Afrika Kuno/Arsitektur/Awal

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
<< Arsitektur Awal - Afrika Kuno Arsitektur Kartago >>
Kompleks Piramida Gaza
Kuil Luxor

Afrika mungkin adalah tempat dibangunnya rumah pertama, yang dibuat dari lumpur dan kayu. Ini adalah arsitektur tertua. Tidak banyak yang diketahui mengenai rumah pada masa ini karena lumpur dan kayu tidak bertahan lama.

Akan tetapi, pada 3000 SM, orang Afrika mulai membangun rumah dari batu, terutama di tempat yang memiliki banyak bebatuan. Mereka membangun piramida di Kerajaan Lama Mesir, sekitar 2700-2500 SM, serta makam batu yang disebut mastabas. Pada awalnya mereka hanya membangun bangunan batu kecil atau bangunan batu besar yang padat seperti piramida. Lebih jauh di selatan, di Meroe dan Aksum (Sudan dan Ethiopia modern), para arsitek Afrika pada masa ini juga membangun piramida, namun ukurannya lebih kecil daripada piramida Mesir.

Sekitar 2000 SM, para arsitek di Mesir belajar membangun kuil bertiang. Kuil-kuil ini biasanya memiliki atap kayu, yang cukup ringan untuk ditopang oleh tiang. Para firaun Mesir membangun banyak kuil pada masa Kerajaan baru, sekitar 1500 hingga 1200 SM.

Templat:Afrika Kuno