Wikijunior:Eropa/Prancis

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wikipedia-logo.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai:
Peta menampilkan lokasi Republik Prancis. Memuat Prancis daratan beserta beberapa pulau dan teritorinya di berbagai tempat.

Prancis adalah negara terbesar ketiga di Eropa (setelah Rusia dan Ukraina). Prancis berlokasi di Eropa Barat, dan berbatasan dengan Andorra, Spanyol, Monako, Italia, Swiss, Jerman, Luksemburg, dan Belgia. Prancis terhubung dengan Britania Raya melalui Terowongan Channel. Beberapa bagian Prancis berlokasi di seberang lautan (utamanya di pulau-pulau di Karibia dan Pasifik). Karena teritori Guyana Prancis, yaitu departemen Prancis di seberang lautan, Prancis ikut berbatasan dengan Brasil dan Suriname di Amerika Selatan; dan karena teritori St Martin, yakni pulau di Karibia, Prancis juga berbatasan dengan Belanda, pulau ini dibagi rata milik Prancis dan Belanda (di Belanda disebut St Maarten). Ibu kota Prancis yakni Paris. Kota besar lain yaitu Lyon dan Marseille. Mata uang Prancis adalah euro, juga digunakan di banyak negara Eropa lain. Prancis merupakan anggota Uni Eropa sekaligus anggota pendiri dari organisasi tersebut.

Taman lavender di Provence, Prancis

Sejarah[sunting]

Selama era Romawi, Prancis dikenal dengan nama Gallia, orang Gaul mendiami tempat tersebut. Orang Gaul merupakan suku terbesar di Gallia, area ini ditaklukkan oleh Julius Caesar. Kemudian Prancis meraih kemerdekaannya.

Sampai 1789, Prancis merupakan monarki, namun orang Prancis mulai tidak melanggengkan bentuk pemerintahan tersebut, dan mereka menggulingkan Louis XVI ketika Revolusi Prancis. Setelah peristiwa tersebut, Napoleon mengambil alih kekuasaan, dan memulai kampanye militer besar-besaran di Eropa. Napoleon akhirnya dikalahkan oleh Britania di Waterloo (Austerlitz), dan disingkirkan dari kekuasaan.

Prancis bersekutu dengan Britania di dua Perang Dunia. Setelah Perang Dunia II berakhir, Prancis menjalin persahabatan dengan banyak negara di Eropa, Prancis juga menjadi anggota pendiri Uni Eropa, bersama dengan Jerman, Belgia, Belanda, Luksemburg, dan Italia. {{Template:Templat:NAMABUKU/core/Define|Monarchy|Countries which are ruled by a king or queen are known as monarchies. In some countries the monarch has enormous powers but in most European monarchies the power of the monarch is very limited.}}

Geografi[sunting]

Meski Prancis metropolitan (bagian utama negara) terletak di Eropa Barat, Prancis juga memiliki beberapa teritori di Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan, Samudra Hindia bagian selatan, Samudra Pasifik, dan Antartika. Beberapa teritori tadi merupakan bagian utama Prancis, sisanya punya pemerintahan sendiri-sendiri.

Grand Théâtre, Bordeaux, Prancis

Luas Prancis metropolitan yakni 547.030 kilometer persegi, dan merupakan negara terbesar di Uni Eropa. Prancis memiliki beragam lanskap, dari dataran pantai di utara dan barat hingga pegunungan Alpen di tenggara, Massif Central di selatan-tengah dan Pyrenees di barat daya. Di perbatasan antara Prancis dengan Italia terdapat Mont Blanc, titik tertinggi di Eropa Barat, tingginya 4.807 meter di atas permukaan laut, berada di Pegunungan Alpen. Prancis metropolitan memiliki sistem sungai yang luas, di antaranya Loire, Garonne, Seine, Rhine, dan Rhône, yang memisahkan Massif Central dari Pegunungan Alpen dan mengalir ke laut Mediterania di Camargue, titik terendah di Prancis (2 meter di bawah permukaan laut).

Menara Eiffel di Paris, Prancis.

Di barat, iklim Prancis utamanya bersifat oseanik, dengan curah hujan tinggi, musim dingin sejuk, dan musim panas sejuk hingga hangat. Di pedalaman, iklim Prancis lebih kontinental, dengan musim panas yang panas serta berangin, musim dingin yang lebih dingin, dan lebih sedikit curah hujan. Iklim Pegunungan Alpen dan pegunungan lain utamanya adalah alpen, jumlah hari dengan suhu di bawah titik beku mencapai 150 per tahun, dan ditutupi salju hingga enam bulan.