Pengguna:Ronniecoln Loudtiago/Buku contoh/Cara Ampuh Melawan Virus/Pendahuluan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
<< Pengantar Pendahuluan - Cara Ampuh Melawan Virus BAB 1 - Apakah Komputer Saya Terkena Virus? >>


Bismillah. Meskipun buku ini tipis, namun diharapkan dapat membantu Anda dalam menghadapi virus. Disusun secara ringkas dan tertata dalam langkah.

Memang tidak jaminan bahwa langkah-langkah, tip dan trik yang ada dapat menyelamatkan "hidup" Sampeyan. Tapi diharapkan dapat membuat Anda, khususnya pemakai pemula, tahu bagaimana harus melangkah dengan lebih tenang, waspada, dan taktis dalam menganalisis, menangani, dan membasmi virus.

Saya tidak akan menebarkan mimpi bahwa mengatasi virus itu mudah dan dapat dilakukan dengan waktu yang singkat. Tapi saya menunjukkan bahwa menghadapi virus itu tidak gampang, perlu ketelatenan, kedisiplinan, dan tenaga ekstra.

Itu saja! Semoga buku ini bermanfaat.

Organisasi Buku[sunting]

Diawali dengan BAB 1. dengan judul Apakah Komputer Saya Terkena Virus?, membahas beberapa hal ringan tentang virus, seperti definisi, penyebarannya. Tanda-tanda serangan virus secara umum akan diulas. Dan akan disinggung masalah beberapa tanda serangan pada flashdisk, hard disk, dan komputer. Dari tanda-tanda tersebut, pemakai akan dapat menarik kesimpulan apakah komputernya terkena virus ataukah tidak.

Memasuki, BAB 2. Ya Ampun... Komputer Saya Terkena Virus!, akan ditunjukkan secara global langkah-langkah yang harus diambil pemakai dalam mengatasi virus. Seperti men-scan komputer dengan AntiVirus yang ada, melakukan update AntiVirus, mencoba beberapa program AntiVirus lainnya, memakai removal tools, memakai scan online, mencari AntiVirus lokal dan melakukan instal ulang. Langkah-langkah tersebut akan dijabarkan secara lebih rinci pada bab-bab selanjutnya.

Pada BAB 3, dengan tajuk Memakai Bantuan AntiVirus Luar Negeri, akan memperlihatkan beberapa langkah awal pemakaian tahapan pertama, seperti mencari dan memakai beberapa AntiVirus luar negeri, mencari sebanyak mungkin removal tools, memakai beberapa program anti malware, dan memakai jasa online scanner.

Memasuki tahapan kedua, pada BAB 4. Memakai Bantuan AntiVirus Dalam Negeri (tidak disertakan dalam buku sampel ini), pembahasan akan dibagi menjadi dua bagian utama. Bagian pertama akan membahas program antivirus universal lokal yang bernama: CyberSufi Hates Virus (CSHV). Pada bagian ini, akan ditunjukkan beberapa cara melakukan proses scanning, pembuatan dan penghapusan database virus baru, loading dan sinkronisasi database virus. Ditunjukkan pula cara menampilkan seluruh file yang disembunyikan virus. Pengaturan settingan CSHV agar optimal dalam bekerja juga dibahas. Pemakaian fitur pemutus proses virus, untuk mematikan virus di memory, dan fitur FixReg untuk memperbaiki Registry juga akan diulas. Penghapusan data karantina dengan memakai fitur SafeBox akan disinggung pula.

Bagian kedua, akan membahas: CyberSufi No Script (CSNS). Bagian ini, akan menunjukkan cara instalasi program dan keterangan ringkas menu utama pada CSNS. Selanjutnya, akan ditunjukkan dua fitur skrip blokir, fitur blokir standar script dan fitur matikan proses file engine skrip. Pemblokiran Autorun akan dibahas termasuk bagaimana mematikan fitur autorun Windows, menunda pengawasan autorun.inf, serta mengaktifkan CSNS saat Booting. Untuk menambah pemahaman akan ditunjukkan pula saran pemakaian CSNS agar dapat berfungsi optimal.

Pada BAB 5. dengan judul Duet CSNS dan CSHV (tidak disertakan dalam buku sampel ini), akan ditunjukkan bagaimana program CSHV dan CSNS akan bekerja bahu membahu dalam melawan virus. Dua contoh kasus untuk menangani virus akan ditunjukkan. Contoh kasus autorun.inf. akan menunjukkan bagaimana membuat database virus, menghapus file virus, menghapus file autorun.inf, keluar dari jendela peringatan dan memanggil CSHV. Contoh kasus desktop.ini juga akan dibahas. Sebagai tools untuk memperkuat pertahanan sistem komputer, ditawarkan program antivirus on access scanner sederhana, yang bernama CyberSufi No Mercy (CSNM).

Pada BAB 6. Tools Penyambung Nyawa (tidak disertakan dalam buku sampel ini), akan menunjukkan pemakaian singkat beberapa program bantu melawan virus, seperti a-squaredHijackfree untuk mematikan proses, memeriksa port yang terbuka, autorun dan servis, CCleaner untuk membersihkan sampah sistem dan Registry, ERUNT untuk membuat backup dan restore data Registry, Undeleteplus untuk mengembalikan file yang terhapus, Process Explorer untuk mengawasi dan mematikan proses aktif, Servant Salamander untuk menggantikan Windows Explorer, dan Sunbelt Personal Firewall untuk memblokir akses tak sah. Dengan adanya program-program bantu ini, diharapkan pemakai lebih tenang dalam menghadapi virus.

Memasuki bab terakhir, BAB 7. Strategi Menghadapi Virus (tidak disertakan dalam buku sampel ini), akan membahas beberapa strategi, tip dan trik untuk menghadapi virus. Empat fokus pembahasan pada bagian ini adalah bagaimana jika terlanjur terinfeksi virus, pengamanan jika komputer belum terkena virus, bagaimana memperkuat kelangsungan hidup sistem dan bagaimana menemukan file virus. Dengan adanya bagian ini, akan membuat pemakai dapat lebih aman dari serangan virus.

Asumsi-asumsi[sunting]

  • Klik. Berarti menekan tombol mouse sebelah kiri satu kali.
  • Klik ganda. Berarti menekan tombol mouse sebelah kiri dua kali berturut-turut secara cepat.
  • Klik kanan. Berarti menekan tombol mouse sebelah kanan.
  • Kata atau istilah virus mengacu pada semua program nakal, baik itu Worm, Virus, Trojan, Malware, dan teman-temannya... :). Penggunaan kata virus dipakai untuk mempermudah pembahasan saja.
  • :) :( Ikon emoticon. Ikon dengan gambar orang tersenyum atau cemberut, menunjukkan bahwa bagian tersebut sekedar bercanda, agar buku tidak membosankan untuk dibaca. Jadi.... jangan dianggap serius, apalagi dimasukkan ke hati.
  • Ikon CyberSufi. Berisi beberapa keterangan yang mungkin berguna.