Informasi Obat/Kuinapril

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

HIGHLIGHTS[sunting]

  • Jangan gunakan kuinapril jika Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Apabila Anda sedang hamil serta menggunakan kuinapril, segera hubungi dokter. Kuinapril bisa berdampak buruk bagi janin.

Obat apakah kuinapril?[sunting]

Kuinapril adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Obat ini digunakan dengan obat lain untuk mengobati gagal jantung.

Mengapa obat ini digunakan?[sunting]

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang umum, dan saat tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan otak, jantung, pembuluh darah, ginjal, dan bagian lain dari tubuh. Kerusakan organ-organ ini dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kehilangan penglihatan, dan penyakit lainnya. Selain pengobatan, perubahan gaya hidup juga akan membantu untuk mengendalikan tekanan darah Anda. Perubahan ini meliputi diet makanan yang rendah lemak dan garam, mempertahankan berat badan yang sehat, berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, tidak merokok, dan mengonsumsi alkohol dalam tingkat moderat.

Bagaimana mekanisme aksi kuinapril?[sunting]

Kuinapril merupakan obat yang termasuk dalam golongan penghambat enzim pengubah angiotensin (angiotensin converting enzyme, ACE inhibitor). Mekanisme aksi kuinapril yaitu dengan menghambat kerja enzim pengubah angiotensin (ACE) sehingga menurunkan senyawa-senyawa tertentu yang dapat mengencangkan pembuluh darah, sehingga aliran darah lebih lancar dan jantung dapat memompa darah lebih efisien.

Bagaimana menggunakan kuinapril?[sunting]

Kuinapril tersedia dalam bentuk tablet yang dikonsumsi dengan cara diminum sekali atau dua kali sehari. Untuk membantu mengingat kapan Anda meminum obat ini, minumlah pada sekitar waktu yang sama setiap harinya. Ikuti petunjuk pada etiket obat Anda dengan hati-hati, mintalah dokter atau apoteker untuk menjelaskan jika ada hal yang Anda tidak mengerti. Minumlah obat ini sesuai petunjuk. Jangan meningkatkan atau menurunkan dosis atau meminum obat lebih sering dari yang diperintahkan dokter.

Dokter Anda mungkin akan mulai Anda pada dosis rendah quinapril dan secara bertahap meningkatkan dosis Anda, tidak lebih dari sekali setiap 1 atau 2 minggu.

Kuinapril mengontrol tekanan darah tinggi dan gagal jantung tapi tidak untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Lanjutkan menggunakan kuinapril meskipun jika Anda sudah merasa baik. Jangan berhenti menggunakan kuinapril tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Penggunaan lain[sunting]

Obat ini terkadang diresepkan untuk kegunaan lain; tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Kuinapril dapat menyebabkan beberapa efek samping. Beritahu dokter jika muncul gejala parah yang tidak segera hilang :

  • pusing
  • kelelahan berlebih
  • batuk
  • perut tidak enak
  • muntah

EFEK SAMPING SERIUS

Beberapa efek samping dapat menjadi serius. Jika Anda merasakan gejala tersebut, segera hubungi dokter :

  • pembengkakan pada wajah, tenggorokan, lidah, mata, bibir, mata, kaki, lengan, atau tungkai bawah
  • suara serak
  • kesulitan bernafas atau menelan
  • kulit atau mata menguning
  • demam, sakit tenggorokan, menggigil, dan tanda-tanda infeksi lain
  • nyeri dada
  • pusing
  • pingsan

Kuinapril dapat menyebabkan efek samping lainnya. Hubungi dokter jika Anda memiliki masalah yang tidak biasa ketika minum obat ini.

Kuinapril dapat berinteraksi dengan obat-obat lain[sunting]

Kuinapril dapat berinteraksi dengan obat lain, vitamin, atau herbal Anda gunakan. Interaksi adalah ketika zat-zat tersebut mengubah cara obat bekerja. Interaksi bisa berbahaya atau bisa mencegah obat untuk berkerja sebagaimana mestinya.

Untuk membantu menghindari interaksi, dokter Anda harus mengelola semua obat Anda dengan hati-hati. Pastikan untuk memberitahu dokter Anda tentang semua obat-obatan, vitamin, atau herbal yang Anda ambil. Untuk mengetahui bagaimana obat ini mungkin berinteraksi dengan bahan lain, bicarakan dengan dokter atau apoteker.

Pastikan untuk menyebutkan  sebagai berikut: diuretik; litium (Frimania); suplemen kalium; dan tetrasiklin. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat atau memonitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.

Beritahu dokter jika Anda memiliki diabetes dan menggunakan aliskiren (Rasilamlo, Rasilez). Dokter mungkin akan menginformasikan untuk tidak menggunakan kuinapril jika Anda memiliki diabetes dan sedang menggunakan aliskiren.

Peringatan kuinapril[sunting]

Orang dengan riwayat angioedema

Beritahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki angioedema, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan kesulitan menelan atau bernapas dan pembengkakan yang menyakitkan pada wajah, tenggorokan, lidah, bibir, mata, tangan, kaki, pergelangan kaki, atau tungkai bawah.

Orang dengan penyakit diabetes

Beritahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit jantung atau ginjal, diabetes.

Orang dengan penyakit lupus (SLE)

Orang dengan skleroderma

Skeloderma adalah suatu kondisi di mana jaringan ekstra tumbuh pada kulit dan beberapa organ.

Alergi

Beritahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap kuinapril: obat ACE inhibitor lainnya seperti benazepril, delapril, enalapril maleat (Renitec), fosinopril, imidapril (Tanapress), kaptopril (Dexacap), lisinopril (Cenopril), moeksipril (Univasc), perindopril (Bioprexum), ramipril (Anexia), silazapril, dan trandolapril (Gopten, Tarka); obat-obat lain; atau salah satu dari bahan dalam tablet kuinapril. Tanyakan pada apoteker tentang daftar dari bahan-bahan dalam tablet kuinapril.

Wanita hamil

Kuinapril termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D (trimester 2 dan 3) menurut FDA sehingga dikontraindikasikan untuk kehamilan. Hal ini berarti dua hal:

1. Penelitian pada manusia telah menunjukkan efek samping pada janin saat ibu mengambil obat.

2. Obat ini hanya boleh digunakan selama kehamilan dalam kasus-kasus serius di mana itu dibutuhkan untuk mengobati kondisi berbahaya pada ibu.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Tanyakan kepada dokter untuk memberitahu Anda tentang bahaya spesifik yang dapat terjadi pada janin. Obat ini digunakan hanya jika potensi risiko pada janin dapat diterima mengingat potensi manfaat obat.

Ibu menyusui

Perhatian selama menggunakan obat[sunting]

  • Jika Anda akan operasi, termasuk operasi gigi, beritahukan pada dokter atau dokter gigi bahwa Anda sedang menggunakan kuinapril.
  • Anda harus tahu bahwa diare, muntah, tidak minum cukup cairan, dan banyak berkeringat dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga menyebabkan pusing dan pingsan.
  • Diskusikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan pengganti garam yang mengandung kalium. Jika dokter Anda menentukan diet rendah garam atau diet rendah natrium, ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.

Overdosis[sunting]

Jika Anda mengambil terlalu banyak kuinapril, Anda akan memiliki penurunan yang signifikan pada tekanan darah. Jika Anda berpikir Anda telah mengambil terlalu banyak obat ini, hubungi dokter Anda atau pergi ke UGD terdekat segera.

Apa yang harus dilakukan jika Anda lupa minum obat?[sunting]

Ambil dosis Anda segera setelah Anda ingat. Tetapi jika Anda ingat hanya beberapa jam sebelum dosis yang dijadwalkan berikutnya, ambil hanya satu dosis. Jangan pernah mencoba untuk mengejar ketinggalan dengan mengambil dua dosis sekaligus.

Pertimbangan penting saat menggunakan kuinapril[sunting]

  • Ambilah kuinapril sebelum makan (minimum 1 jam sebelum makan) untuk meningkatkan penyerapan obat.
  • Anda dapat menggerus obat.
  • Simpan obat ini dengan hati-hati. Simpan kuinapril pada suhu ruangan. Jangan membekukan obat. Jangan menyimpan obat dalam area lembab atau basah, seperti kamar mandi. Simpan wadah tertutup rapat. Buang obat yang tidak terpakai setelah tanggal kedaluwarsa.
  • Resep untuk obat ini adalah bisa ditebus lagi. Anda tidak perlu resep baru untuk obat ini untuk ditebus ulang. Dokter Anda akan menulis jumlah isi ulang resmi pada resep Anda.
  • Ketika Anda bepergian: (i) Selalu membawa obat Anda dengan Anda. Ketika bepergian menggunakan pesawat, simpan di tas jinjing Anda. (ii) Jangan khawatir tentang mesin x-ray bandara. Hal tersebut tidak bisa merusak obat Anda.  (iii) Jangan menaruh obat dalam laci mobil Anda atau meninggalkannya di dalam mobil. Pastikan untuk menghindari melakukan hal ini ketika cuaca sangat panas atau sangat dingin.
  • Monitor klinik : sebelum memulai dan selama pengobatan dengan kuinapril, dokter Anda dapat memeriksa berikut untuk memastikan obat ini aman untuk Anda: tekanan darah, hitung leukosit darah, fungsi hati, fungsi ginjal, kalium darah.
  • Penanganan diri-sendiri: Anda mungkin perlu memeriksa tekanan darah Anda di rumah. Anda harus menyimpan catatan dengan tanggal, waktu, dan pembacaan tekanan darah Anda. Membawa buku harian ini dengan Anda untuk janji dokter Anda. Juga, Anda mungkin perlu membeli mesin pengukur tekanan darah untuk memonitor Anda sendiri.

Nama dagang di Indonesia[sunting]

  • Accupril

Referensi[sunting]

  • AHFS® Patient Medication Information. 2016. The American Society of Health-System Pharmacists
  • AHFS® DI 2016, Quinapril. The American Society of Health-System Pharmacists