Anatomi Lisensi Creative Commons/Lapisan-lapisan Creative Commons

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lisensi Creative Commons terdiri dari tiga lapisan, yakni lisensi lengkap, lisensi ringkas dan lisensi yang terbaca mesin. Tiga lapisan lisensi ini akan digunakan untuk keperluan dan konteks yang berbeda satu sama lain.

Lisensi Lengkap[sunting]

Lisensi lengkap atau kadang pula disebut lisensi dasar adalah serangkaian teks lengkap syarat dan ketentuan dari lisensi Creative Commons. Teks ini merupakan teks hukum dan oleh karena itu ditulis pula dengan bahasa hukum. Teks ini berfungsi sebagai alat bukti ketika suatu perkara hukum melibatkan lisensi Creative Commons. Teks hukum lapisan ini kemungkinan akan sulit dipahami oleh masyarakat luas karena bahasa yang digunakan sangat teknis dan mengandung banyak istilah-istilah di bidang hukum.

Lisensi Ringkas[sunting]

Lisensi ringkas adalah versi yang lebih ringkas dari lisensi lengkap Creative Commons. Bahasa yang digunakan dalam lapisan ini adalah bahasa umum yang akan dengan mudah dipahami oleh masyarakat luas. Penjelasan-penjelasan paling penting mengenai konsep, syarat dan ketentuan lisensi Creative Commons juga disederhanakan. Meskipun demikian, lisensi ringkas ini tidak dapat dijadikan sebagai alat bukti apabila terjadi perkara hukum yang melibatkan penggunaan lisensi Creative Commons.

Lisensi Terbaca Mesin[sunting]

Lisensi yang terbaca mesin adalah lisensi yang dapat dikenali oleh komputer. Lapisan ini memungkinkan berkas-berkas elektronik yang dibagikan melalui internet/komputer dapat dikenali sebagai berkas yang menggunakan lisensi Creative Commons. Hal ini diterapkan untuk mencegah terhapusnya informasi mengenai lisensi Creative Commons pada sebuah karya elektronik saat karya tersebut disebarkan melalui kegiatan salin-tempel atau unggah-unduh.