Romawi Kuno/Arsitektur: Perbedaan antara revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
 
Pada periode Republik (500-1 SM), jenderal Romawi membangun ratusan kuil di kota Roma. Kuil-kuil ini terutama dibangun sebagai rasa sukur atas kemenangan yang diraih dalam pertempuran. Kuil-kuil itu dibangun di sepanjang Via Sacra (Jalan Suci) yang dilalui oleh para jenderal ketika mereka kembali ke Roma untuk mereyakan kemenangan. Lagi-lagi, sebagian besar dari kuil-kuil ini kini telah hancur.
 
== Kuil Kastor dan Pollux ==
 
== Basilika ==
 
Di dalam basilika, hakim mengadili suatu perkara, polirikus menggelar pidato, guru mengajar murid-muridnya. Di tangga basilika, orang-orang menjual makanan atau menukarkan uang. Ketika basilik Aemilia terbakar habis, banyak koin perunggu (hasil pertukaran) yang meleleh ke lantai basilika.
 
== Basilika Maxentius ==
 
== Akuaduk ==
 
Akuaduk terus digunakan sampai 400-an M. Setelah Romawi runtuh, kota-kota di Eropa menjadi lebh kecil, dan pasokan air didapat dari sumur. Di kota Ostia, bahkan sumur dibuat di tengah jalan raya.
 
== Pemandian umum ==
== Pemandian umum KarakallaCaracalla ==
 
== Saluran pembuangan ==
== Forum ==
== Senat ==
== AmphiteaterAmfiteater ==
Kebanyakan orang lebih sering mendengar tentang Colosseum di Roma, namun masih banyak amphiteateramfiteater lainnya di Kekaisaran Romawi. Pertarungan-pertarungan gladiator terawal, pada masa Etruska, digelar di mana saja asalkan di tempat yang rata di dekat bukit, supaya orang-orang bisa duduk di lereng bukit dan menonton pertarungan yang berlangsung di bawahnya. Namun tempat seperti itu jarang ada, sehingga pada tahun 300-an SM, para orang kaya dan pemerintah membangun amphitheateramfiteater sementara dari kayu bagi orang-orang untuk duduk, seperti layaknya bukit buatan. Bangunan tersebut dinamai amphiteateramfiteater karena terlihat seperti dua teater yang saling berhadapan.
 
== Kuil Kastor dan Pollux ==
== Istana Emas Nero ==
== Colosseum ==
== Pelengkung Titus ==
== Istana Domitianus ==
== Pelengkung Titus ==
== Tiang Trajanus ==
== Pasar Trajanus ==
== Pemandian umum ==
== Pantheon Hadrianus ==
== Colosseum ==
== Insulae ==
 
== Pemandian umum Karakalla ==
== Basilika Maxentius ==
 
[[Kategori:Romawi Kuno]]
13.536

suntingan

Menu navigasi