Doa Menjenguk Orang Sakit

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kita sebagai manusia hidup di dunia ini tidaklah kekal selama lamanya. Dalam menjalani kehidupan ini kita mesti sabar dalam segala tindakan. Akhlak mulia hendaknya selalu dikedepankan. Dengan akhlak yang baik maka kita termasuk orang yang memiliki hubungan baik kepada sesama manusia. Orang yang berakhlak baik maka mereka termasuk beruntung di dunia. Diakhirat mereka lebih beruntung lagi. Kita saling tolong menolong dalam menjalani hidup ini. Saling menolong dalam perkara kebaikan.
Ada kalanya kita mendengar kabar adanya seorang teman, saudara, tetangga, rekan kerja, dan lain-lain yang sedang sakit. Tatkala mendengar kabar itu, tentu kita menjadi sedih. Sebagai seseorang yang berakhlak baik maka ingin segera untuk menjenguk dan melihat keadaannya. Entah mereka itu ada di rumah sakit atau dirawat di rumah saja. Tiada satu pun orang yang menginginkan sakit terjadi pada dirinya. Sakit memang ujian yang harus dihadapi dengan tabah. Dan setiap orang pun kami yakin pernah merasakan sakit itu.
Saat kita bergegas untuk menjenguk orang yang sakit, ada hal-hal yang perlu kita lakukan. Hendaknya kita menghibur orang yang sakit tersebut. Seperti memberikan motivasi bahwa sakitnya hanya biasa saja dan akan segera sembuh. Tidak boleh kita mengucapkan perkataan yang membuat si sakit menjadi sedih dan susah. Kita pun jangan lupa membaca doa untuk orang sakit. Mengenai lafazh doanya yakni :
لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ
Latinnya :
LAABA’SA THAHUURUN INSYA ALLAH.
Artinya :
"Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari.
Atau kita bisa membaca doa lainnya yakni :
اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْ سَ اِشْفِ
وَأَنْتَ الشَّافِيْ
لَاشِفَآءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا
Latinnya :
ALLAHUMMA RABBAN-NAASI ADZHIBIL BA'SA ISYFI WA ANTASY-SYAAFII LAA SYIFAA-A ILLAA SYIFAA-UKA SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQAAMAN.
Artinya :
" Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit. Engkau adalah Dzat yang memberi kesembuhan. Tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tanpa ada rasa sakit sama sekali."
Untaian doa yang kita ucapkan akan memberikan kebahagiaan bagi orang yang sakit. Mereka akan gembira hatinya karena adanya orang yang mendoakan kesembuhan. Allah subhanahu wa ta'ala yang akan mengabulkan doa dari para hamba-Nya.

Pranala Luar[sunting]