Doa Masuk Masjid Dilengkapi Latin Serta Artinya

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Masjid merupakan tempat ibadah kaum muslimin. Dimana ada orang Islam biasanya di situ ada bangunan masjid. Jumlah masjid di seluruh belahan dunia ini banyak sekali. Dikatakan masjid karena tempat tersebut mempunyai fungsi sebagai tempat sujud. Ibadah yang wajib dikerjakan oleh tiap orang muslim setiap hari salah satunya shalat wajib lima waktu. Rincian shalatnya yaitu shalat dhuhur, shalat ashar, shalat maghrib, shalat isya, dan shalat subuh. Semuanya wajib dikerjakan tiap hari. Waktunya harus tepat. Bagi setiap laki-laki muslim, shalat wajib lima waktu tersebut sebaiknya dikerjakan secara berjamaah atau bersama-sama dengan orang lain. Minimal disebut berjamaah bila ada dua orang. Yang satu sebagai imam dan yang satunya lagi menjadi makmum.
Maka tak heran bila masjid selalu ramai dikunjungi. Setidaknya dalam sehari semalam yang lamanya dua puluh empat jam itu dikunjungi selama lima kali. Pada hari jumat masjid juga digunakan untuk pelaksanaan ibadah shalat jumat. Sedangkan di bulan ramadhan, pada waktu sesudah shalat isya' masjid sangat ramai dengan adanya ibadah shalat sunah tarawih. Masjid sangat penting dalam kehidupan kaum muslimin. Berbagai ibadah berpusat di dalam masjid. Ketika kita memasuki masjid kita hendaknya menjaga kebersihan dan kesucian. Bahkan, sebelum masuk ke dalam masjid kita mesti membaca doa masuk masjid seperti di bawah ini.
اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
Latinnya :
ALLAHUMMAF TAHLII ABWAABA RAHMATIK.
Artinya:
" Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu ".
Saat sudah masuk ke dalam masjid dalam rangka melaksanakan ibadah maka suasana ketenangan kita peroleh. Hati menjadi tentram, tenang, damai, dan dingin rasanya. Seluruh rasa gundah gulana, resah, gelisah, susah, dan gusar dapat hilang dengan sendirinya. Hadir kebahagiaan di dalam kehidupan pribadi tiap muslim yang memasuki masjid untuk ibadah shalat berjamaah dan lainnya. Masuk masjid dengan membaca doa terlebih dahulu merupakan bagian akhlak yang mulia atau baik. Maka sangat bagus sekali bila kita mengamalkannya selalu.

Pranala Luar[sunting]