Bahasa Rusia/Pelajaran 1

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alfabet Kiril Rusia[sunting]

Alfabet Kiril Rusia dalam bahasa Rusia disebut dengan "Алфавит" (Alfavit) atau "азбука" (azbuka). Untuk memelajari bahasa Rusia, kemampuan membaca dan menulis alfabet Kiril Rusia sangatlah diperlukan. Selain di Rusia, alfabet Kiril juga digunakan di beberapa negara yang menggunakan bahasa dari rumpun Slavia dengan beberapa modifikasi sesuai kebutuhan bahasa masing-masing. Beberapa huruf memiliki bentuk yang mirip dengan huruf Latin, sementara sisanya mirip dengan huruf Yunani. Bagi penutur bahasa Indonesia, pada pertama kali dipelajari, kemungkinan alfabet ini agak sulit untuk dikuasai. Akan kesulitan itu akan hilang setelah kita melakukan beberapa kali latihan untuk menghafalnya.

01 02 03 04 05 06 07 08 09 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33
Alfabet Kiril Rusia
А Б В Г Д Е Ё Ж З И Й К Л М Н О П Р С Т У Ф Х Ц Ч Ш Щ Ъ Ы Ь Э Ю Я
а б в г д е ё ж з и й к л м н о п р с т у ф х ц ч ш щ ъ ы ь э ю я
Trasliterasi ISO 9 sub-standard 1
a b v g d e ё ž z i j k l m n o p r s t u f h c č š šč " y ' e ju ja
Trasliterasi ISO 9 sub-standard 2
a b v g d e yo zh z i j k l m n o p r s t u f kh ts ch sh shch " y ' e yu ya

Warna hijau menunjukkan huruf-huruf vokal. Dalam bahasa Rusia, terdapat sepuluh huruf vokal, terdiri atas lima vokal keras dan lima vokal lunak:

Vokal keras
А Э Ы O У
Vokal lunak
Я E И Ё Ю

Warna kuning dan biru menunjukkan huruf-huruf konsonan. Dalam bahasa Rusia, huruf konsonan terdiri atas konsonan bersuara dan tidak bersuara. Jika huruf konsonan bersuara ini terdapat pada akhir kata, maka bunyinya berubah menjadi seperti bunyi konsonan tak bersuara pasangannya:

Konsonan bersuara
Б В Г Д Ж З
Konsonan tidak bersuara
П Ф К Т Ш С

Warna merah menunjukkan tanda-tanda pembantu pelafalan bunyi, yakni tanda penguat ("Ъ") dan tanda pelemah ("Ь"). Tanda-tanda tersebut memengaruhi khususnya pengucapan huruf konsonan seperti yang akan kita lihat nanti.

Warna biru terdiri atas huruf semi konsonan, getar, nasal, dan campuran.