Informasi Obat/Asam valproat

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

HIGHLIGHTS

  • Asam valproat adalah obat oral yang digunakan untuk mengobati kejang.
  • Obat ini dapat menyebabkan masalah hati yang serius dan mengancam jiwa. Anak-anak di bawah 2 tahun memiliki risiko terbesar.
  • Jangan berhenti minum asam valproat secara tiba-tiba jika Anda menderita epilepsi. Melakukan hal itu dapat menyebabkan Anda mengalami kejang yang tidak berhenti (status epileptikus).
  • Asam valproat dapat meningkatkan risiko pikiran bunuh diri dan perilaku. Beritahu dokter Anda segera jika Anda memiliki gejala depresi, pikiran bunuh diri, atau perubahan suasana hati atau perilaku Anda yang baru atau memburuk.
  • Obat ini bisa menyebabkan kantuk dan pusing. Ini mungkin juga memperlambat kemampuan berpikir dan motorik Anda. Anda seharusnya tidak menyetir, menggunakan mesin, atau melakukan tugas serupa yang memerlukan kewaspadaan sampai Anda tahu bagaimana asam valproat memengaruhi Anda.

PERINGATAN PENTING[sunting]

Obat ini memiliki Peringatan Black Box. Ini adalah peringatan paling serius dari Food and Drug Administration (FDA). Peringatan kotak hitam mengingatkan dokter dan pasien untuk efek yang berpotensi berbahaya. Baca Efek samping serius di bawah ini.

  • Pemikiran bunuh diri. Obat ini bisa meningkatkan risiko pikiran bunuh diri dan perilaku. Beritahu dokter Anda segera jika Anda memiliki gejala depresi, pikiran bunuh diri, atau perubahan suasana hati atau perilaku Anda yang baru atau memburuk.
  • Penurunan jumlah platelet.  Obat ini bisa menurunkan jumlah platelet darah. Risiko ini meningkat saat dosis meningkat. Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki gejala ini:

– bintik merah atau ungu pada kulit

– sakit dan bengkak pada persendian

– perdarahan dari hidung atau mulut

– memar yang tidak dapat dijelaskan

  • Suhu tubuh rendah. Mengambil obat ini bisa menyebabkan Anda memiliki suhu tubuh rendah. Risiko ini meningkat jika Anda juga mengonsumsi obat topiramat. Suhu tubuh yang rendah mungkin merupakan tanda rendahnya tingkat amonia dalam darah Anda. Anda mungkin perlu berhenti minum obat ini jika Anda memiliki gejala berikut:

– suhu tubuh di bawah 35ºC

– kelelahan

– kebingungan

– koma

Obat apakah asam valproat?[sunting]

Obat ini adalah obat resep. Obat tersedia sebagai tablet oral dan sirup oral. Obat juga tersedia sebagai obat generik, biasanya harganya lebih murah. Diskusikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah obat generik akan bekerja baik untuk Anda. Obat ini bisa digunakan sebagai bagian terapi kombinasi. Itu berarti Anda perlu meminumnya dengan obat lain.

Mengapa obat ini digunakan?[sunting]

Obat ini dapat digunakan sendiri atau dengan obat lain untuk mengobati kejang parsial kompleks pada orang dewasa dan anak-anak berusia 10 tahun ke atas. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengobati absans (Absence seizures/petit mal), dengan atau tanpa jenis kejang lainnya.

Bagaimana mekanisme aksi asam valproat?[sunting]

Obat ini termasuk dalam golongan obat yang disebut obat antiepileptik (anti-ayan). Kelas obat berarti obat yang bekerja dengan cara yang sama sama. Mereka sering digunakan untuk mengobati kondisi serupa. Tidak diketahui secara pasti bagaimana obat ini bekerja untuk mengendalikan kejang. Ini mungkin karena peningkatan konsentrasi zat kimia yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA) di otak. Zat kimia ini mengurangi aktivitas neuron di otak, yang membuat Anda lebih sulit mengalami kejang.

Bagaimana menggunakan asam valproat?[sunting]

Kadar asam valproat darah harus antara 50 mikrogram/mL dan 100 mikrogram/mL.

Efek samping[sunting]

Asam valproat dapat berinteraksi dengan obat-obat lain[sunting]

Peringatan[sunting]

Wanita hamil[sunting]

Obat ini merupakan kategori obat kehamilan D. Itu berarti dua hal:

  • Penelitian pada manusia telah menunjukkan efek buruk pada janin saat ibu mengonsumsi obat tersebut.
  • Obat ini hanya boleh digunakan selama kehamilan dalam kasus serius dimana diperlukan untuk mengobati kondisi berbahaya pada ibu.

Obat ini bisa membahayakan janin. Mengambil obat ini selama kehamilan membuat bayi berisiko mengalami cacat lahir yang serius yang mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, jantung, kepala, lengan, kaki, dan lubang di mana urin keluar (uretra). Cacat ini bisa dimulai sebelum ibu tahu bahwa dia sedang hamil. Mengambil obat ini selama kehamilan juga dapat menyebabkan anak memiliki IQ lebih rendah. Jika seorang wanita usia subur dan harus minum obat ini, dia harus menggunakan bentuk pengendalian kelahiran yang efektif. Diskusikan dengan dokter jika ibu hamil atau berencana untuk hamil. Mintalah dokter untuk memberi tahu tentang bahaya spesifik yang mungkin dilakukan pada janin. Obat ini hanya boleh digunakan jika potensi risiko terhadap janin bisa diterima mengingat potensi manfaat obat tersebut.

Ibu menyusui[sunting]

Obat ini bisa masuk ke dalam ASI dan dapat menyebabkan efek samping pada anak yang diberi ASI. Bicaralah dengan dokter jika menyusui bayi. Anda mungkin perlu memutuskan apakah akan berhenti menyusui atau berhenti minum obat ini.

Lansia[sunting]

Jika Anda seorang lansia dengan demensia, Anda berisiko lebih besar untuk merasa terbius setelah minum obat ini. Resiko Anda mungkin lebih tinggi jika Anda tidak cukup minum cairan. Jika Anda makan atau minum kurang dari biasanya dan merasa sangat mengantuk, dokter Anda mungkin mengurangi dosis Anda.

Anak-anak[sunting]

Keamanan dan efektivitas obat ini belum diteliti pada orang yang berusia kurang dari 10 tahun yang memiliki kejang parsial yang kompleks. Obat ini bisa digunakan pada anak-anak dari semua umur dengan simple and complex absence seizures.

Anak-anak di bawah 2 tahun memiliki risiko kerusakan hati yang lebih tinggi saat mengonsumsi obat ini. Risiko mereka mungkin lebih tinggi jika mereka mengambil lebih dari satu obat untuk mengobati kejang mereka. Jika Anda perlu minum obat ini, manfaat pengobatan harus dipertimbangkan.

Nama dagang di Indonesia[sunting]

  • Depakene (sirup)
  • Depakote Er (tablet saut enterik)
  • Depakote (tablet)
  • Ikalep (sirup)
  • Ikalep (tablet saut enterik)

Nama lain[sunting]

  • Divalproex sodium
  • Valproate sodium

Referensi[sunting]

  • AHFS® Patient Medication Information. 2016. The American Society of Health-System Pharmacists
  • AHFS® DI 2016. Valproic acid. The American Society of Health-System Pharmacists
  • PIONAS Badan POM, Asam valproat, diakses tanggal 5 Juni 2017.
  • Healthline, Valproic-Acid, Oral Capsule, diakses tanggal 5 Juni 2017.