Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wikipedia-logo.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai:
Bendera Britania Raya.
Lambang Britania Raya.
Kota London
Peta Britania Raya.
Kastil Windsor.
Wilayah kekuasaan Kekaisaran Britania.

Britania Raya atau lengkapnya Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara adalah negara yang terletak di barat laut Eropa. Britania Raya berbatasan dengan Republik Irlandia dan terhubung ke Prancis melalui Terowongan Channel. Ibukotanya adalah London. Britania Raya menjadi anggota Uni Eropa sejak 1973, namun keluar pada tahun 2019. Mata uangnya adalah poundsterling atau disingkat pound.

Sejarah[sunting]

Britania Raya berdiri pada 1 Mei 1707 dengan bersatunya Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia. Wales adalah bagian dari Kerajaan Inggris. Meskipun merupakan negara yang berbeda-beda secara legal, Britania Raya dipimpin oleh seorang raja sejak 1603. Pada tahun 1800, Irlandia menjadi bagian dari Britania Raya. Britania Raya merupakan tempat dimulainya Revolusi Industri yang sangat meningkatkan kekuatan negara dan berujung pada berkembangnya Kekaisaran Britania, pada puncak kekuasaannya Kekaisaran Britania menguasai hampir seperempat wilayah dunia. Pada 1192, kabupaten-kabupaten di Irlandia selatan membentuk Republik Irlandia, sehingga hanya Irlandia Utara yang tetap menjadi bagian dari Kerajaan Bersatu.

Geografi[sunting]

Britania Raya terletak di dua pulau (Britania dan Irlandia) di barat laut Eropa, lepas pantai utara Prancis.

Sebagian besar wilayah Britania adalah dataran rendah meskipun ada juga daerah-daerah tinggi di utara, selain juga pegunungan di Skotlandia dan Wales. Bagian utara Inggris dan Skotlandia juga memiliki banyak danau (loch dalam bahasa Skotlandia).

Irlandia Utara terletak di sebelah timur laut Irlandia dan terutama berpusat di danau terbesar di Britania Raya, Lough Neagh.

Sungai terpanjang di Britania Raya adalah sungai Severn, yang mengalir dai Wales Utara menuju muara besar antara Inggris dan Wales.

Di lepas pantai Britania Raya ada sejumlah pulau, pulau terbesar adalah pulau Hebrides dan Shetlands di lepas pantai Skotlandia, Angelsey di lepas pantai Wales dan pulau Wight di lepas pantai selatan Inggris.

Pulau Man (terletak antara Britania dan Irlandia) bukan merupakan bagian dari Britania Raya namun merupakan milik Tahta Britania dan memerintah wilayahnya sendiri.

Bangsa[sunting]

Britania Raya terdiri dari empat banga: Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak dituturkan namun banyak juga yang menuturkan bahasa Wales, bahasa Galia Skot, bahasa Cornish, bahasa Urdu, dan bahasa Polandia, selain juga berbagai bahasa lainnya.

Sebagian besar penduduk Britania Raya beragama Kristen, namun ada juga penganut agama-agama lainnya di banyak kota besar. Populasi Yahudi dan Muslim terbesar kedua di Eropa adalah di Britania Raya, dan banyak juga penganut Sikh, Hindu, dan Buddha di Britania Raya. Kebanyakan penduduk Britania Raya tidaklah agamis. Banyak umat Nasrani di Inggris, Skotlandia, dan Wales adalah penganut Protestan, meskipun ada banyak juga gereja Katolik, khususnya di Liverpool dan London. Di Irlandia Utara sekitar setengah populasinya adalah penganut Katolik dan sisanya adalah penganut Protestan.

Daya tarik[sunting]

Britania Raya adalah tujuan wisata yang populer dengan lebih dari 30 juta wisatawan asing tiap tahun. Mayoritas wisatawan mengunjungi London, Cambridge dan Oxford. Kota tujuan wisata lainnya antara lain Edinburgh, Cardiff, Manchester, Bath dan Liverpool. Bangunan khas di Britania Raya di antaranya adalah Stonehenge, Kastil Windsor, Istana Buckingham, Katedral Durham, Edinburgh's Royal Mile, Ironbridge Gorge, dan Perpustakaan Nasional Wales di Cardiff.

Lihat pula[sunting]