Buku Pegangan Adempiere/Bagian bisnis

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search

Jika anda membutuhkan panduan instalasi Adempiere silahkan ikuti panduan instalasi di Bagian Teknik.

Pada bagian ini akan dibahas langkah demi langkah pengunaan Adempiere dimulai dari proses konfigurasi sampai dengan pengaturan bisnis dengan menggunakan Adempiere.

Mengatur Struktur Perusahaan[sunting]

Tahapan awal dari pengunaan Adempiere adalah memetakan struktur perusahaan ke dalam Adempiere.

Istilah: Adempiere menyebut perusahaan sebagai Client.Client adalah level tertinggi dari entitas bisnis yang independen. Di dalam Client terdapat departement-departement. Client menggunakan satu mata uang sebagai mata uang acuan dan semua transaksi dengan mata uang lain akan mengacu pada mata uang acuan.

Kita dapat memasukan lebih dari satu Client kedalam Adempiere dan masing-masing Client mempunyai mata uang acuan sendiri. Feature ini dapat di implementasi bagi perusahaan yang mempunyai beberapa cabang dengan pencatatan terpisah.

ADempiere telah menyiapkan dua client bawaan ketika kita menginstall ADempiere, pertama adalah System Client yang fungsinya untuk menambah Client dan yang kedua adalah GardenWorld sebagai Client Sample.

Ketika kita akan membuat client baru maka pertama kita harus Login sebagai System dengan password System, dan yang sebelumnya harus kita persiapkan adalah Chart Of Account, jika anda belum memilikinya maka buatlah COA tersebut bisa dengan menggunakan bantuan COA Editor atau menggunakan sample yang telah disediakan ADempiere yaitu yang berada di folder ADempiere_Home/data/import.

Setelah anda berhasil login anda akan disuguhi menu seperti folder dalam window, silahkan pilih : System Admin » Client Rules kemudian klik pada Initial Client Setup Process. Initial client setup.jpg

Pada gambar diatas terlihat field-field yang harus kita isikan, sesuai dengan kondisi perusahaan

  • Baris isi
Nama Field Keterangan
client diisi dengan nama perusahaan
Org Key diisi dengan kata kunci untuk organisasi
Organization Name Nama Organisasi dalam Perusahaan
Administrative User Name Secara default Adempiere akan membuatkan dua user : yaitu Admin dan User biasa
Normal User Name User Biasa
Currency Pilih mata uang yang akan menjadi base currency laporan keuangan
Country Negara
Region Propinsi
City Name Nama Kota
City Nama Kota
ZIP Kode Pos
Address 1 Alamat
Chart of Account File Pilih lokasi penyimpanan COA yang telah kita buat sebelumnya

Setelah semua field-field diisi, selanjutnya kita klik Start pada pojok kanan bawah, dan jika tidak ada masalah berarti kita telah sukses membuat "Initial Client Setup", dan langkah selanjutnya adalah kita bisa menyiapkan siapa-siapa yang akan terlibat dalam System Adempiere ini.

Mengatur Bussiness Partner[sunting]

Setelah selesai proses Initial Client Setup, berikutnya kita akan mendaftarkan atau maintenance Bussiness Partner yaitu semua orang atau perusahaan yang terlibat didalam proses bisnis perusahaan, baik itu customer, vendor maupun karyawan. Aplikasi Adempiere telah menyiapkan workflow untuk mengatur Bussines Partner.