Doa Shalat Istikharah

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Doa Shalat Istikharah

Doa shalat istikharah sangat penting. Tiada satu pun manusia di dunia ini yang tidak memiliki masalah dalam hidupnya. Entah itu seorang miskin maupun kaya, remaja maupun dewasa. Dalam menghadapi berbagai masalah itu kadang tidak sedikit orang yang merasa bingung. Mereka melihat sebuah persoalan itu amat berat. Seolah-olah mereka tidak akan sanggup untuk memikulnya. Contoh permasalahan itu ialah seseorang yang bingung tatkala memilih jodoh atau calon pasangan hidupnya. Baik memilih suami atau istri. Memang manusia itu makhluk yang amat lemah.

Dalam hal ini, hendaknya kita tidak mengandalkan akal pikiran saja. Namun, kita mesti memohon pertolongan kepada Allah Swt. Caranya cukup mudah. Kita melakukan shalat sunah dua rakaat. Shalat itu dinamkan shalat istikharah. Sesudah selesai maka kita membaca doa shalat istikharah sebagaimana berikut ini:
Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB. ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-sampaikan permasalahan kita di sini-} KHAIRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI. WA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LIYAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDLINII BIH.
Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-sampaikanlah permasalahan kita di sini-} baik bagiku dalam agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. "
atau bisa juga dengan membaca :
Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB. ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-sampaikanlah permasalahan kita di sini-} KHAIRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI. WA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDLINII BIH.
Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-sampaikanlah permasalahan kita di sini-} baik bagiku alam urusanku di dunia dan di akhirat, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. "


Dengan kita memohon petunjuk-Nya, maka kita tidak akan bingung lagi. Pilihan yang kita putuskan pun tidak akan membuat penyesalan diri di kemudian hari. Akhirnya sukses kehidupan kita.

Pranala Luar[sunting]