How About Asia?

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Asia adalah benua terbesar dan terluas dunia, dikelilingi oleh samudera-samudera di sebelah Timur, Selatan dan Utaranya. Bagian barat Asia merupakan perbatasan Asia dengan Eropa, Laut Merah, Laut Tengah, dan Terusan Suez. Sebagian besar kawasannya berada di belahan bagian Utara bumi sedangkan pada bagian selatan bumi adalah beberapa pulau.

Letak Wilayah[sunting]


Asia terletak di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.
Secara geografis Asia terletak antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktic.
Secara geologis Asia menyatu dengan Benua Eropa yang sering disebut Eurasia.

Batas Benua Asia[sunting]


  • Sebelah Utara : Laut Arktik
  • Sebelah Selatan : Samudra Hindia
  • Sebelah Timur : Samudra Pasifik, Selat Bering
  • Sebelah Barat : Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural


kondisi fisik[sunting]


  • Luas Area : 44.570.000 km2)
  • Titik terendah : Laut Mati, Israel- Yordania (-422 m)
  • Titik Tertinggi : Gunung Everest, Cina- Nepal (8.850 m)
  • Sungai Terpanjang : Yang Tze Cina (6.244 km2)
  • Danau Terluas : Baikal (31.500 km)


kondisi politik[sunting]


  • Populasi : 4, 463 miliar jiwa (2016)
  • Negara Terluas : Cina (9.596.960 km2)
  • Kota Metropolitan Terluas : Tokyo, Jepanh (populasi 9,273 juta jiwa, 2015)
  • Negara penduduk terbanyak : Cina (populasi 1.379.302.771)



Iklim Benua Asia[sunting]


Iklim benua Asia bukan hanya tropis, pada kawasan ini berbagai macam iklim tersebar pada daerah yang berbeda-beda karena ada daerah yang berupa pegunungan tinggi, gurun, hutan, dan padang rumput. Secara umum, benua Asia memiliki iklim yang begitu banyak ragamnya. Ini karena wilayahnya terbentang dari belahan Bumi bagian timur sampai bagian utara. Di seluruh wilayah benua Asia, terdapat perbedaan besar dalam radiasi Matahari, sirkulasi atmosfer, curah hujan, dan iklim secara keseluruhan.

Di sebagian besar wilayah Asia, ada iklim kontinental yang berhubungan dengan daratan luas dan kisaran suhu tahunan yang ekstrem. Dari Samudra Atlantik, udara mencapai Asia setelah melewati Eropa atau Afrika. Udara itu berubah menjadi udara kontinetal, yaitu udara yang kehilangan kelembapan yang sebelumnya diserap dari air laut. Kemudian dari utara, udara Arktika bisa langsung masuk ke Benua Asia tanpa penghalang. Sementara di Selatan, ada udara tropis dan khatulistiwa, tapi terhalang untuk bergerak ke wilayah Asia lain karena ada pegunungan tinggi di Asia Barat sampai ke Tiongkok.

Penyebab Iklim di Benua Asia[sunting]


Letak geografis menjadi salah satu hal yang memengaruhi iklim di Benua Asia. Misalnya ada yang terletak di zona kutub sehingga iklimnya dingin. Kemudian, ada arah angin monsun dan curah hujan yang juga memengaruhi iklim. Topografi atau keadaan muka Bumi di Asia yang berbeda-beda juga merupakan faktor utama yang memengaruhi iklim pada benua ini.

Pembagian Iklim Benua Asia[sunting]


Di wilayah Utara, daratan Eurasia, bagian dari negara Rusia. Sekitar 77 persen wilayah Rusia masuk ke dalam kawasan Asia, wilayah ini menyumbang iklim tundra di Asia. Wilayah beriklim tundra adalah daratan yang ditutupi oleh salju.

  • Asia Timur : iklim sub-arktik atau boreal. Di wilayah dengan iklim ini, seperti Tiongkok dan Jepang bagian utara, udaranya sejuk dan bisa sangat dingin di musim dingin serta musim panas di daerah ini lebih singkat.
  Semakin ke tengah, iklim Asia semakin beragam. Ada iklim hutan iklim sedang, iklim padang rumput, gurun iklim sedang, dan iklim dataran tinggi.
  • Iklim dataran tinggi di wilayah Tibet : macam-macam jenis musim, tergantung ketinggian daratan tersebut.
  • Di Asia Timur : wilayah dengan iklim sub-tropis yang lembap dan iklim padang rumput tropis.
  • Asia Barat : wilayah gurun sub-tropis dan ada gurun tropis. disini, cuaca sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari.
  • Dekat wilayah gurun, Asia Selatan : iklim semi-arid atau semi kering, iklim padang rumput tropis, dan ada iklim hutan hujan tropis.
  • Asia Tenggara : iklim hutan hujan tropis dan iklim padang rumput tropis.
 Ada juga iklim dataran tinggi di perbatasan Indonesia dan Malaysia dan di Papua.


Kondisi Iklim[sunting]


  1. Asia Utara : Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara;
  2. Asia Tengah : Continental Kering, terutama Gurun Gobi.
  3. Asia Barat : Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab dan Plato Iran Iklim Mediterania, terutama Jazirah Anatolia.
  4. Asia selatan dan Tenggara : Tropis Basah.
  5. Jepang dan Semenanjung Korea : Sub Tropis


Sumber Daya Asia[sunting]


Cadangan bahan bakar terbesar di kawasan Asia : Minyak bumi, batu bara, Uranium, dan gas alam.

Cadangan mineral terbesar di kawasan Asia : seng, mika, timah, kromium, besi ,dan nikel.

Bentang alam di kawasan Asia[sunting]

  1. Di Selatan Arab Saudi,v gurun pasir seluas perancis., gurun itu bernama Rub Al Khali dan dijuluki lahan kosong karena sulit bagi hewean, tumbuhan, dan manusia unbtuk hidup disana. Angin kencang bisa meniup pasir menjadi bumbungan setinggi 330 meter, lebih tinggi dari Menara Eiffel.
  2. Kamchatka, di Timur Rusia, adalah salah satu daerah terpencil di dunia. kota utamanya hanya bisa di akses lewat udara atau laut. bentang alamnya berupa pegunungan dengan 30 gunung vulkanik. Sebagian gunung vulkanik masih aktif dan mengeluarkan lumpur panas di kawah gunung.
  3. Sungai Gangga, mengalir dari Himalaya melewati India dan Bangladesh, kemudian bermuara di Samudera Pasifik. Sungai ini dianggap suci oleh pemeluk agama Hindu. Setiap hari ribuan orang mandi di sungai Gangga karena dipercaya dapat menghapuskan dosa mereka. Penduduk menghormati sungai dengan cara melarung bunga atau lampu minyak ke sungai Gangga.
  4. Pulau komodo, Nusa Tenggara,Indonesia, dikenal sebagai habitat asli komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh pemerintah pusat dan telah ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia oleh Presiden Yayasan New Seven Wonder, Bernard Weber berupa pembukaan prasasti Seven Wonder oleh Bernard bersama Ketua Pembina Yayasan Komodo Yusuf Kalla.
  5. Rangkaian pegunungan, Benua Asia terdapat deretan pegunungan yaitu Pegunungan Himalaya, Pegunungan Hindukush, Pegunungan Korakorum, Pegunungan Asia Tengah, Pegunungan Sirkum Pasifik dan Pegunungan Mediteran. Kemudian ada lagi Pegunungan Kinlin dan Pegunungan Kwen lun di daratan sekitar Korea.
  6. Daerah plato, terdapat juga beberapa wilayah yang merupakan dataran tinggi di Benua Asia antara lain adalah Dataran Tinggi Dekan yang terletak di Semenanjung India bagian tengah. Di bagian sepanjang pantai barat terdapat dataran tinggi Pegunungan Ghast Barat dan pada bagian timur terdapat Pegunungan Ghast Timur. Terdapat juga Pegunungan Adams dan Gunung Pidurutalaga di wilayah Sri Lanka tengah dimana pegunungan tersebut merupakan salah satu pegunungan yang paling tua karena merupakan tebentuk dari karbon.
  7. Daerah basin atau cekungan, Wilayah Benua Asia terdapat beberapa cekungan dimana cekungan ini kemudian terisi oleh air dan menjadi lautan seperti diantaranya adalah Laut Kaspia, Danau Baikal, Danau Balkash, Danau Urmia dan Laut Mati.
  8. Lembah-lembah sungai besar,, di daratan asia juga terdapat lembah sungai atau delta sungai, delta sungai merupakan daratan yang terbentuk di sekitar hilir sungai dimana terbentuk dari endapan lumpur dan material lainnya yang dibawa oleh air sungai. Salah satu delta sungai yang terkenal adalah delta Sungai Gangga di India, Sungai Yangse, Sungai Obs, Sungai Huang Ho, Sungai Amur, Sungai Mekong, Sungai Lena, Sungai Yennesi dan Sungai Indus.
  9. Wilayah gurun dan hutan hujan tropis,, gurun di wilayah Asia sangat luas terletak di India, China dan daerah Timur Tengah. Sedangkan untuk wilayah hutan hujan tropis juga sangat luas di daerah Indonesia, Malaysia dan Filipina.



Flora dan Fauna Asia[sunting]


  Mengingat Benua Asia terletak di rentang koordinat yang luas dengan iklim yang sangat bervariasi,  variasi spesies dan jenis flora dan fauna di kawasan ini juga sangat beragam. Kekayaan flora dan fauna nya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta serta peneliti binatang dan tumbuh-tumbuhan.
  1. Di kawasan utara yang memiliki iklim dingin, tundra ialah jenis tumbuhan yang mendominasi.
Jenis-jenis tanaman tundra itu misalnya lumut, rumput, dan pohon-pohon dengan daun jarum.
Sementara itu, binatang khas kawasan ini, antara lain beruang siberia, anjing laut, rusa kutub, dan rubah.
  1. Di kawasan Asia bagian tengah, biasa ditemukan stepa dan sabana mengingat curah hujan yang tak terlalu banyak di wilayah ini.
  2. Di kawasan selatan yang memiliki curah hujan yang tinggi, banyak terdapat hutan hujan tropis yang lebat di sana. Hutan hujan tropis selain lebat juga memiliki keanekaragaman hidup flora dan fauna yang sangat banyak.



Panorama di kawasan Asia[sunting]


  • Di sekitar Bangkok, Thailand, ada pasar apung yang terkenal. Petani membawa buah dan sayuran segar dengan perahu kecil setiap hari. Pembeli pun harus menggunakan perahu ketika berbelanja. Mereka harus datang pagi-psgi karena pasar terapung dimulai pada jam 08.00 pagi dan berakhir pada jam 11.00 pagi.
  • Di tengah Kota Beijing, Cina terdapat sebuah kota tua yang dikelilingi tembok. Selama ratusan tahun, kota itu menjadi lokasi istana kaisar Cina. Kota itu dikenal sebagai KOTA TERLARANG karena tidak ada seorang pun yang boleh masuk kecuali Raja, keluarga Raja, dan tamu khusus. Kini, Cina tidak lagi memiliki keluarga kerajaan, sehingga kota terlarang dijadikan sebagai objek wisata. Kota terlarang memiliki 800 banguinan,termasuk kuil-kuil yang dihiasi ukiran serta patung perunggu.
  • Salah satu kota tersibuk di Asia adalah Tokyo, Jepang. kota padat dinamis ini dibangun dua kali, pada tahun 1920-an, pasca PD II. Tokyo yang moderen merupakan perpaduan antara jalan-jalan tua dan gedung-gedung pencakar langit.



Puncak Pegunungan Tertinggi Asia[sunting]


  1. Mount Everest, di Nepal/Cina : 8.848 m
  2. Godwin Austen,di India : 8.611 m
  3. Kanchenjunga,di India /Nepal : 8.586 m
  4. Lhotse,di Cina/Nepal : 8.516 m
  5. Makalu,di Cina/Nepal : 8.563 m
  6. Cho Oyu,di Cina/Nepal : 8.201 m


Sungai Terpanjang Asia[sunting]


  1. Yangtze di Cina : 5.520 Km
  2. Ob-Irtysh di Kazakhstan/Russia : 5.200 Km
  3. Mekhong di Cina/Laos/Vietnam : 5.186 Km
  4. Hwang Ho di Cina : 4.672 km
  5. Heilong Hiang-Amor di Cina/Russia : 4.509 Km
  6. Yenisey-Angaea-Selenga di Russia : 4.124 Km
  7. Indus di Pakistan : 3.186 Km


Danau Terluas Asia[sunting]


  1. Laut Kaspia : 371.000 Km2
  2. Laut Aral : 33.640 km2
  3. Danau Baikal di Russia : 30.500 Km2
  4. Danau Tonle Sab di Kamboja : 2.850 Km2


Gurun Pasir Terluas Asia[sunting]


  1. Gurun Arabia : 2.300.000 km2
  2. Gurun Gobi di Cina/Mongolia : 1.166.000 km2
  3. Gurun Kyzylkum di Uzbekistan : 300.000 km2



Budaya Asia[sunting]


  1. Ramah dan murah senyum
 Orang Asia dikenal sangat ramah dan senang tersenyum dan menyapa di kalangan turis asing dunia. Menyapa atau memberi salam bahkan menjadi aspek yang paling diperhatikan jika bertemu dengan siapapun. Orang Jepang menunjukkannya dengan melakukan ojigi atau membungkuk setengah badan. Di Indonesia, anak-anak biasanya mencium tangan orang yang lebih tua untuk menunjukkan rasa hormat. Lalu ada lagi salam ala budaya Thailand dengan mengatup kedua tangan di depan dada yang disebut wai. semuanya dilakukan dengan unsur keramah tamahan.
  1. Budaya Antre
Asia juga menjunjung tinggi budaya antre. Jepang, China, Korea, dan Uni Emirat Arab. Budaya antre menuntut untuk memiliki sikap disiplin yang tinggi.
  1. Senang Menolong
mayoritas orang Asia akan senang membantu. walaupun terkendala bahasa, tetap selalu ada acara bagi orang Asia untuk membantu menjawab pertanyaan para turis. Beberapa negara yang warganya sangat ramah terhadap turis adalah Thailand, Malaysia, Turki, Palestina, dan Indonesia.
  1. Berpakaian Moderat
 budaya berbusana yang lebih moderat. pakaian orang Asia, terutama kaum perempuan lebih cenderung tertutup. karena orang Asia memiliki standar etika berpakaian di tempat umum, yang biasanya adalah tidak mengenakan rok atau celana jauh di atas lutut atau atasan dengan belahan rendah.
  1. kumpul sambil makan

Orang Asia sangat hobi kumpul sambil berbincang hangat ditemani makanan dan minuman. sama halnya dengan orang Italia atau Amerika Latin. jika sudah kumpul dan makan, mereka akan lupa dengan aktivitasnya. Dengan berkumpul, mereka biasanya menjadi lebih akrab. Apalagi jika sambil makan, hal-hal yang serius bisa dibicarakan dengan suasana santai dan tidak menegangkan.


Sosial Budaya di Asia[sunting]


Asia memiliki banyak ragam etnis dan sebagian besar tergolong ras Mongoloid (Cina, Jepang, Mongol, Tibet, dan lain-lain).
Etnis terbanyak adalah Cina dan Jepang. Etnis lain adalah Melayu (Asia Tenggara), Dravida (Asia Selatan), dan kulit putih (Asia Barat).
Lebih dari 60% penduduk dunia tinggal di wilayah Asia.


Kepercayaan Utama pada Benua ini[sunting]


                                                    Hindu, Islam, dan Buddha. 
Hindu dianut oleh masyarakat India.

Islam merupakan agama utama masyarakat Asia Tenggara dan Barat.
Buddha banyak dianut oleh masyarakat Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Laos, Kamboja, dan Cina.
Beberapa agama lain yaitu Shinto (Jepang), Katolik Roma (Filipina), dan Protestan.

Bahasa yang dipergunakan[sunting]


China, Hindi, Arab, Rusia, Melayu, dan beberapa bahasa lain. Beberapa bahasa di Asia dipengaruhi bahasa asing akibat pendudukan bangsa asing, seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal.



Keunikan di kawasan Asia[sunting]


  1. kereta api ekspres Trans-Siberia melewati rel terpanjang.
  2. Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia, banyak petualang melakukan perjalanan ke Asia untuk mendaki puncaknya.
  3. India bagian timur laut, Mawsynram tempat dengan curah hujan tertinggi (Rata-rata 11.872 mm/tahun).
  4. Bunga Raflesia adalah jenis bunga dengan ukuran terbesar.
  5. Penduduk Cina merupakan penduduk terbanyak di bandingkan dengan jumlah penduduk di negara lain.
  6. Ka'bah,Tembok Raksasa Cina, Candi Borobudur, Taj Mahal, Pulau Komodo termasuk dalam kategori keajaiban dunia. Semuanya terdapat di Benua Asia.
  7. Tempat terkering dengan curah hujan terendah berada di kota Aden, Yaman (Rata-Rata 46 mm/tahun).
  8. Temperatur Ekstream penah terjadi di kota Tirat Zevi Israrel suhu mencapai 53,90C pada 21 Juni 1942. Temperatur terendah pernah terjadi di Oymyajon Russia -67,70C pada 6 Februari 1933.
  9. Benua Asia terdapat negara-negara penghasil minyak bumi terbesar, terutama negara-negara di kawasan Jazirah Arab.
  10. Benua Asia merupakan tempat muncul dan berkembangnya agama-agama besar di dunia, seperti agama Islam di Arab Saudi, agama Kristen dan Katolik di Yerusalem, agama Hindu dan Buddha di India, serta agama Kong Hu Cu di RRC.
  11. Benua Asia adalah benua terluas dan terbanyak penduduknya.



Tokoh Asia[sunting]


The Asian brave Women[sunting]


  1. Park Geun-hye, Presiden Korea Selatan yang satu ini mencuat namanya berkat kepemimpinannya yang cukup tegas dan profesional. Park Geun-hye, yang merupakan putri dari Park Chung-hee (salah satu pejabat tinggi di Korea Selatan), dikenal berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negaranya mencapai $1.4 milyar.
  1. Arundhati Bhattacharya,merupakan salah satu pimpinan dari salah satu bank di India di mana dia memiliki peranan untuk mengatur hampir semua aspek di dalamnya. Arundhati Bhattacharya juga merupakan orang yang paling berperan untuk meningkatkan perekonomian di India saat negara tersebut mengalami krisis.
  2. Sri Mulyani Indrawati, Wanita Indonesia ini juga memiliki peranan penting dalam World Bank. Sri Mulyani merupakan wanita yang paling senior di World Bank yang memiliki program untuk menurunkan angka kemiskinan dan juga pemerataan kesejahteraan rakyat. Sri Mulyani sudah bergabung dengan Bank Indonesia sejak tahun 2010.
  3. Wu Yajun, wanita berkebangsaan China yang mempunyai andil yang cukup besar dalam bidang Real Estate. Bisnis Real Estate yang dijalankan oleh Wu Yajun ini sebelumnya dia rintis bersama suaminya, Cai Kui, sebelum akhirnya bercerai. Melalui bisnis ini, Wu Yajun berhasil mengembangkan banyak proyek di 21 daerah di Cina sejak tahun 1993.
  4. Cher Wang, Mungkin tidak banyak orang yang tahu siapa sosok di balik suksesnya HTC Corp yang ternyata dipimpin oleh seorang wanita, Cher Wang. Peran aktif dari wanita berkebangsaan Taiwan ini membuat HTC Corp menjadi salah satu perusahaan yang cukup dipertimbangkan di dunia. Saat HTC Corp mengalami krisis pada tahun 2014, dialah yang menciptakan inovasi-inovasi yang akhirnya membuat perusahaannya kembali menggeliat.
  5. Sheikha Lubna Al Qa'simi, Wanita yang satu ini berhasil memegang jabatan sebagai menteri kerja sama dan pembangunan internasional di Uni Emirat Arab. Nama Sheika Lubna Al Qasimi sudah tidak asing lagi di bidang politik dan ekonomi, sejak karirnya sebagai menteri ekonomi dimulai pada tahun 2004 dan dia juga pernah menjabat sebagai kepala ekspor-impor.
  6. Ho Ching,Singapura juga memiliki salah satu sosok wanita yang paling berpengaruh, yaitu Ho Ching yang merupakan CEO dari Temasek. Kekayaan dari perusahaan investasi Temasek mampu meningkat sampai 9% saat kepemimpinannya dipegang oleh Ho Ching. Ho Ching ternyata adalah istri dari Lee Hsien Look yang merupakan perdana menteri dari Singapura.


The Asian brave men[sunting]


  1. Presiden China Xi Jinping dan PM Jepang Shinzo Abe dinobatkan sebagai orang Asia paling berpengaruh tahun 2013.
  2. Jokowi, presiden Indonesia merupakan 20 besar muslim yang berpengaruh pada dunia.


Tokoh dalam kategori olah raga[sunting]


  1. Sheikh Salman Bin Ebrahim Al Khalifa,Lelaki asal Bahrain ini merupakan presiden Asian Football Confederation (AFC) dan menduduki jabatan di komite eksekutif FIFA. Sepak bola merupakan olah raga yang paling populer di Asia di mana tontonan kompetisi besar macam Liga Premier Inggris dan Piala Dunia jadi ladang uang yang menjanjikan.Piala Dunia FIFA tahun 2002 di Jepang jadi tonggak bergulirnya turnamen-turnamen olah raga kelas dunia di Asia. Tahun 2022, Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia, pertama kalinya turnamen itu digelar di Timur Tengah. Al Khalifa adalah satu dari tujuh Wakil Presiden di komite eksekutif FIFA dan satu-satunya wakil dari kawasan Asia. Hal ini menjadikannya sebagai orang paling berpengaruh dalam dunia persepakbolaan Asia. Sebelum terpilih menjadi presiden AFC, bangsawan Bahrain menjabat sebagai ketua Asosiasi Sepak Bola Bahrain.
  2. Narayanaswami Srinivasan,Lelaki ini adalah ketua Dewan Cricket Internasional (ICC) dan mantan presiden BCCI, organisasi olah raga cricket di India. Ia juga bos dari Chennai Super Kings, salah satu tim cricket tersukses di kompetisi cricket India, Indian Premier League. ICC yang ia pimpin bertanggungjawab atas gelaran Piala Dunia Cricket, salah satu ajang yang paling banyak ditonton di dunia. Sebuah laga yang mempertemukan antara India dan Pakistan tahun ini saja diperkirakan ditonton hingga 288 juta permirsa televisi di India. Dengan kedudukannya, Srinivasan merupakan orang paling berpengaruh di dunia cricket saat ini.
  3. Zubin Gandevia, Sosok yang satu ini adalah COO dari Fox International, salah satu raksasa hiburan yang memiliki 18 kantor di 14 negara di Asia. Pada tahun 2013, ESPN Asia berganti nama menjadi Fox Sports Asia, sebagai bagian dari penggabungan bisnis media milik Rupert Murdoch, News Corporation, dengan Disney. Fox Sports Asia sendiri merupakan salah satu jaringan penyiaran acara olah raga terbesar di Asia. Mereka adalah pemegang hak siar perhelatan akbar seperti Formula Satu, Liga Premier Inggris, MLB, PGA Tour, UFC, ONE Championship, dan Wimbledon.
  4. Andrew Georgiu, Andrew adalah CEO dari World Sport Group yang membina kemitraan dengan Singaporean Sports Hub untuk membangun proyek infrastruktur olah raga di dunia. Ia jugalah yang memungkinkan Singapura menjadi tuan rumah putaran final WTA selama lima tahun berturut dan memenangkan tender hak siar Indian Premier League. World Sport Group merupakan agensi pemasaran olah raga yang bergerak dalam bidang sponsorship, konten olah raga, dan manajemen ajang olah raga. Georgiu juga dianggap sebagai arsitek yang membangun kemitraan antara Emirates Airlines dan Formula Satu.
  5. Hary Tanoesoedibjo, Salah satu taipan media tanah air ini adalah pendiri sekaligus CEO MNC Grup. MNC Grup memiliki dan mengelola tiga stasiun televisi swasta nasional dan 18 saluran tambahan, tiga stasiun radio, dan beberapa media cetak di Indonesia. Stasiun televisi yang ia kelola menayangkan gelaran Liga Champions UEFA, NBA, US Open, La Liga, UFC, dan ONE Championship.
  6. Victor Cui, Lelaki ini adalah CEO dari ONE Championship, ajang bela diri terbesar di Asia. Ajang tarung bebas merupakan olah raga yang sedang berkembang pesar di dunia dalam satu dekade terakhir, berkar latar belakang keanekaragaman jenis bela diri yang dimiliki kawasan Asia. ONE Championship disiarkan ke lebih dari 1 miliar penonton di Asia. Tiket-tiket pertandingannya di stadion-stadion Asia ludes terjual. Ajang yang dipandang sebagai pesaing dari UFC Amerika ini menggalang kerja sama penyiaran dengan Fox Sports Asia.
  7. Kyi Hla Han, CEO Asian Tour, itulah Kyi Hla Han. Mantan pegolf profesional ini adalah sosok di balik kesuksesan ajang Asia Tour, kejuaraan golf yang menawarkan uang hadiah sebesar lebih dari 40 juta Dolar. Kejuaraan ini digelar di 11 negara Asia. Golf memang bukan olah raga populer di Asia, namun olah raga yang identik dengan kaum eksekutif ini mampu meraup keuntungan dari sponsor besar dan peliputan dari media terkemuka.
  8. Al-Ahmed Al-Sabah, presiden Olympic Council Asia sejak tahun 1991. Dirinya juga anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), otoritas tertinggi dari penyelenggaraan Olimpiade. Mantan Menteri Perminyakan dan Direktur Badan Keamanan Nasional Kuwait ini pernah menjabat segudang posisi penting dalam bidang olah raga. Beberapa diantaranya adalah Presiden Komite Olimpiade Kuwait, Ketua Dewan Afro Asian Games, Wakil Presiden Federasi Bola Tangan Internasional, Presiden Federasi Bola Tangan Internasional, Presiden Federasi Bola Tangan Asia, Wakil Presiden Federasi Olah Raga Solidaritas Islam, serta Presiden Kehormatan beberapa klub bola tangan di Kuwait, Arab, dan negara Asia lainnya.
  9. Sam Xie, Sam Xie merupakan manajer umum di divisi pemasaran dan pengembangan bisnis olah raga di Tencent dan wakil pemimpin redaksi layanan pesan populer, www.qq.xom. Hingga Januari 2015, QQ memiliki 829 juta pengguna aktif. Pada April 2015, nilai pasar Tencent melebihi 200 miliar Dolar. Tencent bermitra dengan Komite Olimpiade China dan bertindak sebagai broadcaster digital NBA di Cina. Dengan kemitraan tersebut Xie menempatkan Tencent sebagai salah satu pemain besar dalam dunia olah raga Asia.
  10. Praful Patel, Praful Patel merupakan Wakil Presiden AFC. Dirinya pernah pula menjabat sebagai Presiden All India Football Federation (AIFF) sejak tahun 2012, menjadikannya salah satu orang terkuat di persepakbolaan Asia. Pada tahun 2014, Patel adalah sosok yang ikut mempromosikan Indian Super League (ISL) kepada dunia. Upayanya membuahkan hasil. Nama-nama besar di dunia sepak bola seperti Roberto Carlos, Nicolas Anelka, dan David James bersedia hijrah ke India, baik menjadi pemain maupun pelatih dari klub-klub yang berlaga di ISL.



Daftar Negara di Benua Asia[sunting]


Benua Asia dapat dibagi menjadi beberapa wilayah seperti Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Utara, Asia Barat dan Asia Tengah.

Negara - Negara Asia Timur[sunting]


5 Negara berdaulat yang diakui oleh PBB di Asia Timur :

  • China
  • Jepang
  • Korea Utara
  • Korea Selatan
  • Mongolia
  Hongkong dan Makau terdapat dalam daftar wilayah administratif khusus dari Republik rakyat cina. sedangkan Taiwan masih dipertentangkan oleh China karena China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya.
  Berikut Negara-Negara dan Wilayah Administratif khusus di kawasan Asia Timur
Negara Ibu Kota Luas Wilayah Jumlah Penduduk
China Beijing 9.596.960 km2 1.367.485.388 jiwa
Hongkong Hongkong 1.108 km2 7.141.106 jiwa
Makau Macau 28,2 km2 592.731 jiwa
Jepang Tokyo 377.915 km2 126.919.659 jiwa
Taiwan Taipei 35.980 km2 23.415.126 jiwa
Mongolia Ulan Bator 1.564.116 km2 2.992.908 jiwa
Korea Selatan Seoul 99.720 km2 49.115.196 jiwa
Korea Utara Pyongyang 120.538 km2 24.983.205 jiwa


Negara-Negara Asia Tenggara[sunting]


11 Negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara, 10 Negara diantaranya adalah Negara yang bergabung dalam organisasi regional ASEAN :

  • Indonesia
  • Malaysia
  • Singapura
  • Kamboja
  • Thailand
  • Vietnam
  • Laos
  • Myanmar
  • Filipina
  • Brunei Darussalam
Negara Ibu Kota Luas Wilayah Jumlah Penduduk
Indonesia Jakarta 1.904.569 km² 255.993.674 jiwa
Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan 5.765 km2 429.646 jiwa
Kamboja Phnom Penh 181.035 km² 15.708.756 jiwa
Laos Vientiane 236.800 km² 6.911.544 jiwa
Malaysia Kuuala Lumpur 329.847 km² 30.513.848 jiwa
Myanmar Napyidaw 676.578 km² 56.320.206 jiwa
Filipina Manila 300.000 km² 100.998.376 jiwa
Singapura Singapura o697 km² 5.674.472 jiwa
Thailand Bangkok 513.120 km² 67.976.405 jiwa
Timor Leste Dili 14.874 km² 1.231.116 jiwa
Vietnam Hanoi 331.210 km² 94.348.835 jiwa


Negara Asia Selatan[sunting]


Negara Ibu Kota Luas Wilayah Jumlah Penduduk
Afghanistan Kabul 652.230 km² 32.564.342 jiwa
Bangladesh Dhaka 148.460 km² 168.957.745 jiwa
Bhutan Thimphu 38.394 km² 741.919 jiwa
India New Delhi 3.287.263 km² 1.251.695.584 jiwa
Maladewa Male 298 km² 393.253 jiwa
Nepal kathmandu 147.181 km² 31.551.305 jiwa
Pakistan Islamabad 796.095 km² 199.085.847 jiwa
Sri Lanka Kolombo 65.610 km² 65.610 km²


Negara Asia Selatan[sunting]


Rusia merupakan Negara yang terletak di Benua Asia meskipun sebagian daerahnya juga berada di Benua Eropa.

Negara Ibu Kota Luas wilayah Jumlah Penduduk
Rusia Moscow 17.098.242 km² 142.423.773 jiwa


Negara Asia Barat[sunting]


Asia Barat sering juga disebut dengan Timur Tengah.

Negara-negara di Asia Tengah[sunting]


Asia Tengah merupakan Kawasan yang terkurung daratan di Benua Asia. Lima Negara yang termasuk dalam wilayah Asia Tengah adalah Negara-negara bekas Uni Soviet.

Negara Ibu Kota Luas Wilayah Jumlah Prenduduk
Kazakhstan Astana 2.724.900 km² 18.157.122 jiwa
Kirgiztan Bishkek 199.951 km² 5.664.939 jiwa
Tajikistan Dushanbe 144.100 km² 8.191.958 jiwa
Turkmenistan Ashgabat 488.100 km² 5.231.422 jiwa
Uzbekistan Tashkent 447.400 km² 29.199.942 jiwa




Lembaga Kerjasama antar Negara Asia[sunting]


  • ASEAN', (Association of South East Asian Nations) merupakan Forum kerja sama regional antar negara di kawasan Asia Tenggara. Dasar perwujudan ASEAN adalah persamaan latar belakang budaya, persamaan senasib sebagai negara yang Pernah mengalami penjajahan bangsa-bangsa barat. Hal tersebut akhirnya menimbulkan perasaan setia kawan yang kuat di kalangan bangsa-bangsa yang ada di kawasan Asia Tenggara. Melalui forum kerja sama ini, negara-negra anggota ASEAN berkomitmen untuk saling menghormati terhadap kemerdekaan, wilayah kedaulatan negara, meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional, serta melakukan penyelesaian pertengkaran dan persengketaan secara damai.
  • ASEM, (Asia Europe Meeting) didirikan di Bangkok tahun 1996. Hingga saat ini keanggotaan ASEM terus berkembang hingga mencakup 53 mitra (partners) yang terdiri dari 21 negara Asia, 30 negara Eropa, Sekretariat ASEAN, dan Uni Eropa. ASEM merupakan forum dialog dan kerjasama antar-kawasan Asia dan Eropa yang ditujukan untuk menciptakan kemitraan dan kemajuan Asia-Eropa, memperkuat dialog yang setara dan membangun saling pengertian kedua kawasan. Sifat kerja sama ASEM adalah informal, non-binding, multi-dimensional dan evolutionary. Fokus ASEM pada tiga pilar kerja sama yaitu politik; ekonomi; dan sosial-budaya.
  • AFTA , (ASEAN Free Trade Area) AFTA adalah kesepakatan perdagangan bebas antar negara-negara yang tergabung di dalam ASEAN.
  • APEC, (Asia-Pasific Economic Coorporation) APEC merupakan forum ekonomi untuk meningkatkan kerja sama dan liberalisasi perdagangan yang meliputi semua ekonomi besar di wilayah Asia Pasifik. Pertama kali dibentuk pada tahun 1989, saat pertemuan tingkat menteri Negara-negara Asia Pasifik diadakan di Canberra, Australia.