Anatomi Lisensi Creative Commons/Enam Lisensi Creative Commons

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam bab sebelumnya, Anda telah mengenali unsur-unsur pembentuk enam jenis lisensi Creative Commons. Bab ini akan menjelaskan keenam jenis lisensi Creative Commons tersebut. Setiap jenis lisensi ini akan memberikan pelepasan dan perlindungan hak cipta secara berbeda terhadap karya Anda.

Atribusi (BY)[sunting]

CC-BY icon.svg

Lisensi Creative Commons Atribusi (CC BY) mengizinkan orang lain untuk menyebarluaskan, menggunakan, menurunkan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mencantumkan nama Anda sebagai pencipta karya asli. Jenis lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas dari keenam lisensi Creative Commons.

Atribusi-BerbagiSerupa (BY-SA)[sunting]

Cc-by-sa (1).svg

Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa (CC BY-SA) mengizinkan orang lain untuk menyebarluaskan, menggunakan, menurunkan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mencantumkan nama Anda sebagai pencipta karya asli dan mengumumkan karya turunan tersebut dalam lisensi yang sama/serupa dengan lisensi asal. Lisensi dengan unsur BerbagiSerupa dianggap dapat menjaga dan memperbanyak karya berlisensi terbuka yang tersedia untuk khalayak umum, karena mewajibkan penggunanya untuk melepas karya turunan dalam lisensi yang serupa.

Atribusi-TanpaTurunan (BY-ND)[sunting]

Cc-by-nd icon.svg

Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan (CC BY-ND) mengizinkan orang lain untuk menyebarluaskan, menggunakan, menurunkan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mencantumkan nama Anda sebagai pencipta karya asli dan karya diumumkan dalam bentuk asli tanpa gubahan. Bentuk adaptasi atau perubahan terhadap karya berlisensi BY ND tidak boleh dipublikasikan ke muka umum.

Atribusi-NonKomersial (BY-NC)[sunting]

Cc-by-nc icon.svg

Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial (CC BY-NC) mengizinkan orang lain untuk menyebarluaskan, menggunakan, menurunkan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mencantumkan nama Anda sebagai pencipta karya asli dan digunakan untuk kepentingan nonkomersial saja. Lisensi ini melarang pengguna karya Anda untuk mendapatkan laba atau mengeksploitasi karya Anda secara komersial.

Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa (BY-NC-SA)[sunting]

Cc-by-nc-sa icon.svg

Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa (CC BY-NC-SA) mengizinkan orang lain untuk menyebarluaskan, menggunakan, menurunkan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mencantumkan nama Anda sebagai pencipta karya asli, ditujukan untuk kepentingan nonkomersial, dan karya turunannya dipublikasikan dengan lisensi serupa.

Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND)[sunting]

Cc-by-nc-nd icon.svg

Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (CC BY-NC-ND) mengizinkan orang lain untuk menyebarluaskan dan membagikan karya asli Anda, tanpa adanya perubahan atau adaptasi, dan tanpa tujuan komersial. Lisensi ini merupakan lisensi paling ketat dari Creative Commons, yang hanya memungkinkan orang lain secara leluasa membagikan karya asli Anda, tanpa hak untuk mengubah, menurunkan, atau memanfaatkannya secara komersial.