dan temui beberapa tempat terpasang cermin yang berukuran besar di sana. Misalnya saja di perkantoran dan masjid. Tentu saja, ada maksud dan tujuan dari pemasangan cermin tersebut. Mesti ada manfaat penting yang bisa dirasakan dari cermin itu. Manfaat tersebut yakni supaya orang yang berada di kantor itu menjadi rapi dan bagus penampilannya. Demikian pula para pengunjung yang akan masuk ke kantor tersebut. Mereka diharapkan merapikan dan memperbaiki penampilannya terlebih dahulu. Di masjid juga demikian. Para jamaah yang hendak masuk masjid diharapkan sudah merapikan dahulu baju, rambut, dan penampilannya secara keseluruhan.
Ketika kita bercermin, ada adab penting untuk diamalkan. Diantara adab yang penting itu ialah membaca doa bercermin. Mengenai lafazh doanya yakni
اَللّٰهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ
Latinnya :
ALLAHUMMA KAMAA HASSANTA KHALQII FAHASSIN KHULUQII.
Artinya :
" Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku."
Dalam doa tersebut kita mengakui bahwa manusia adalah ciptaan Allah. Maka kita pun mesti bersyukur karena telah diberi penampilan yang baik. Selanjutnya, kita pun bermohon kepada Allah agar diperbaiki akhlak. Sehingga akhlak kita menjadi lebih mulia. Dengan akhlak yang mulia maka kita akan menjadi pribadi yang dekat dengan Allah dan juga disukai oleh orang lain.

Pranala Luar[sunting]