Kimia Organik/Alkana

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alkana adalah molekul organik yang paling sederhana, hanya terdiri dari atom hidrogen dan atom karbon saja, dengan ikatan tunggal di antara atom karbon. Tatanama alkana digunakan sebagai dasar penatanamaan senyawa organik lainnya.

Pendahuluan

2,2-dimetilpropana atau neopentana.
Contoh senyawa alkana.

Alkana adalah hidrokarbon yang paling sederhana dan paling tidak reaktif. Meski begitu, secara komersial alkana sangat dibutuhkan karena alkana merupakan senyawa yang terkandung dalam bensin dan pelumas.

Ciri khas utama yang terdapat pada alkana yang membedakannya dengan senyawa karbon-hidrogen lainnya adalah alkana bersifat jenuh. Karena bersifat jenuh, maka senyawa alkana tidak mengandung ikatan rangkap di antara atom karbonnya. Senyawa yang mempunyai ikatan rangkap maka akan bersifat sangat reaktif.

Energi yang terkandung dalam ikatan karbon-karbon dan ikatan karbon-hidrogen dalam alkana cukup besar, dan ketika alkana dibakar maka akan melepaskan panas yang besar, terutama dalam bentuk api

Alkana bukanlah senyawa yang sangat penting dalam ilmu kimia.

Definisi

Senyawa organik adalah senyawa yang mengandung karbon dan hidrogen beserta dengan elemen lainnya (misalnya nitrogen dan oksigen). (CO2 bukan senyawa organik karena tidak mengandung atom hidrogen).

Hidrokarbon adalah senyawa organik yang mengandung karbon dan hidrogen saja.

Alkana adalah hidrokarbon yang hanya mengandung ikatan tunggal di antara atom-atom karbonnya. Alkana yang paling sederhana adalah metana.

Metana

Metana (CH4) adalah hidrokarbon yang paling sederhana. Metana berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar (STP).

Etana

Dua atom karbon yang berikatan tunggal dilengkapi dengan 6 hidrogen disebut dengan etana.

Ethane-flat.png

Etana molekul hidrokarbon kedua paling sederhana. Metana dapat dianggap sebagai 2 molekul metana yang berikatan satu sama lain, tapi dengan atom hidrogen yang dikurangi 2.

Menggambarkan alkana

Ketika menuliskan struktur alkana, anda dapat menggunakan model penulisan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Rumus umum alkana adalah CnH2n+2.

Berikut ini adalah 4 macam contoh penulisan pentana:

Pentane.svg,

atau CH3–CH2–CH2–CH2–CH3,

atau CH3(CH2)3CH3,

atau disimbolkan saja sebagai Pentane-2D-Skeletal.svg

Konformasi

Konformer, atau biasanya disebut juga dengan isomer rotasional adalah penyusunan ulang suatu molekul sama dengan mengubah-ubah ikatan karbonnya.

Beberapa tipe isomer hanya dapat dibentuk dengan memecah ikatan karbonnya, tapi isomer konformasi dapat dibuat hanya dengan "merotasi" ikatannya.

Wikipedia-logo-id.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai:
Wikipedia-logo-id.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai: